Wastafel di Luar Kamar Mandi Kini Lebih Fungsional

Decor | Selasa, 12 Januari 2021 08:05
Wastafel di Luar Kamar Mandi Kini Lebih Fungsional

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan aktivitas cuci tangan pakai sabun jadi kebiasaan seluruh anggota keluarga dengan adanya wastafel.

Dream - Sebelum pandemi Covid-19 mungkin Sahabat Dream tak ingin membuat wastafel di luar kamar mandi. Kini, aspek kebersihan dan sanitasi jadi hal yang tak bisa ditawar.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat penting demi kesehatan seluruh anggota keluarga. Mencegah penularan berbagai virus dan bakteri berbahaya. Jadi sekarang, tak ada salahnya mempertimbangkan membuat wastafel di luar kamar mandi.

Berikut beberapa alasan yang bisa menguatkan untuk membuat wastafel tak hanya di kamar mandi.

1. Kamar Mandi Terlalu Sempit
Jika ruang kamar mandi memang dirasa terlalu sempit, hingga tidak memungkinkan menempatkan wastafel di dalamnya, tidak ada yang aneh, dengan menempatkan wastafel di luar kamar mandi. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bagaimana dan di mana menempatkannya. Hal ini bertujuan supaya wastafel tidak lantas membuat rumah jadi tampak berantakan dan becek

 

2 dari 6 halaman

Lokasi dan Desain

2. Fungsi Wastafel
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fungsi wastafel. Jika terpaksa menempatkan wastafel di luar kamar mandi, pastikan bahwa semua orang menggunakannya untuk aktivitas yang tidak banyak menggunakan air.

Sekadar sikat gigi, mencuci tangan, atau bercukur masih memungkinkan. Sediakan juga cermin serta wadah penyimpanan atau rak yang ditempel di tembok agar tak berantakan.

3. Lokasi wastafel
Wastafel akan dirasa memiliki manfaat lebih banyak jika dietakkan tidak berjauhan dari kamar mandi. Bisa juga dipasang di teras depan untuk memudahkan siapa pun yang masuk rumah membersihkan tangan lebih dulu.

Untuk menjaga area sekitar wastafel kering ada baiknya menempatkan karpet dari bahan yang cukup tebal dan mudah menyerap air. Bagaimanapun aktivitas yang melibatkan air, berpotensi mengakibatkan air terciprat ke sekelilingnya.

4. Desain yang tepat
Pertimbangan berikutnya adalah dari segi desain. Karena ditempatkan di luar kamar mandi, artinya sangat mudah terlihat. Sebaiknya pilih desain simpel, yang tidak sekadar menempatkan wastafel bowl. Bisa melengkapinya dengan meja, cermin, dan rak, membuatnya dengan sistem kantilever, dan masih banyak cara kreatif lainnya agar tampak estetis.


Baca selengkapnya di Diadona.id

3 dari 6 halaman

Hindari 4 Kesalahan Saat Mendekorasi Kamar Mandi

Dream - Kamar mandi tentunya jadi area yang sangat penting di rumah. Bukan hanya sekadar tempat untuk membersihkan diri tapi bisa juga untuk ruang relaksasi. Untuk itu sangat penting membuatnya terasa nyaman.

Seringkali desain kamar mandi sudah dibuat senyaman dan sefungsional mungkin. Sayangnya, ketika salah dalam dekorasi, bisa membuat kamar mandi malah jadi tak nyaman. Detail dekorasi di kamar mandi juga harus dipertimbangkan dengan matang.

Jika Sahabat Dream saat ini sedang mendekor kamar mandi, pastikan tidak melakukan hal berikut karena akan sangat berdampak pada kenyamanan kamar mandi.

1. Tidak menyediakan tempat penyimpanan
Ketersediaan tempat penyimpanan sangatlah penting dalam kamar mandi. Hal ini pun juga akan sangat memengaruhi estetika, sebab kamar mandi dengan peletakan barang yang berantakan akan sangat tidak nyaman dipandang.

Oleh sebab itu, piliih tempat penyimpanan yang cocok dan pas serta letakkan didekat wastafel. Benda di kamar mandi seperti sabun, shampo, sikat, dan pasta gigi, serta alat kebersihan lainnya bisa tertata dengan baik.

 

4 dari 6 halaman

2. Tidak memperhatikan detail ukuran

Toilet yang terlalu rendah atau bak yang terlalu tinggi adalah beberapa contoh detail kesalahan yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Sanagt penting untuk memiliki ruang kamar mandi yang aman.

Bukan tanpa alasan, renovasi besar-besaran membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi alangkah lebih baik jika saat merancang kamar mandi, pastikan untuk menentukan ukuran secara detail pada setiap bagian.

3. Peletakan cermin yang terlalu rendah

Aktivitas bercermin kerap kita lakukan saat sedang mencuci muka, gosok gigi, atau sekedar melihat sosok diri di cermin kamar mandi. Mengetahui akan hal itu, maka sangat penting untuk memerhatikan peletakan posisi cermin. Hindari meletakan cermin pada posisi yang terlalu rendah karena akan membuat ruangan tampak lebih kecil.

4. Pemasangan tirai
Jika akan memasang tirai di kamar mandi, maka perhatikan beberapa hal seperti membatasi pemasangan tirai yang dekat dengan pancuran serta bak mandi. Tak hanya itu, tirai yang terlalu pendek atau terlalu panjang akan mengganggu keseluruhan desain ruangan. Lebih baik untuk menggantung tirai pada posisi yang tinggi untuk menambah kedalaman pada sebuah ruangan.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

 

5 dari 6 halaman

Trik Menata Kamar Mandi Agar Mudah Dibersihkan

Dream - Dari semua ruangan di rumah, kamar mandi merupakan area yang paling cepat kotor. Uap dan kelembapan yang terus-menerus, ditambah percikan busa dan tumpahan produk pembersih tubuh membuat kamar mandi sangat mudah ditumbuhi jamur dan lumut.

Tak dibersihkan rutin, akan membuat kamar mandi jadi berbau tak sedap, temboknya menguning, lantainya menghitam dan kondisi toilet pun jadi penuh serangga serta cacing. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Untuk membuat kamar mandi lebih sering dan mudah dibersihkan, cobalah mulai dengan penataannya. Beberapa trik penataan berikut mungkin bisa diterapkan di rumah, demi pembersihkan kamar mandi yang lebih mudah.

Pemilihan warna dan motif ubin
Saat memilih warna untuk kamar mandi, pertimbangkan permukaan yang digunakan. Pada lantai, selalu gunakan ubin dengan motif atau pola, karena ini akan mengalihkan mata dari fokus pada kotoran atau debu.

Pastikan memilih warna semen pelapis dinging yang sedikit lebih gelap dari ubin, karena lapisan ini jadi yang pertama berubah warna seiiring waktu. Untuk dinding tanpa ubin, pilih warna yang terang dan lapang seperti putih, cokelat muda dan kelabu tua, hijau muda dan abu-abu lembut. Semuanya secara visual membuat ruangan terasa segar dan bersih. Cari cat kamar mandi tahan noda yang dirancang khusus untuk area basah dan dilengkapi dengan zat penghambat pertumbuhan jamur bawaan.

 

6 dari 6 halaman

Penyimpanan khusus

Sediakan rak khusus untuk menaruh alat mandi dan produk yang digunakan sehari-hari. Pilih rak yang modelnya mudah dibersihkan. Begitu juga untuk alat pembersih di kamar mandi. Biasanya di sudut, terdapat disinfektan, sikat kamar mandi dan sabun pembersih lantai. Sediakan wadah khusus untuk menyimpannya.

Hal ini akan membuat lantai lebih mudah dibersihkan. Cukup angkat wadah dan seluruh sudut bisa dibersihkan dengan cepat. Untuk produk perawatan yang berukuran kecil, bisa juga menaruh penyimpanan tertutup di dinding agar lebih rapi dan mudah dibersihkan.

Join Dream.co.id