Warna Ungu Bisa Bikin Ruangan Tampak Beda dalam Sekejap

Decor | Minggu, 20 Juni 2021 10:25

Reporter : Mutia Nugraheni

Sesekali buat interior rumah jadi sangat berbeda.

Dream - Warna ungu atau lilac jadi salah satu warna yang diperhitungkan dalam dunia dekorasi saat ini. Ungu adalah warna yang benar-benar dapat mengubah ruangan dan juga dapat memberikan percikan warna asli yang menyenangkan pada ruangan.

Bila Sahabat Dream ingin mengubah nuansa ruangan dalam rumah dengan percikan warna yang beda, pertimbangan untuk memilih warna ungu. Bingung untuk menerapkannya? Cara berikut mungkin bisa dilakukan

1. Ungu dan putih, kombinasi yang sempurna
Warna ungu sangat pekat. Akibatnya, menggunakannya dengan warna yang lebih terang, seperti putih, adalah cara terbaik. Keseimbangan antara dua warna itu sempurna. Warna putih sangat cocok untuk menambah kecerahan dan menciptakan ruang visual. Bila dinding dan dekorasi lain didominasi warna putih, cobalah taruh furnitur, hiasan atau sentuhan lain yang berwarna ungu.

 

Warna Ungu Bisa Bikin Ruangan Tampak Beda dalam Sekejap
Dekorasi Ungu/ Shutterstock
2 dari 6 halaman

Lakukan Juga Hal Ini

2. Dekorasi dengan warna yang berlawanan
Saat kita mulai mendekorasi sebuah ruangan, biasanya menggunakan palet satu warna saja. Hasilnya, berakhir dengan ruangan monokrom yang memiliki intensitas bervariasi dari satu warna tersebut. Jika mencari sesuatu yang berbeda dan orisinal yang memiliki efek cahaya, coba gunakan warna yang sangat berbeda.

Warna komplementer ungu adalah kuning. Dua warna yang benar-benar berlawanan yang berpadu sempurna, menghasilkan dekorasi yang orisinal dan cerah. Kombinasi warna ini cocok untuk kamar tidur anak, ruang belajar atau ruang bermain.

3. Gunakan warna ungu untuk ruangan yang elegan
Ungu lembut cocok untuk ruangan yang ingin ditonjolkan dengan suasana elegan. Lebih menenangkan dan dramatis. Bisa untuk ruang tidur utama, tapi berikan sentuhan ungu secukupnya saja.

Sumber: DecorTips

3 dari 6 halaman

Catat, Cara Mencegah Karat di Furnitur Besi

Dream - Furnitur di rumah Sahabat Dream banyak terbuat dari material besi? Jika iya, waspada dengan munculnya karat yang bisa merusak tekstur, warna dan bahkan mematahkannya.

Biasanya karat cepat muncul pada furnitur yang ditaruh di luar ruangan. Karat bisa terjadi karena proses oksidasi, yang disebut juga dengan reaksi elektrokimia. Faktor yang sangat mempengaruhinya adalah suhu, kelembaban, salinitas cairan dengan logam dan kualitasnya sendiri.

Karat akan membuat perubahan tekstur dan komposisi yang membuat sebagian atau seluruh elemen furnitur menjadi bewarna kecokelatan. Dengan cara yang sama, hal serupa terjadi pada tembaga dan bahkan warnanya jadi hijau kebiruan.

Bagaimana cara mencegahnya?
Langkah pertama, pastikan furnitur benar-benar bersih. Lakukan pembersihan rutin, terutama jika furnitur terkena cipratan air. Bersihkan dan segera keringkan. Kedua, jangan tinggalkan furnitur di tempat terbuka.

Bersentuhan dengan lingkungan luar dapat merusak material secara serius. Hujan, kelembapan, atau faktor lain dapat menyebabkan kerusakan. Ketiga, bisa melakukan perlindungan dengan penggunaan cat antikarat. Lakukan pelapisan pada furnitur sebelum mengalami karat.

Sumber: DecorTips

4 dari 6 halaman

Ada Furnitur Kece dari Material Botol Bekas

Dream - Barang dan furnitur ramah lingkungan kini makin banyak dikembangkan dengan semangat keberlanjutan (sustainibilty). Kreasi furnitur pun kian berkembang dengan model dan fungsi yang maksimal.

Seperti yang dikembangkan oleh Hoek, produsen furnitur yang berbasis di Brooklyn, New York. Sebuah koleksi furnitu yang materialnya dibuat dari botol plastik bekas susu daur ulang.

Produknya dibuat sesuai pesanan. Desainnya modern dan cocok untuk rumah yang minimalis. Pilihannya tersedia dalam tiga warna dann ukuran yang berbeda. Sangat pas untuk apartemen atau ruangan mungil.

 Hoek Furniture
© Hoek Furniture

Bagian kaki furnitur dapat dilipat agar mudah disimpan dan dibawa, sehingga lebih praktis. Untuk permukaannya, furnitur meja terbuat dari kayu lapis yang berasal dari kayu ramah lingkungan, sementara kaki-kakinya terbuat dari 100% botol plastik yang diparut, digiling dan dikompresi, sehingga menjadi material yang kokoh.

Penasaran Berapa harganya, Sahabat Dream? Koleksi furnitur ramah lingkungan ini dijual mulai dari US$199 hingga US$799 atau Rp2,8 juta hingga Rp11 juta.

5 dari 6 halaman

Tumpukan Barang Ini di Kamar Tidur Bisa Jadi Sumber Penyakit

Dream - Barang-barang pribadi biasanya disimpan di kamar tidur. Mulai dari sepatu, pakaian, kosmetik, tas dan barang koleksi lainnya. Hal ini kerap membuat kamar tidur jadi berantakan.

Malah jadi lebih mirip sebagai tempat penyimpanan dan bukan ruang beristirahat. Apalagi dalam situasi work from home (WFH) seperti sekarang, kadang laptop dan berkeas pekerjaan juga ada di kamar tidur.

Tumpukan barang biasanya dipenuhi debu yang bisa jadi sumber penyakit. Sebaiknya segera bereskan barang berikut di ruang tidur agar kamar tidur tetap sehat.

1. Kosmetik
Memiliki kosmetik yang disukai adalah hal yang wajar, namun pastikan jumlahnya tidak berlebihan apalagi sampai menumpuk. Hal ini karena kosmetik yang berlebihan dan lama tak digunakan akan jadi sarang debu. Saat dipakai pun bisa menimbulkan iritasi kulit. Sortir kosmetik secara teratur dan segara buang jika sudah kedaluwarsa.

2. Berkas pekerjaan
Sebagian orang biasa membawa pekerjaannya ke rumah, terlebih ke dalam kamar. Tak jarang pula kertas pekerjaan dan bekas revisian menumpuk. Selain membuat debu dalam kamar tidur, hal ini dapat meningkatkan rasa stres. Sebagai solusinya, letakkan kertas pekerjaan di dalam laci agar mata tak 'lelah' melihat kertas pekerjaan dan pikiran menjadi lebih tenang.

 

6 dari 6 halaman

Segera Bereskan Dua Barang Ini

3. Alat elektronik
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau teknologi harus dijauhkan dari kamar tidur. Ya, yang dimaksud teknologi di sini adalah smartphone, televisi, dan laptop/PC. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur dikelilingi banyak alat elektronik akan mengurangi kualitas tidur.

4. Pakaian
Pakaian ternyata dapat membuat tidurmu tidak berkualitas. Pakaian yang dimaksud di sini adalah yang digantung di luar lemari. Misalnya, kamu telah merencanakan akan memakai baju tertentu untuk keesokan harinya dan menggantung pakaian yang akan digunakan di luar lemari.

Ini karena otak akan meresponsnya sebagai hal yang tak sedap dipandang (berantakan) dan dapat membuat mood seseorang turun. Sebaiknya, pakaianmu tetap berada di dalam lemari saja.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Join Dream.co.id