Unsur Oase Hijau dalam Rumah Dijamin Bikin Betah

Decor | Senin, 2 Mei 2022 11:30

Reporter : Mutia Nugraheni

Dipenuhi banyak tanaman hijau untuk menenangkan jiwa.

Dream - Tinggal di perkotaan artinya mata akan selalu melihat bangunan alias hutan beton. Hal ini membuat kita kerap mencari taman atau kerap lari ke luar kota yang areanya segar dengan banyak pepohonan untuk menyegarkan mata dan pikiran.

Untuk menyiasati hal ini sebuah rumah di kawasan kota Ha Tinh, Vietnam mencoba memasukkan unsur oase hijau di dalamnya. Dirancang oleh Dom Architect Studio, rumah dibuat bergaya dan nyaman untuk keluarga.

 Rumah Hijau© Courtesy Hoang Le/ Dom Architect Studio

Courtesy Hoang Le/ Dom Architect Studio

Dipenuhi banyak tanaman hijau untuk menenangkan jiwa. Dibangun di atas struktur ruang dasar, rumah ini menggunakan detail arsitektur sederhana dan metode konstruksi dasar untuk meminimalkan anggaran dan waktu yang dihabiskan.

 Hoang Le/ Dom Architect Studio© Hoang Le/ Dom Architect Studio

Courtesy Hoang Le/ Dom Architect Studio

Fasad terdiri dari dinding bata ekspos berpola yang memberikan privasi dan kontras dengan bata abu-abu dan lengkungan putih di lantai atas. Halaman depan sepenuhnya dimaksimalkan untuk menampung mobil dan beberapa sepeda motor serta memberikan ruang untuk taman kecil yang membuat rumah terlihat lebih segar.

 

Unsur Oase Hijau dalam Rumah Dijamin Bikin Betah
Courtesy Hoang Le/ Dom Architect Studio
2 dari 6 halaman

Penuh Area Terbuka dan Tanaman

Pintu kaca lipat besar menghubungkan ruang tamu dengan ruang luar. Ruang publik di lantai dasar terhubung. Sementara dapur dipisahkan tetapi mengarah ke area eksterior.

Ada juga amar tidur di lantai ini. Untuk membuatnya lebih pribadi, dipisahkan dari area umum oleh halaman dalam yang ditumbuhi pohon yang tumbuh subur. Halaman ini juga tampak terbuka dari lantai atas, memungkinkan cahaya dan sirkulasi udara jadi maksimal.

Area umum ini juga dapat digunakan sebagai ruang bermain untuk anak-anak. Koridor mengarah ke balkon atap dan taman di mana pemilik rumah dapat menikmati pemandangan dan udara segar.

 Hoang Le/ Dom Architect Studio© Hoang Le/ Dom Architect Studio

Courtesy Hoang Le/ Dom Architect Studio

Salah satu kamar tidur di lantai ini menghadap ke depan rumah sementara yang lain berada di belakang untuk privasi lebih. Secara keseluruhan, rumah ini menggunakan material yang terjangkau untuk dekorasinya dengan elemen minimalis dan modern dengan banyak tanaman hijau.

Sumber: HomeDecoMalaysia

3 dari 6 halaman

Kolam Ikan dan Pohon di Tengah Rumah Bikin Adem

Dream - Suara aliran air dan pergerakan ikan selalu bisa memunculkan suasana rileks. Adanya kolam ikan di rumah jadi sumber pereda stres tersendiri, apalagi jika dikelilingi tanaman.

Bila biasanya tanaman dan kolam ikan ditempatkan di luar atau samping rumah, sebenarnya bisa juga di tengah rumah. Berdampingan langsung dengan ruang keluarga.

Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @dhouse_dzds di rumahnya yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

 Instagram @dhouse_dzds© Instagram @dhouse_dzds

Rumah memiliki skylight yang saat siang hari cukup menyinari tanaman dan pohon di bagian tengah rumah. Kesan asri jadi sangat maksimal. 

Kolam ikan berukuran mungil di tengah rumah juga bisa dinikmati kapan pun, tak perlu ke luar rumah. Benar-benar jadi sudut santai.

4 dari 6 halaman

Dramatis saat Malam

 Instagram @dhouse_dzds© Instagram @dhouse_dzds

Penambahan lampu di sudut membuat suasana taman indoor ini begitu dramatis saat malam hari. Furnitur kayu dan nuansa industrialis dalam rumah jadi tak tampak kaku dengan hadirnya oase mungil ini di tengah rumah.

Mungkin bisa jadi inspirasi Sahabat Dream dalam membuat sudut santai di rumah.

5 dari 6 halaman

Inspirasi Bikin Taman Keren Hanya Butuh Biaya Rp1 Jutaan

Dream - Punya area kecil di rumah terutama yang sudah disemen, biasanya hanya jadi tempat menyimpan barang dan berantakan. Terutama jika letaknya berada di luar rumah.

Daripada terlihat tak menarik, bagaimana kalau membuatnya jadi taman kering. Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @rumahsmd. Ia menyulap area teras rumah yang telah ditutup semen jadi taman keren.

Biaya yang dikeluarkan juga tak terlalu besar, hanya sekitar Rp1 jutaan. Sahabat Dream mungkin bisa menerapkannya di rumah. Bagaimana cara membuatnya? Untuk menutup lahan ukuran 2,4 m x 1,5 m, digunakan ubin kayu.

 ide taman© Instagram @rumahsmd

" Material dari kayu bengkirai, sudah dioven & furnish jadi sudah tahan panas, hujan, dan anti jamur. Pakai 24pcs, ukuran 30x30cm, 2 motif (silang dan polos masing2 12pcs), harga 35rb/pcs," tulisnya.

6 dari 6 halaman

Perpaduan batu dan kayu

Untuk menghias di sisi tembok digunakan batu kali besar. Ia menggunakan 6 pcs batu yang harganya Rp50 ribu. Tak lupa batu koral putih, untuk memberi warna cerah.

 Taman© Instagram @rumahsmd

" Batu koral putih, aku pakai 2 ukuran (sedang & besar). Per pack (isi 10 kg) harganya 30ribu. Total pemakaian 6 pack (3 sedang, 3 besar). Total 180 ribu," tulisnya.

Ia juga mengombinasikan lantai kayu dengan batu alam yang berukuran besar. Hal ini akan menambah kesan natural dan nyaman. Ingin menerapkannya di rumah, Sahabat Dream?

 

Terkait
Join Dream.co.id