Ukur Tirai dengan Tepat, Jangan Sampai Merusak Suasana Ruangan

Decor | Minggu, 9 Agustus 2020 10:41
Ukur Tirai dengan Tepat, Jangan Sampai Merusak Suasana Ruangan

Reporter : Mutia Nugraheni

Hal yang sangat penting jadi pertimbangan saat memilih tirai adalah panjang dan lebar yang tepat.

Dream - Banyak yang menganggap kalau memilih tirai, baik ukuran dan material adalah hal muda, padahal faktanya tak demikian. Banyak hal detail yang harus diperhatikan dan seringkali terlupakan.

Hal yang sangat penting jadi pertimbangan saat memilih tirai adalah panjang dan lebar yang tepat. Jika kita memasang tirai yang terlalu panjang, akan sangat merusak suasana ruangan secara keseluruhan.

Untuk itu pastikan ukuran tirai sesuai dengan kondisi jendela di rumah. Bagaimana caranya?

Ukur dengan tepat
Selalu buat ukuran tirai lebih tinggi dan lebih lebar dari jendela demi menghalangi cahaya matahari dan udara dari jendela di siang hari. Gunakan patokan angka 10, yaitu 10 inchi lebih panjang dan lebih lebar dari ukuran jendela.

Jika tidak memiliki lebar sebanyak itu, potong menjadi dua dan bisa dengan ukuran 4 atau 5 inci sebagai gantinya. Pastikan batang penyangga tirai berada 12 hingga 24 inci di atas garis jendela. Catat juga ukuran panjang lebar dan jendela

 

2 dari 5 halaman

Membeli tirai panjang standar

Tirai standar tersedia dalam tiga panjang — 84 inci, 96 inci, atau 108 inci. Umumnya, banyak yang menghindari tirai standar 84 inci kecuali jika memiliki langit-langit yang sangat rendah. Panjang 96 inci dan 108 inci bekerja di ruang yang lebih luas. Bulatkan ke panjang mana pun yang paling dekat dengan ukuran jendela di rumah.

 

3 dari 5 halaman

Investasi menjahit tirai khusus

Kita memang bisa membeli tirai secara langsung dan memasangnya, sangat praktis. Untuk mendapat ukuran yang paling pas adalah dengan menjahit sesaui dengan kebutuhan jendela. Pesan di penjahit dan cari bahan yang pas dan sesuai dengan anggaran. Pasti akan lebih memuaskan.

4 dari 5 halaman

3 Hal yang Harus Dihindari Saat Memilih Tirai

Dream - Banyak yang tak menyadari 'kekuatan' tirai dalam sebuah ruangan. Tirai dapat menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan warna, pola, atau tekstur ke dalam ruangan apapun.

Syaratnya adalah pastikan ukuran, warna dan ketebalan tirai sesuai dengan fungsi ruangan. Vanessa Arbuthnott, seorang ahli interior, membagikan trik agar kamu terhindar dari kesalahan fatal saat ingin mengganti tirai.

Apa yang tidak boleh dilakukan saat memilih tirai?

1. Menebak ukuran
Jangan pernah membeli tirai tanpa tahu ukuran jendela di rumah. Menebak-nebak hanya akan membuat tampilan tirai akan terasa kurang atau berlebihan. Efeknya, tampilan ruangan jadi tidak maksimal.

Untuk itu, ukur selalu tinggi dan lebar jendela. Lebihkan beberapa cm, baik bagian atas maupun samping. Catat, baru cari tirai yang ukurannya sesuai. Jika memang ukuran standar, bisa membelinya langsung. Untuk jendela yang memiliki ukuran berbeda, lebih baik memesan.

 

5 dari 5 halaman

Perhatikan Juga Dua Hal Ini

2. Tak mempertimbangkan pencahayaan
Untuk setiap kamar, pertimbangkan kualitas cahaya dan pengaruhnya pada kain tirai. Vanessa mengingatkan untuk selalu bertanya kepada diri sendiri 'apakah ingin mengontrol cahaya atau privasi? Atau estetika?'.

Penting diketahu, tirai warna cerah akan memudar jika terkena cahaya matahari terus menerus dan nantinya bakal tampak lusuh. Lebih baik pilih warna netral karena tidak mudah berubah saat terkena matahari.
 
3. Abai dengan keamanan
Hal yang satu juga kerap dilupakan. Bagian-bagian sekrup, kestabilan besi untuk menggantung dan bagian tirai lainnya pastikan dipasang dengan benar. Jangan sampai ada yang kendur atau rusak. Bila ada kerusakan, harus diganti. Akan sangat berbahaya jika besi penyangga jatuh menimpa.

Sumber: Ideal Home

Join Dream.co.id