Ubah Penempatan Furnitur Bikin Rumah Tampak Beda

Decor | Jumat, 3 April 2020 14:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Tenang, tak memerlukan anggaran untuk keperluan membeli bahan dekorasi.

Dream - Selama masa karantina, tentunya muncul rasa bosan dengan suasana rumah. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu selama di rumah saja. Salah satunya yaitu mendekorasi ulang ruangan.

Tenang, tak memerlukan anggaran untuk keperluan membeli bahan dekorasi, tapi cukup hanya dengan mengubah tata letak/posisi suatu barang. Berikut beberapa tips mendekorasi ulang rumah dengan mengubah penempatan furnitur

Pindah meja kerja

" Letakkan meja di tengah ruangan, atau menghadap ke jendela. Bisa juga taruh di depan pemandangan interior favorit di rumah, agar tak bosa," kata Jeffrey, seorang ahli interior.

Dengan mengubah tata letak suatu sudut, itu bisa membuat pandangan jadi berbeda dan tidak monoton. Cari yang sudutnya paling nyaman bagi Sahabat Dream.

 

Ubah Penempatan Furnitur Bikin Rumah Tampak Beda
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Ubah posisi art decor

Jika memiliki beberapa karya seni yang digantung di dinding rumah, bisa mengganti letaknya di tempat yang berbeda. Jika tidak ingin menggantungnya, letakkan di atas rak, meja atau lemari.

" Saya melukis beberapa panel karya seni baru untuk mengubah ruangan," kata Leslie Chalfont, seorang desainer interior.

Jika bosan dengan lukisan yang ada, bisa juga mencetak poster atau mungkin membuat lukisan yang baru sendiri di rumah atau bersama anak. Seru, bukan?

 

3 dari 7 halaman

Furnitur dan Pencahayaan

Mengganti pencahayaan
Pencahayaan yang baik adalah segalanya. Jika ruangan terasa tak nyaman, kelam, membuat suntuk, coba ganti lampu, tukar meja, dan pakai lampu lantai untuk mendapatkan tingkat kecerahan berbeda di area yang berbeda.

Furnitur serbaguna
Kamu juga bisa mengkreasikan perabot di rumah untuk dekorasi. Seperti mengubah kursi sudut menjadi sebuah meja untuk meletakkan buku-buku. Kemudian bisa mengubah bangku yang dicat warna-warni menjadi meja samping tempat tidur.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: HouseBeautiful

© Dream
4 dari 7 halaman

3 Barang di Rumah yang Wajib Dicuci Tiap Minggu

Dream - Kebersihan jadi hal yang sangat penting untuk dijaga di rumah. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Selama di rumah, banyak sekali ha yang bisa dilakukan Sahabat Dream.

Salah satu yang sangat penting adalah bersih-bersih. Akhir pekan ini, kita tak bisa pergi ke mana pun demi mengurangi penularan Covid-19 di Indonesia. Untuk itu lakukan pembersihan pada 3 barang berikut.

Barang-barang ini oleh para ahli kebersihan direkomendasikan untuk dibersihkan satu kali seminggu. Tunggu apalagi, segera bersihkan empat barang berikut.

Seprai
Mencuci seprai sangat dianjurkan dilakukan setiap pekan. Pasalnya setiap hari kita bersentuhan langsung dengan seprai. Keringat dan kotoran yang terbawa akan menempel dengan mudah di seprai.

Selalu ganti seprai setiap minggu. Bersihkan juga bantal dan guling. Jika memang bisa dicuci, masukkan saja ke mesin dan jemur hingga kering.

 

5 dari 7 halaman

Handuk dan Mainan

Mainan anak-anak
Mainan harus dicuci seminggu sekali. Gunakan air sabun hangat atau mengalir melalui mesin pencuci piring jika tahan lama. Mainan lunak, seperti boneka beruang, dapat dibersihkan di mesin cuci.

Handuk dan keset
Anda harus mengeringkan keset kamar mandi setiap hari, dan cuci setidaknya seminggu sekali. Handuk mandi dan handuk tangan harus dicuci dengan air panas utuk mematikan kuman dan bakteri membandel. Diamkan selama beberapa menit baru kemudian cuci dengan sabun dan bilas.

© Dream
6 dari 7 halaman

Kebersihan yang Utama, Selalu Disinfektan Perlengkapan Bekerja

Dream - Sejumlah perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/ WFH) demi mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19). Bagi Sahabat Dream yang juga bekerja dari rumah, tentunya membawa sejumlah perlengkapan dari kantor.

Mulai dari laptop, mouse, mouse pad, kabel, printer atau barang-baramg lain yang tentunya sangat penting untuk kerja. Sebelum menggunakannya, pastikan dulu barang-barang tersebut dalam keadaan bersih.

Berikut cara membersihkan dan disinfektan barang perlengkapan untuk bekerja.

Laptop
Balik laptop untuk menyingkirkan kotoran yang berukuran besar dan menyangkut di sela-sela keyboar. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan tiap tuts. Kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah ditetesi sanitizer atau alkohol 70% untuk membersihkan tiap keyboard.

Untuk bagian layar cukup bersihkan dengan lap microfiber. Jangan lupa untuk membersihkan bagian mouse dan mouse pad, karena dua benda ini selalu kita sentuh setiap saat.

7 dari 7 halaman

Bersihkan Juga Dua Barang Ini

Ponsel
Bekerja dari rumah, pastinya kita harus siap dihubungi oleh rekan kerja untuk urusan pekerjaan. Ponsel harus menyala dan selalu dalam genggaman. Untuk itu jangan abaikan kebersihannya.

Lap ponsel setiap hari. Bisa menggunakan lap microfiber dan kapas yang telah ditetesi alkohol 70%. Bersihkan bagian yang dirasa aman dan tidak bakal rusak karena alkohol.

Headphone/ ear phone
Bagi mereka yang kerap melakukan confrence meeting atau video call untuk berkoordinasi, headphone dan earphone kerap digunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan lap yang bersih atau tisu alkohol setiap hari setelah selesai digunakan. Ingat, menjaga kebersihan adalah salah satu ikhtiar menjaga kekebalan tubuh yang sangat penting menangkal virus corona (Covid-19)

Sumber: Martha Stewart

© Dream
Join Dream.co.id