Tumpukan Barang Ini di Kamar Tidur Bisa Jadi Sumber Penyakit

Decor | Jumat, 11 Juni 2021 10:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Demi kesehatan, segera bereskan barang yang menumpuk di kamar tidur.

Dream - Barang-barang pribadi biasanya disimpan di kamar tidur. Mulai dari sepatu, pakaian, kosmetik, tas dan barang koleksi lainnya. Hal ini kerap membuat kamar tidur jadi berantakan.

Malah jadi lebih mirip sebagai tempat penyimpanan dan bukan ruang beristirahat. Apalagi dalam situasi work from home (WFH) seperti sekarang, kadang laptop dan berkeas pekerjaan juga ada di kamar tidur.

Tumpukan barang biasanya dipenuhi debu yang bisa jadi sumber penyakit. Sebaiknya segera bereskan barang berikut di ruang tidur agar kamar tidur tetap sehat.

1. Kosmetik
Memiliki kosmetik yang disukai adalah hal yang wajar, namun pastikan jumlahnya tidak berlebihan apalagi sampai menumpuk. Hal ini karena kosmetik yang berlebihan dan lama tak digunakan akan jadi sarang debu. Saat dipakai pun bisa menimbulkan iritasi kulit. Sortir kosmetik secara teratur dan segara buang jika sudah kedaluwarsa.

2. Berkas pekerjaan
Sebagian orang biasa membawa pekerjaannya ke rumah, terlebih ke dalam kamar. Tak jarang pula kertas pekerjaan dan bekas revisian menumpuk. Selain membuat debu dalam kamar tidur, hal ini dapat meningkatkan rasa stres. Sebagai solusinya, letakkan kertas pekerjaan di dalam laci agar mata tak 'lelah' melihat kertas pekerjaan dan pikiran menjadi lebih tenang.

 

Tumpukan Barang Ini di Kamar Tidur Bisa Jadi Sumber Penyakit
Kamar Tidur/ Shutterstock
2 dari 6 halaman

Segera Bereskan Dua Barang Ini

3. Alat elektronik
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau teknologi harus dijauhkan dari kamar tidur. Ya, yang dimaksud teknologi di sini adalah smartphone, televisi, dan laptop/PC. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur dikelilingi banyak alat elektronik akan mengurangi kualitas tidur.

4. Pakaian
Pakaian ternyata dapat membuat tidurmu tidak berkualitas. Pakaian yang dimaksud di sini adalah yang digantung di luar lemari. Misalnya, kamu telah merencanakan akan memakai baju tertentu untuk keesokan harinya dan menggantung pakaian yang akan digunakan di luar lemari.

Ini karena otak akan meresponsnya sebagai hal yang tak sedap dipandang (berantakan) dan dapat membuat mood seseorang turun. Sebaiknya, pakaianmu tetap berada di dalam lemari saja.

Selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 6 halaman

Siasati Kamar Tidur Pengap yang Minim Ventilasi

Dream - Ventilasi sangat dibutuhkan tiap ruangan agar udara bisa berganti dan tak terasa pengap. Ruangan pun jadi lebih lebih nyaman dan sehat. Pada beberapa kondisi, ventilasi yang dibuat hanya bisa sekadarnya.

Tidak maksimal sehingga ruangan jadi terasa pengap. Bagaimana jika hal ini terjadi di kamar tidur? Tentunya ruang tidur jadi lebih lembap, tak segar dan udara kurang mengalir dengan maksimal. Untuk menyiasati kamar tidur yang minim ventilasi, Sahabat Dream bisa melakukan hal-hal berikut.

1. Menggunakan Exhausted Fan
Mengatasi kamar pengap tanpa jendela salah satunya adalah dengan memanfaatkan exhausted fan. Berbeda dengan kipas angin konvensional, exhausted fan berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Kipas angin memungkinkan untuk menyedot udara kotor yang terdapat di dalam kamar tidur dan membuangnya keluar. Kamar pun akan terasa lebih segar.

2. Membuat Lubang Ventilasi
Cara selanjutnya untuk mengatasi kamar pengap tanpa jendela adalah dengan membuat lubang berukuran kecil. Lubang kecil ini merupakan salah satu jenis ventilasi udara yang dapat kamu hadirkan di kamar dengan instalasi yang tidak terlalu sulit.

 

4 dari 6 halaman

Tanaman

3. Sering- Sering Membuka Pintu
Ruangan yang pengap tanpa jendela juga dapat diatasi dengan membiasakan selalu membuka pintu kamar. Hal ini bertujuan agar udara segar dari luar dapat memasuki kamar. Moms bisa melakukan hal ini saat kamu sedang tidak beristirahat atau sedang tidak melakukan kegiatan pribadi lainnya.

4. Tanaman Hias
Tanaman hias pembersih udara akan menghirup karbondioksida dan memproduksi oksigen yang baik. Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan di kamar adalah sansiviera. Jangan lupa untuk mengeluarkan tanaman beberapa saat dari kamar setiap pagi dan menyiramnya pada sore hari.


Selengkapnya baca di Diadona.id

5 dari 6 halaman

Tak Bisa Liburan, Ubah Saja Kamar Tidur Seperti Hotel Berbintang

Dream - Hasrat liburan sudah memuncak, rasanya ingin pergi dari rumah dan menghilangkan kebosanan. Mungkin hal tersebut banyak dialami Sahabat Dream yang sudah lebih dari 4 bulan berada di rumah saja karena pandemi COvid-19.

Liburan di luar kota dan menikmati fasilitas hotel sebaiknya ditunda, karena kasus Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Sebagai gantinya, mungkin kamu bisa menata ulang kamar tidur seperti kamar hotel berbintang.

Kasur empuk, seprai dan bantal yang lembut serta aroma wangi ala hotel memang selalu bikin betah. Nah, coba terapkan penataan kamar tidur khas hotel di rumah. Bagaimana caranya? Coba ikuti langkah berikut.

Warna Serba Putih
Pemilihan warna ini mencakup mulai dari seprai sampai bed sheet. Pasalnya, putih merupakan warna paling umum yang digunakan kebanyakan hotel. Warna seprai satu ini juga lebih mudah dibersihkan dengan berbagai produk.

Penggunaan warna putih, ditambah pencahayaan di dalam kamar, bisa menimbulkan kesan tidur di hotel seperti saat liburan. Dengan sugesti ini, penghuni kamar diharapkan bisa beristirahat lebih nyaman.

 

6 dari 6 halaman

Bahan Bedding

Di samping warna, bahan seprai juga bed sheet harus diperhitungkan. Selain menunjang look, bahan katun, sesuai saran dari banyak penata ruang, jadi yang paling memungkinkan adanya sirkulasi udara.

Jadi, biarpun memakai seprai yang pasti menutupi seluruh bagian tempat tidur, kasur cukup aman dari serangan jamur.

Jangan Pakai Seprai dengan Karet di Empat Sudut

Jenis seprai ini sangat jarang dipakai di hotel. Biasanya, hotel menggunakan dua seprai, di mana bagian bawah umumnya berukuran lebih besar dan dimasukkan rapi ke dalam matras. Sementara, seprai satunya akan ditata hingga bagian kaki tempat tidur.

Saran lain, lipat seprai secara terbalik sehingga bisa melihat sisi yang benar dari barang tersebut. Memanfaatkan seprai dengan empat ujung berkaret membuat tampilan kasur kurang menarik dan terkesan berantakan.

Pakai Comforter dan Duvet

Terlepas bagaimana tekstur matras, tak ada salahnya menambah kenyamanan dengan membuatnya jadi lebih empuk. Sensasi ini bisa dihadirkan dengan memanfaatkan comforter dan duvet.

Seperti seprai, bahan katun pun sangat disarankan pada item tambahan tersebut. Cari isian yang sekitar lima centimeter (cm) lebih lebar dan panjang dari duvet untuk sensasi lebih nyaman.

Laporan Asnida Riani/ Sumber: Liputan6.com

 

Terkait
Join Dream.co.id