Trik Menipu Mata yang Bikin Ruang Keluarga Berkesan Luas

Decor | Jumat, 28 Mei 2021 14:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat seluruh keluarga berkumpul, kerap kali ruangan ini terasa sempit dan penuh.

Dream - Ruang keluarga jadi area favorit untuk berkumpul. Baik untuk bersantai, menonton televisi hingga menghabiskan waktu bersama dan menerima tamu dekat. Biasanya ruangan ini diisi dengan sofa besar dan karpet.

Saat seluruh keluarga berkumpul, kerap kali ruangan ini terasa sempit dan penuh. Bisa jadi karena penataannya kurang tepat atau furnitur yang ada di ruangan tak sesuai. Nah, ada trik untuk menyiasati agar ruangan keluarga berkesan luas.

Abbey Koplovitz, seorang desainer interior, mengungkap kalau bisa dimulai dengan penataan tirai. Atur kembali tinggi tirai, jangan terlalu pendek.

" Tirai akan meningkatkan ruangan dan membuat seluruh ruangan terlihat lebih besar," kata Koplovitz dikutip dari Apartment Therapy.

Saat ingin menentukan ketinggian tempat menggantung tirai, selalu ingat kalau bingkai jendela tidak boleh menentukan panjang atau penempatannya. Jika memasang tirai di atas bingkai jendela sehingga menutupi seluruh panjang dinding, ini akan memperpanjang ruangan secara visual.

 

Trik Menipu Mata yang Bikin Ruang Keluarga Berkesan Luas
Ruang Keluarga/ Shutterstock
2 dari 6 halaman

Tirai Tipis

Bisa memberikan kesan bahwa langit-langit menjulang di atas. Bisa juga menggunakan strategi yang sama ke arah yang berbeda, dengan memperluas tirai di luar sisi bingkai.

“ Jaga agar tetap monokromatik dengan sedikit memvariasikan bayangan [dari warna dinding] untuk menciptakan kedalaman. Juga bisa menambahkan kontras dengan menggunakan warna yang lebih gelap di langit-langit untuk menarik perhatian ke atas," kata Koplovitz.

Hal yang juga tak kalah penting adalah soal pencahayaan. Pilih tirai gantung dengan kain yang ringan. Jangan yang terlalu tebal dan berlapis.

" Tirai yang tipis akan memaksimalkan pencahayaan alami di rumah dan membuat kesan ruangan jadi lebih luas," kata Koplovitz.

Bisa juga memanfaatkan cermin untuk memantulkan cahaya. Taruh cermin di beberapa sudut yang bersebrangan dengan sumber cahaya alami. Ini akan sangat membuat membersi kesan luas pada ruang keluarga.

3 dari 6 halaman

Padu Padan Furnitur Bahan Logam Agar Ruangan Tak Tampak Kaku

Dream - Material logam kini banyak didesain dengan sangat apik untuk mempercantik interior rumah. Penting untuk memadukannya dengan material lain agar ruangan tak berkesan dingin.

Desainer interior yang berbasis di New York, Courtney McLeod dari Right Meets Left Design, memiliki beberapa strategi untuk mengatur furnitur berbahan logam. Tentunya agar ruangan tetap terasa hangat. Biasanya, furnitur yang terbuat dari logam yaitu meja, kursi, bangku, rak atau bingkai kaca.

Untuk penempatan dan padu padannya, bisa ikuti trik-trik dari McLeod berikut.

1. Pilih satu furnitur sebagai primer
Tak perlu seluruh ruangan diisi dengan material yang sama, jika memang ingin menggunakan interior logam pilih yang desainnya benar-benar kamu sukai atau berukuran besar. Seperti rak pajangan, meja atau hiasan lain yang dirasa berdampak besar pada ruangan.

2. Sentuhan aksen
Usahakan agar furnitur logam membentuk sekitar 60-75% dari hasil akhir di ruangan. Pilih satu atau dua dekorasi berbahan logam sebagai aksen. Bisa berupa kuningan, tembaga, atau material warna emas. Saat mencampur dua logam yang sangat berbeda, bisa membuat gradasi atau jika berani, buat saja kesan kontras.

 Interior logam
© Shutterstock

3. Variasikan lapisan akhir serta jenis logamnya
Logam bisa memiliki hasil akhir antik, matte, satin, brass, atau dipoles. Menggabungkan dua sentuhan akhir yang dipoles dapat menghasilkan tampilan yang sangat glamor. Hasil akhir yang matter tidak memiliki banyak kilap lebih mudah untuk dicampur daripada yang dipoles.

4. Pastikan memiliki warna dan desain yang disukai

" Jangan takut dengan selera dan gaya Anda sendiri," kata McLeod.

Jika menyukai tampilan klasik, misalnya, jangan merasa terpaksa memilih kuningan hanya untuk mengikuti tren terkini. Pilih logam yang mencerminkan kepribadian dan lengkapi warna dan permukaan cat yang ada.

Sumber: BHG

4 dari 6 halaman

5 Item yang Bisa Tonjolkan Gaya Interior Industrial

Dream – Konsep estetika pada rumah yang otentik tergantung pada pilihan yang dibuat oleh pemilik rumah. Tentunya tergantung pada item yang dipilih dan digunakan. Saat ini gaya interior industrial sedang banyak diminati.

Aksen khas dari industrial adalah balok kayu, lantai beton, pipa terbuka, atau dinding bata. Ingin mencoba menerapkannya di rumah, Sahabat Dream? Ada beberapa elemen interior yang bisa digunakan untuk menonjolkan gaya industrial. Layak dicoba.

1. Dinding terbuka
Menciptakan gaya industrial di rumah berarti spontanitas, kesederhanaan, dan keberanian. Semua kombinasi elemen harus dibuat dengan cara yang ramah dan tidak rumit, salah satunya dengan dinding yang dibiarkan terbuka dengan materi aslinya terlihat.

Contoh paling umum adalah dinding bata, dengan alternatif ini memberikan efek yang lebih urban. Dengan cara sama bisa juga menggunakan batu, balok beton, atau dinding yang mulus dan dicat.

2. Benda logam
Item berikutnya yang dapat membantu tampilan rumah industrial adalah dengan benda logam, atau dapat menggunakan bahan lain, seperti kayu, marmer, granit. Bahan-bahan ini akan banyak mempengaruhi interior rumah.

Contoh benda logam yang biasa digunakan; peti logam, meja kopi di ruang tamu, meja makan, loteng, tangga untuk ke loteng. Dengan benda tersebut, disesuaikan dengan estetika yang diinginkan untuk menampilkan kesan industrial.

 

5 dari 6 halaman

Aksen Pencahayaan

3. Lampu
Jika menginginkan gambaran yang modern dan halus, lampu akan menjadi komponen interior yang dinamis. Dalam pengertian ini, digunakan lampu gantung yang menarik dengan bodi yang bergaya, dan bentuk yang lebar dan mencolok.

Lampu lain yang dapat digunakan adalah lampu berdiri yang terpancar naik dengan efek yang jelas dan fungsional. Seperti lampu sorot, baik ke langit mau pun ke lantai.

 

6 dari 6 halaman

Jam dan Kursi

4. Jam

 Jam industrial
© Shutterstock

Ada berbagai cara untuk menggunakan item satu ini. Cara pertama, taruh jam di atas perapian, perabot, atau meja. Cara kedua dengan jam elektronik yang menciptakan nuansa kontemporer akan sangat cocok dengan gaya industrial. Selain itu juga dapat memakai jam dinding seperti yang ada di stasiun kereta, dengan begitu nuansa rumah akan terasa lebih asli dan aktif seperti di ruang perkotaan.

5. Kursi dengan style industrial
Saat ini berbagai macam desain kursi tersedia di pasaran, banyak pula seniman dan desainer interior yang menciptakan kursi dengan pendekatan estetik. Cari model kursi yang khas industrial.

Untuk memilih kursi yang tepat harus disesuaikan dengan item lainnya agar senada dan tidak bentrok. Taruh pula kursi di tempat yang tepat agar kepribadian dari benda tersebut dapat menonjol.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: Decortips

Terkait
Join Dream.co.id