Trik Menata Dapur Asri dengan Banyak Tanaman

Decor | Senin, 24 Mei 2021 16:10

Reporter : Mutia Nugraheni

Ada hal-hal yang harus diperhatikan, Sahabat Dream.

Dream - Dapur sebelumnya hanya berfungsi sebagai area memasak dan menyipan bahan makanan. Kini, dapur bisa jadi area tempat kita melepaskan penat dengan memasak. Tak heran kalau desain dapur saat ini dibuat fungsional sekaligus sedap dipandang mata.

Salah satunya dengan membuat tampilan dapur menjadi sangat asri dengan menambahkan beberapa tanaman di tiap sudut. Cara ini bisa membuat suasana dapur jadi berbeda dan bikin betah. Terutama bagi Sahabat Dream yang suka dengan tanaman.

“ Tanaman menciptakan kehidupan di dalam ruangan dan menghadirkan elemen alami yang dibutuhkan setiap ruangan,” kata Veronica Solomon dari Casa Vilora Interior, dikutip dari Apartment Theraphy. 

Veronica punya beberapa trik bagi kamu yang ingin menaruh banyak tanaman di dapur.

Tempatkan di sudut yang tepat
Cari tahu karakteristik tanaman dan kemudian tempatkan di area yang pas agar tetap hidup. Misalnya, tanaman yang tak bisa terkena sinar matahari langsung jangan taruh dekat jendela.

Hindari juga menaruh tanaman dekat kompor karena uap panasnya bisa merusak daun dan batang bahkan menyebabkannya mati. Akan lebih baik menaruh tanaman di dekat wastafel atau bak cuci piring.

Kelembapan tidak selalu baik
Kondisi dapur cenderung lembap karena selalu dipenuhi dengan uap kompor dan air mengalir dari bak cuci piring. Beberapa tanaman tidak menyukai kelembapan, salah satunya adalah sukulen dan anggrek.

Keduanya memang begitu cantik untuk ditaruh di area sekitar dapur, namun kelembapan dapur bisa merusaknya dalam sekejap. Pilih tanaman yang memiliki toleransi tinggai terhadap kelembapan.

Pilih tanaman cantik dan praktis
Untuk tanaman di dapur sebaiknya pilih yang perawatannya praktis dan tampilannya cantik. Seperti tanaman rempah dalam pot kecil yang bisa juga digunakan untuk memasak. Kini banyak dijual tanaman rempah dalam kemasan apik untuk ditaruh di dapur.

Bukan hanya membuat dapur menjadi asri, tapi saat panen daunnya bisa digunakan untuk masakan. Multifungsi, bukan?

Trik Menata Dapur Asri dengan Banyak Tanaman
Dapur Dengan Tanaman/ Shutterstock
2 dari 6 halaman

Tengok Desain Mewah Dapur Baru Chef Arnold

Dream - Chef Arnold Poernomo baru saja membuat kitchen studio dengan desain yang sangat mewah. Ia bekerja sama dengan desainer interior untuk mewujudkan dapur impiannya. Hasilnya begitu memukau.

Sebuah dapur mewah berdesain modern, yang didominasi warna olive green. Dapur ini sangat luas, dilengkapi dengan kitchen island besar di bagian tengah. Terdapat kompor listrik dengan meja granit mewah, sementara bagian atasnya terdapat cooker hood.

 Dapur megah Chef Arnold
© Instagram Chef Arnold

Foto: Instagram Chef Arnold

Foto-foto dapur baru Chef Arnold diunggah di akun Instagram pribadinya. Kesan terang dengan cahaya alami juga sangat menonjol. Rupanya di bagian belakang, atap dapur dibuat transparan untuk memaksimalkan cahaya matahari.

 Dapur Chef Arnold
© Instagram Chef Arnold

Foto: Instagram Chef Arnold

 

3 dari 6 halaman

Rak ala Minimarket

 Dapur Chef Arnold
© Chef Arnold

Dapur juga tampak manis dengan rak ala minimarket di bagian samping. Terdapat wadah-wadah transparan untuk menyimpan bumbu dan bahan makanan.

Sementara bagian bawahnya, dilengkapi dengan keranjang kayu untuk menaruh sayur dan buah segar.

 

 Dapur Chef Arnold
© chef arnold

4 dari 6 halaman

Warna Olive Green

 Dapur Chef Arnold
© Instagram Chef Arnold

Kesan mewah, modern tapi natural begitu kental dengan warna olive green. Pastinya Chef Arnold makin nyaman bikin masakan dan mengembangkan resep di dapur barunya ini.

 

5 dari 6 halaman

Lihat Interior Mewah Dapur Nindy Bergaya American Classic Luxury

Dream - Nindy Ayunda, penyanyi yang kini sibuk mengurus dua anak, sering membuat konten memasak di YouTube chanelnya. Bukan hanya olahan masakannya yang menarik tapi juga tampilan dapurnya.

 Dapur Nindy
© Youtube Nindy

Youtube Nindy

Nindy rupanya memiliki dapur yang begitu megah. Interiornya bertema American Classic Luxury. Warna dapurnya begitu klasik, perpaduan hitam dan putih. Tampilan kitchen island begitu megah, dengan marmer hitam dan bagian bawahnya berupa kayu berwarna putih.

 Dapur Nindy
© Youtube Nindy

Terdapat rak di bagian sisi dapur, tempat menaruh berbagai camilan. Semuanya tertata rapi di toples. Tak ketinggalan ada juga rak mungil untuk menaruh berbagai keperluan sarapan.

 

6 dari 6 halaman

Koleksi Piring

Nindy rupanya sangat suka mengoleksi piring. Sejak sebelum menikah, ia kerap membeli piring dengan model unik dan cantik. Tak heran kalau lemari penyimpanan di dapurnya dipenuhi dengan banyak piring.

 Dapur Nindy
© Youtube Nindy

Youtube Nindy

Untuk kabinet dapur Nindy memilih warna putih. Dipadukan dengan meja dapur material marmer berwarna hitam. Seluruh perkakas dapur tertata rapi. Ada juga rak mungil untuk menaruh berbagai macam kemasan bumbu agar tak berantakan.

 Dapur Nindy
© Nindy

Bagian kitchen island di tengah pun terdiri dari 9 laci. Seluruhnya penuh dengan koleksi piring dan perkakas dapur.

 

 

Join Dream.co.id