Trik Memilih Sofa untuk Ruangan Mungil

Decor | Jumat, 28 Agustus 2020 14:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Pilihan jenis sofa berikut bisa jadi pilihan.

Dream - Ruang keluarga yang kecil seringkali membuat kita bingung untuk menatanya. Salah satu tantangannya adalah menemukan sofa yang bisa muat di dalamnya dan cocok untuk ruangan secara keseluruhan.

Selama di rumah saja kita menghabiskan banyak waktu dengan kerabat keluarga kami di ruang keluarga. Ruangan ini sangat penting dalam keseharian kita. Artinya kondisi ruangan ini harus dibuat senyaman mungkin.

Sofa jadi salah satu elemen penting di ruang keluarga. Pada ruangan yang tak terlalu besar, kita memang harus selektif dalam memilih sofa yang tepat. Trik simpel berikut mungkin bisa diterapkan saat mencari sofa untuk ruang mungil.

 

Trik Memilih Sofa untuk Ruangan Mungil
Sofa Bentuk L (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Sofa bentuk L

Sahabat Dream bisa memilih sudut atau sofa berbentuk L untuk menghemat tempat. Solusi lainnya adalah sofa panjang dan memiliki kursi ekstra. Untuk melengkapi jenis sofa tersebut dan memberi kesan lapang, bisa memasang gorden tinggi atau menggunakan lampu lantai tinggi.

 

3 dari 6 halaman

Sofabed

Pilihan lainnya adalah cari sofa bed. Tempat tidur sofa adalah salah satu pilihan terbaik untuk ruang modular. Selain itu, jenis sofa ini akan menambah tempat tidur tambahan di apartemen kecil atau rumah mungil. Pastikan saja ukurannya tepat, tak terlalu besar.

 

4 dari 6 halaman

Jadi pembatas

Cari juga sofa panjang, jika ruangan tak memiliki sekat yang kaku seperti tembok atau partisi khusus. Sofa panjang bisa jadi pembatas ruangan dan penanda fungsi secara kasual. Ruangan pun jadi berkesan lebih lapang tapi tetap memiliki pembatas.

Sumber: Decor Tips

5 dari 6 halaman

Perawatan Sofa Hanya 15 Menit, Dijamin Bikin Kinclong

Dream - Sofa jadi salah satu furnitur favorit di rumah. Saat kumpul keluarga, sofa selalu jadi 'sasaran' utama sebagai tempat berkumpul. Untuk itu kebersihannya harus selalu dijaga.

Jangan sampai sofa jadi kotor, terasa lengket dan berbau tak sedap. Demi menjaga kenyamanan dan kebersihan sofa, perawatan dan pembersihan rutin harus dilakukan setiap pekan.

Bukan perawatan yang rumit, tapi pembersihan sederhana yang bisa menjaga sofa selalu nyaman diduduki. Simak saja langkah mudahnya, hanya butuh waktu maksimal 15 menit.

Isap Debu dengan Vakum

Mulailah dengan membersihkan debu-debu halus dengan vakum. Angkat bantal dan isap debu di sofa. Jika terdapat kain pelapis, buka dulu kainnya. Jangan lupa isap hingga ke lapisan terdalam. Gunakan ujung pengisap yang runcing.

Lakukan pengisapan debu selama sekitar 5 hingga 7 menit. Pastikan debu di seluruh permukaan sofa terangkat dengan maksimal.

 

6 dari 6 halaman

Bersihkan noda

Ada saja noda yang menganggu pada sofa kesayangan. Biasanya tumpahan makanan dan minuman yang berwarna, seperti kopi dan teh. Jika tak segera dilap dan dibersihkan, noda biasanya akan sangat sulit hilang.

Cobalah gunakan formula pembersih sofa. Cari yang sekali semprot dan sediakan lap bersih. Lap hingga noda samar atau menghilang. Setelah itu keringkan lagi menggunakan vakum.

Sesekali, angin-anginkan sofa agar tidak lembap dan berbau. Pastikan jangan menaruhnya di bawah sinar matahari langsung.

Join Dream.co.id