Tren Keset Disinfektan, Coba Terapkan di Rumah

Decor | Rabu, 6 Oktober 2021 12:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan kondisi rumah selalu bersih.

Dream - Aktivitas seluruh anggota keluarga saat ini mungkin mulai banyak keluar rumah. Bekerja di kantor dan anak-anak mulai sekolah tatap muka. Sesampainya di rumah, pastikan langsung membersihkan diri. Jangan sampai membawa virus dan bakteri berbahaya ke dalam rumah.

Pandemi masih berlangsung, kita memang harus ekstra dalam menjaga kebersihan rumah. Salah satu perlengkapan yang penting dipertimbangkan untuk ditaruh di depan rumah adalah keset yang dilengkapi cairan disinfektan.

Apa itu keset disinfektan dan di mana kita harus meletakkannya?

Umumnya, ketika kita datang dari luar dan memasuki rumah, tidak selalu mengganti atau langsung melepas sepatu kita. Dengan cara ini, tidak dapat dihindari bahwa kita memasukkan bakteri dan kotoran ke dalam rumah, sehingga pembersihan harian menjadi penting. Apalagi jika ada bayi di rumah yang merangkak di lantai.

 Keset disinfektan© Shutterstock

Salah satu cara untuk mewujudkan ruang bersih adalah melalui keset desinfektan. Keset ini bisa diletakkan di depan pintu rumah, tepat di teras pintu masuk, atau di lorong. Selain itu, tidak memakan banyak ruang dan biasanya memiliki dimensi perkiraan 65 x 40 sentimeter.

Ada juga yang lebih besar yang tersedia untuk area komunal. Sangat aman dan sederhana untuk digunakan semua orang, karena penghuni rumah akan berjalan di atas keset ini dan langsung membersihkan alas kaki mereka.

Tren Keset Disinfektan, Coba Terapkan di Rumah
Disinfektan Mat/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Berisi Cairan dan Pengering

Ketika mendefinisikan apa manfaatnya, kita harus ingat bahwa itu untuk penggunaan sehari-hari. Sebelum memasuki rumah, penting untuk membersihkan alas kaki outdoor.

Umumnya, keset terbuat dari karet dan cukup kuat. Beberapa keset desinfektan juga berfungsi sebagai wadah cairan desinfektan yang terdapat di area tempat kita menginjak. Untuk mencapai hasil terbaik, penting bagi kita untuk memastikan sepatu terendam cairan.

Setelah prosedur ini dilakukan, lanjutkan ke alas pengeringan, yang terletak tepat di sebelah alas wadah. Alas ini memastikan tidak menodai permukaan apa pun dan menghindari percikan yang tidak perlu. Tetap disarankan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki rumah.


Sumber: DecorTips

3 dari 6 halaman

Barang Elektronik Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan Saat Pandemi

Dream - Sebagian besar aktivitas, seperti bekerja dan sekolah hingga kini masih berpusat di rumah karena kasus Covid-19 masih belum menurun signifikan. Tentunya hal ini membuat rumah selalu ramai penghuni dan penggunaan kulkas, mesin cuci, oven dan AC jadi lebih sering dari biasanya.

Untuk kulkas, kita mungkin menyimpan setok makanan lebih banyak, lalu mesin cuci digunakan lebih sering karena baju harus selalu dicuci setelah dari luar. Begitu juga oven karena lebih sering memasak, termasuk AC agar kondisi rumah tak terlalu panas.

Untuk itu, pastikan keempat peralatan elektronik tersebut dibersihkan secara rutin. Bukan hanya agar lebih bersih, tapi juga lebih hemat. Bagaimana caranya? Yuk simak.

1. Kulkas
Kulkas menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap rumah. Beri ruang antara kulkas dan dinding agar tidak menghambat aliran udara panas dari kompresor. Bersihkan lemari es minimal 1 bulan sekali.

Selain bermanfaat untuk menjaga higenitas kulkas, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini juga bermanfaat untuk membantu mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah atau dikonsumsi.

Mengisi kulkas secara berlebihan, membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal, yang hingga mengakibatkan penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan.Pilih jenis bahan makanan yang sebaiknya memang disimpan di kulkas, dan pisahkan bahan atau makanan yang aman disimpan di suhu ruangan.

 

© Dream
4 dari 6 halaman

2. Mesin Cuci

Mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari dalam mencuci pakaian hingga perabot kain lainnya. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci adalah sebagai berikut.

Jangan letakkan mesin cuci di kamar mandi. Kadang orang berpikir meletakkan mesin cuci di kamar mandi akan memudahkan saat proses mencuci dan pembuangan air.

Faktanya, lingkungan yang lembap membuat mesin cuci mudah rusak sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna. Perhatikan selalu kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusak drum mesin cuci.

Bersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.

 

5 dari 6 halaman

3. Oven

Selama menghabiskan waktu di rumah, aktivitas seperti memasak dan membuat kue makin digemari. Oven, menjadi perangkat dapur favorit yang dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan dan camilan favorit keluarga. Bersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar oven agar oven tetap terjaga higenitasnya. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang digunakan. Jangan sampai membuat masakan yang diolah terkontaminasi bau gas karena regulator tidak terpasang dengan baik.

 

© Dream
6 dari 6 halaman

4. AC

AC menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya. Karena, jika ruangan sejuk maka kita makin betah berada di dalam rumah terus selama pandemi.

Sesuaikan besar PK dengan luas ruangan yang akan dipasangi pendingin ruangan. Selain itu, ketika AC digunakan, pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Terkait
Join Dream.co.id