Tips Merawat Lidah Mertua Agar Tumbuh Lebih Cepat & Besar

Decor | Selasa, 6 April 2021 08:48

Reporter : Dwi Ratih

Siapa yang punya tumbuhan ini di rumah?

Dream – Bagi semua pecinta tanaman hias pasti nggak akan asing dengan tanaman lidah mertua dong?

Tanaman yang biasa dikenal juga dengan snake plants atau sansevieria memiliki daun yang panjang, runting, dan bersisik seperti sisik ular.

Tanaman ular sangat baik bila ditanam dirumah karena memiliki banyak manfaat, seperti menghasilkan oksigen, melenyapkan polusi, membantu melawan alergi dan sick building syndrom (SBS).

Untuk dapat menumbuhkan tanaman lidah mertua caranya sangat mudah, dilansir dari Balcony Garden, beberapa tips merawat tanaman ini agar tumbuh lebih cepat dan besar, berikut caranya:

Tips Merawat Lidah Mertua Agar Tumbuh Lebih Cepat & Besar
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

1. Pilih pot yang tepat

Tumbuhkan tanaman ular di tempat atau wadah atau pot yang lebih kecil guna membantu pertumbuhan lebih cepat. Untuk varietas biasa pakai pot berukuran 8 sampai 12 inci.

2. Mengikat akar tanaman

Tanaman lidah mertua akan tumbuh dengan baik jika akarnya direkatkan sehingga menempel atau mendekat. Dengan cara ini akan mendorong tumbuhan untuk tumbuh lebih cepat dan memunculkan banyak anakan daun baru.

Jika tumbuhan semakin lebat coba pindahkan pot yang lebih besar, selalu sesuaikan dengan ukuran tanaman.

3. Beri makan dengan fertilisasi secara rutin

Untuk memberikan nutrisi yang tepat pada tanaman ular sangat mudah, beri saja pupuk cari seperempat hingga setengah dari total tanah dalam pot dan lakukan setiap 4 sampai 6 minggu sekali, untuk pertumbuhan yang optimal.

3 dari 3 halaman

4. Tempatkan di area hangat dan terang

Membuat tanaman lidah mertua tumbuh dengan cepat dengan cara memberinya cahaya yang tepat. Taru di titik terang yang tetap hangat seperti lokasi yang terkena sinar matahari tidak langsung adalah tempat paling ideal.

Tambah dengan beberapa jam kenakan sinar matahari langsung untuk meningkatkan pertumbuhan.

5. Penyiraman

Tanaman lidah mertua dapat menyerap air dan menyimpan cadangan air di daunnya, jadi jangan terlalu sering menyiraminya dengan air. Paling tepat menyiraminya saat lapisan atas tanah sudah mulai kering dan usahakan daun tetap kering, siram di bagian bawah atau tanah saja.

Laporan: Josephine Widya

Join Dream.co.id