Tips Cermat Berburu Furnitur Antik

Decor | Senin, 14 Juni 2021 08:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai merugi.

Dream - Barang-barang antik memiliki desain yang unik dan berkarakter. Tak hanya itu, cerita, goresan dan ketidaksempurnaannya membuat furnitur antik punya nilai tersendiri.

Mengisi rumah dengan furnitur antik pastinya sangat seru. Terutama jika rumah tak seluruhnya bertema vintage atau antik. Perpaduan dekorasi modern dan antik akan menambah kesan seru dan dalam rumah.

Bagi Sahabat Dream yang saat ini sedang ingin mengisi rumah dengan furnitur antik, mungkin sedang melakukan pencarian. Jangan sampai salah, cari tahu cara tepat mendapatkan furnitur antik.

Detail dan sabar
Mungkin kamu punya incaran model atau bentuk furnitur tertentu. Saat melihatnya di gerai antik ingin langsung membeli dan membawanya pulang. Hindari melakukan ini, periksa dulu secara teliti kondisi furnitur.

Baik kualitas, sejarah dan hal lainnya. Bisa juga membandingkannya dengan tempat lain lakukan riset online. Mencari barang antik harus teliti dan sabar jika tak ingin rugi atau tertipu.

Perhatikan material
Apakah itu kayu solid, kuningan, kulit, tembikar? Lihat bukan hanya bagian luar, tapi juga bagian dalam. Dari situ akan tampak apakah furnitur tersebut benar-benar antik atau tidak. Selalu cari barang yang berkualitas baik, dan barang yang punya cerita.

Model sederhana
Carilah furnitur antik yang desain garis dan kurvanya sederhana. Klasik dan tak lekang oleh waktu. Ini bisa membuatnya lebih mudah dipadukan dengan furnitur lain dan berbagai gaya interior.

Sesuaikan dengan kondisi rumah
Hal yang juga harus diingat saat membeli furnitur antik adalah menyesuaikan dengan kondisi rumah. Baik dari warna, interior dan tentunya ruang yang tersedia. Jangan sampai setelah dibeli furnitur malah tidak 'nyambung' dan rasa nyaman terabaikan.

Sumber: Homes to Love

Tips Cermat Berburu Furnitur Antik
Furnitur Antik
2 dari 6 halaman

Trik Memberi Kesan Modern Pada Furnitur Kayu

Dream - Furnitur kayu menambahkan karakter yang kaya pada ruang makan, kamar tidur, dan ruang tamu, tetapi juga dapat menimbulkan kesan kuno. Biasanya furnitur kayu terutama yang berdesain klasik, memiliki karakter yang kuat.

Mungkin beberapa furnitur di rumah Sahabat Dream berasal dari warisan. Bila rumah memiliki desain modern, furnitur kayu tersebut memang tampak tak senada. Kita harus menyiasatinya agar furnitur bisa sesuai dengan tema rumah. Bagaimana caranya?

1. Hiasi dengan furnitur kayu tua dengan cara baru
Pikirkan cara kreatif untuk menata ulang furnitur kayu. Jika kamar tidur sudah lengkap, misalnya, meja rias kayu dapat digunakan sebagai tempat menyajikan minuman atau sebagai tempat penyimpanan peralatan makan di ruang makan. Coba cari cara untuk memanfaatkan furnitur kayu klasik dengan cara yang berbeda.

2. Sentuhan modern
Kursi kayu atau meja kayu yang berdesain klasik bisa diberikan sentuhan modern. Misalnya, warnanya diganti dengan cat putih atau warna lain yang mungkin senada dengan tema rumah. Bisa juga menambah busa bermotif atau aksen lain seperti besi, dekorasi logam yang berkesan modern. Pastikan saja perpaduannya pas dan tidak dipaksakan

 

3 dari 6 halaman

Warna yang Pas

3. Perpaduan warna yang pas
Di ruangan serba putih, furnitur kayu gelap bisa terlihat tidak pada tempatnya. Di kamar tidur, coba pasang furnitur kayu klasik yang gelap dengan dinding abu-abu arang untuk menciptakan ruang lebih hangat dan nyaman. Hiasi dengan sedikit warna putih untuk menghindari tampilan yang terlalu suram.

4. Padukan perabotan kayu dalam berbagai warna
Jika tidak yakin warna apa yang akan dipasangkan dengan furnitur kayu, warna kayu lain umumnya merupakan pilihan yang aman. Finishing kayu sering kali menonjolkan warna dasar yang tampak kuning, oranye, merah, biru-abu-abu, atau cokelat tua. Hiasi dengan furnitur kayu campuran dengan memilih potongan aksen tambahan yang memiliki nada serupa.

4 dari 6 halaman

Bukan Cuma Dibersihkan, Poles Furnitur Kayu Secara Rutin

Dream - Debu, kotoran dan minyak biasanya mengotori furnitur kayu. Terutama jika tak dibersihkan selama berbulan-bulan. Debu menumpuk hingga menghitam dan lengket. Penting untuk membersihkan debu di perabot kayu setiap hari.

Cukup gunakan kemoceng atau kain microfiber. Untuk noda yang lengket atau membandel bisa digunakan sedikit air atau pembersih khusus. Nah, ada satu lagi yang sering dilupakan saat membersihkan dan merawat furnitur kayu, yaitu memolesnya dengan cairan pengilap.

Kayu lama kelamaan akan kehilangan kilap dan tekstur halusnya. Memolesnya secara teratur akan membuat permukaan kayu lebih mengkilap dan terlindungi dengan baik. Salah satu cara untuk mengetahui apakah furnitur kayu membutuhkan polesan atau tidak adalah perhatikan kilaunya.

Bila sudah meredup, tampak kusam, teksturnya juga mulai kasar, maka harus segera dipoles dengan cairan pelapis kayu. Dikutip dari Apartment Theraphy, sebelum memoles kayu pastikan Sahabat Dream membersihkannya.

Poles secara berlapis dan berulang agar lapisannya cukup tebal sehingga perlindungan jadi optimal. Setelah itu jemur furnitur hingga kering. Aromanya mungkin akan sangat pekat, sebaiknya taruh di luar rumah hingga aromanya berkurang.

Segera praktikkan di rumah!

5 dari 6 halaman

Pilihan Jenis Cat yang Pas untuk Perbarui Tampilan Furnitur

Dream - Furnitur warna putih atau bernuansa pastel, saat ini sedang sangat digemari. Kesan modern, terang dan ceria bisa didapatkan dengan mengganti warna cat furnitur.

Bila Sahabat Dream berencana untuk mengganti warna cat furnitur, bisa memberi kesan berbeda pada ruangan dalam rumah. Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis cat. Tak semua cat cocok untuk menwarnai ulang furnitur.

" Lapisan cat baru dapat memberikan tampilan yang bersih dan segar pada furnitur. Tetapi penting untuk memilih jenis cat yang tepat untuk menghindari hasil akhir yang tidak rata dan cat terkelupas," kata Hunter Macfarlane, seorang pakar interior.

Berikut beberapa cat yang bisa jadi pilihan saat ingin warnai ulang furnitur agar tampak baru dan modern.

Primer
Setelah mengelupas cat furnitur lama dengan mengampelas atau menggunakan sabut baja, bersihkan dulu semua permukaannya. Setelah itu oleskan dengan cat primer. Ini akan mencegah noda dan simpul keluar melalui lapisan cat baru. Cat primer cepat kering, jadi jangan lewatkan langkah ini dan merupakan cat dasar yang sangat penting. Langkah terbaik adalah mencocokkan jenis primer dengan jenis cat yang akan digunakan; misalnya, gunakan primer lateks dengan cat lateks.

 

6 dari 6 halaman

Cat Lateks

Salah satu cat paling populer untuk furnitur adalah cat lateks. Tersedia dalam berbagai warna dan dapat dicampur dengan warna lain untuk menciptakan warna yang khas.

Cat ini juga tersedia dalam berbagai versi seperti flat, low sheen atau satin, semi-gloss acrylic latex, dan oil-based enamel. Kekurangannya, meskipun mudah dibersihkan dengan sabun dan air, namun cat kemungkinan akan pecah jika berulang kali digunakan secara berlebihan.

Cat Berbasis Minyak
Cat furnitur favorit lainnya adalah yang berbahan dasar minyak. Cat ini dikenal karena daya tahannya dan tidak mudah pecah atau tergores. Keluarga dengan anak kecil sangat pas menggunakan cat furnitur ini karena noda dan tumpahan di cat mudah dibersihkan tumpahan dan noda. Kekurangannya adalah bau menyengat yang ditinggalkannya saat mengering. Bisa memakan waktu hingga satu hari atau lebih hingga aromanya benar-benar hilang. Pastikan untuk menaruh furnitur di ruangan dengan ventilasi yang baik hingga mengering.

Cat Kapur/ Chalk Paint
Chalk pain meninggalkan hasil akhir yang halus dan matte. Untuk membersihkannya juga sangat mudah, cukup menggunakan sabun dan air. Pada cat berbahan dasar kapur, kita harus menggunakan lilin penyegel setelah cat mengering, itu akan melindungi hasil akhir sehingga cat tetap menempel.

Terkait
Join Dream.co.id