Teras Tampak Cerah dengan Permainan Warna Seru

Decor | Selasa, 12 Oktober 2021 12:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Coba terapkan agar teras rumah tak tampak membosankan.

Dream - Teras rumah bisa jadi tempat 'melarikan diri' yang nyaman dan aman selama di rumah. Terutama bagi Sahabat Dream yang banyak melakukan pekerjaan dari rumah.

Bekerja dalam ruangan selama seharian tentunya sangat membosankan, cobalah untuk bekerja di teras. Demi membuat suasana teras jadi lebih menarik, cobalah dekor ulang dengan mengggunakan warna-warna cerah.

 Coba Trik Simpel Bikin Teras Nyaman untuk Bersantai© MEN

Akan sangat sayang jika teras hanya dihias seadanya dan tak memiliki aksen dekorasi yang bisa membangkitkan mood. Tak perlu melakukan perombakan besar, cukup berikan sentuhan warna yang berani atau motif seru.

Teras pastinya akan tampak sangat berbeda dan bisa jadi tempat bersantai atau mungkin area bekerja yang produktif. Apa saja warna yang bisa digunakan untuk membuat teras jadi lebih menarik?

 

Teras Tampak Cerah dengan Permainan Warna Seru
Dekorasi Treras/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Sentuhan Warna

Warna-warna hangat seperti pale yellow atau merah bisa memberi hasil yang menarik. Warna tersebut sangat cocok dengan warna-warna netral pada furnitur outdoor.

 teras© Shutterstock

Warna-warna lembut, seperti off-white atau ivory, menciptakan lebih banyak cahaya. Bisa memproyeksikan kelembutan dan suasana santai. Warna ini sangat kontras dengan bahan seperti kayu atau lantai gelap.

Sentuhan warna cerah seperti fuschia, lime green atau lilac bisa diberikan dengan bantal warna-warni. Cover tempat duduk atau hiasan bungan artifisial. Pastikan saja teras tak terlalu didominasi dengan warna lembut tapi juga ada warna berani yang bisa membangkitkan mood.

Sumber: DecorTips

3 dari 6 halaman

Terima Tamu Lebih Aman di Teras Rumah, Tata dengan Apik

Dream - Sudah lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 berlangsung. Rutinitas berubah drastis dan kita harus melakukan adaptasi secepat mungkin demi melindungi kesehatan pribadi dan keluarga. Salah satunya adalah dalam hal menerima tamu.

Tentu kini kita tak bisa sembarangan bertamu atau menerima tamu. Pasalnya virus tak terlihat, bisa kita yang membawa atau tertular dari orang datang atau kita datangi. Demi keamanan keluarga dan kerabat, coba lakukan penyesuaian dalam hal menerima tamu.

Mulai sekarang, siapkan area depan rumah atau outdoor seperti teras untuk terima tamu. Sahabat Dream bisa menatanya dengan baik. Bila ukurannya tak terlalu luas, cari kursi dan meja kecil yang mudah dibersihkan dan disanitasi.

 Teras© Shutterstock

Taruh juga beberapa dekorasi agar suasana jadi lebih hangat, seperti tanaman atau hiasan dinding. Menerima tamu di area outdoor cenderung lebih aman dalam situasi pandemi seperti sekarang karena udara mengalir lebih baik dan mengurangi risiko penularan jika salah satu orang ada yang terpapar Covid.

Bila di teras terlalu panas atau langsung terkena paparan matahari, pasang tirai outdoor yang bisa menghalangi cahaya. Ada yang terbuat dari bambu atau aluminium, sesuaikan juga warna dan modelnya desain teras agar tampak estetis.

Taruh juga beberapa keperluan standar untuk menerapkan protokol kesehatan di teras. Seperti hand sanitizer, masker dan disinfektan semprot. Bila sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung digunakan tamu atau kita sebagai tuan rumah.

Selalu jaga kesehatan keluarga, Sahabat Dream!

© Dream
4 dari 6 halaman

4 Alasan untuk Bangun Taman Vertikal dalam Rumah

Dream - Keterbatasan lahan kini tak lagi jadi penghambat untuk membuat area hijau di rumah. Dengan hadirnya tumbuhan dalam rumah akan membuat rumah jadi lebih asri dan nyaman.

Cara menyiasatinya adalah dengan membuat taman vertikal. Manfaatkan saja dinding-dinding kosong dan buat penyangga untuk menaruh pot-pot tumbuhan yang mungil.

Bila dinding cukup lebar, Sahabat Dream juga bisa menaruh pohon yang berukuran sedang dan lebih banyak tumbuhan.

Bukan hanya mempercantik rumah, taman vertikal ini memiliki banyak manfaat. Apa saja?

 

5 dari 6 halaman

Kualitas udara yang lebih baik

Bagi kamu yang tinggal di perkotaan, setiap hari berkutat dengan polusi dari asap knalpot kendaraan. Sesampai di rumah jangan sampai tak ada pepohonan, karena kita sangat membutuhkan udara yang bersih dengan pernapasan dan kesehatan yang lebih baik.

Taman vertikal membantu kamu menyediakan udara yang lebih baik. Tumbuhan yang ada akan membantu meningkatkan level oksiden dalam rumah secara alami.

Pemeliharaan yang mudah

Bagi yang tak punya banyak waktu melakukan perawatan, taman vertikal bisa jadi pilihan. Tumbuhan di dinding merupakan jenis yang dibiarkan tumbuh. Biasanya hanya membutuhkan perawatan tiga kali dalam setahun dan mudah pemeliharaannya. Pilih saja jenis tanaman yang tak terlalu rumit perawatannya.

 

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Mengurangi kebisingan

Saat ditempatkan di dalam, dinding hijau dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan. Tanaman di dinding dapat memblokir suara frekuensi tinggi dan struktur yang dibangunnya dapat membantu mengurangi kebisingan frekuensi rendah.

Dinginkan ruangan

Pada bulan-bulan hangat, taman vertikal bisa membantu mendinginkan udara melalui proses evapotranspirasi, yang mengurangi kebutuhan akan pendingin udara. Jadi , tak ada salahnya membuat taman vertikal di rumah, bukan?

Sumber: Home Beautiful

 

Terkait
Join Dream.co.id