Tempatkan Furnitur yang Pas Agar Ruangan Tak Terasa Sesak

Decor | Rabu, 26 Februari 2020 14:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Coba tengok lagi penempatan furnitur di rumah.

Dream - Menaruh kursi, meja, sofa serta furnitur lainnya dalam ruangan memang butuh perhitungan. Jangan sampai ruangan yang terbatas ditaruh furnitur berukuran besar dan membuat penghuninya bahkan sampai sulit berjalan.

Kondisi ini tentunya akan sangat tidak nyaman. Tak hanya itu, jumlah furnitur juga harus diperhatikan. Menurut Emily Henderson, seorang desainer interior, terlalu banyak furnitur di suatu ruangan menyebabkan suasana yang sangat sempit.

" Misalnya, jika memasuki sebuah ruangan dan terdapat kursi berlengan ukuran besar, itu akan membuat ruang terasa tertutup dan memiliki aliran yang buruk," kata Henderson.

 

Tempatkan Furnitur yang Pas Agar Ruangan Tak Terasa Sesak
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Tidak Terlalu Penuh

Ia menyarankan untuk memastikan setiap perabot yang ditempatkan di rumah memiliki cukup ruang untuk 'bernapas'. Maksudnya adalah jangan sampai terlalu padat, sisakan area kosong agar udara bisa mengalir.

Tak perlu harus menaruh beberapa meja dan kursi dalam sebuah ruangan. Secukupnya saja. Pertimbangkan juga area untuk bergerak dan berjalan dalam rumah, jangan sampai mengganggu karena perabot yang berlebihan.

" Hindari juga membuat terlalu banyak belokan atau kita akan membuat sulit untuk melewati atau mengakses fungsi ruangan. Lebih baik jalur di rumah berupa garis lurus," ungkap Henderson.

Untuk membuat tata letak furnitur di rumah lebih pas, sebaiknya buat dulu perencanaan yang baik di ruangan tersebut. Ukur tiap sudutnya, baru kemudian cari furnitur yang pas. Hindari membeli furnitur dulu, baru membuat perencanaan ruang.

3 dari 7 halaman

Trik Mudah Bikin Tampilan Furnitur Jadi Tampak Mahal

Dream - Model dan warna furnitur akan sangat berpengaruh pada tampilan ruangan secara keseluruhan. Untuk itu dalam memilih furnitur, Sahabat Dream harus selektif. Bila mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau, kemaslah furnitur agar tampak terlihat mahal.

Ada beberapa trik yang dibagikan Krystal Sagona, seorang seorang desainer interior, untuk membuat furnitur jadi lebih berkelas. Menurutnya, mulailah dengan memilih warna netral.

" Furnitur klasik selalu memiliki warna yang netral, seperti hitam, abu-abu, cokelat, creme dan warna seputar itu. Cobalah cari sofa atau karpet dengan warna-warna tersebut. Warna ini juga muda dipercantik dengan banyak dekorasi," kata Sagona seperti dikutip dari Home Beautiful.

 

© Dream
4 dari 7 halaman

Hindari Tone Mengkilap

Ia juga menyarankan untuk menghindari material yang mengkilap. Untuk membuat tampilan kayu lebih baru, bisa melapisinya dengan cat kayu yang tidak mengkilap.

" Efek kilap cenderung berkesan kurang elegan, lebih baik pasang dekorasi lain seperti poster unik atau lukisan yang lebih mencuri perhatian," kata Sagona.

Untuk model, lebih baik padukan furnitur modern dan klasik. Hal ini agar ruangan jadi lebih berkarakter. Furnitur klasik yang dominan akan membuat kesan 'oldies', tapi ini bisa diimbangi dengan furnitur yang lebih modern.

5 dari 7 halaman

Suasana Ruang Keluarga Jadi Lebih Segar, Coba 4 Langkah Ini

Dream - Area ruang keluarga jadi tempat utama untuk berkumpul dan menghabiskan waktu. Pastikan suasananya selalu nyaman dan tak membosankan. Biasanya ruangan ini didominasi sofa besar, karpet dan coffee table.

Jika Sahabat Dream merasa ruang keluarga saat ini butuh ditata ulang agar berkesan lebih segar, ada beberapa ide seru yang bisa dicoba. Tak perlu banyak melakukan renovasi, dengan memasukkan unsur berikut, perubahan di ruang keluarga sudah sangat terasa.

Padu padan warna berani

 Padu padan warna© Shutterstock

Jika selama ini selalu memadukan warna yang senada, baik untuk furnitur dan dekorasi, cobalah untuk melakukan tabrak warna. Gunakan warna berani untuk bantal kecil atau karpet. Bisa juga menaruh dekorasi berwarna menyala. Sentuhan warna ceria selalu bisa memunculkan suasana segar

 

© Dream
6 dari 7 halaman

Bingkai pemandangan

Memiliki halaman atau teras dengan tanaman yang subur dan cantik? Saatnya 'membawa' masuk ke ruang keluarga dengan memasang pintu kaca.

Jika memungkinkan, buat pembatas pintu kaca dengan halaman. Dengan begitu, saat di ruang keluarga tetap bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan.

 

7 dari 7 halaman

Gabungan dua gaya

Cobalah untuk memadukan dua gaya interior, misalnya gaya modern dan kontemporer. Dekorasi berupa hiasan dinding, akan sangat berdampak pada suasana ruangan. Pilih yang berdesain unik dan berkarakter.

Terkadang ruang terbaik adalah campuran dari dua gaya yang sedikit berbeda tetapi saling melengkapi. Usahakan untuk menampilkan elemen-elemen dari kedua gaya. Misalnya, jika sofa dan lampu memiliki gaya yang lebih modern, kursi dan tirai bisa pilih yang bergaya kontemporer.

 

© Dream
Join Dream.co.id