Tata Letak Ideal untuk Dapur, Layak Dilirik!

Decor | Selasa, 7 Januari 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Untuk mempermudah pergerakan di dapur, ada lay out atau penataan ideal yang bisa dijadikan panduan saat mendesain dapur.

Dream - Dapur termasuk ruangan yang memiliki aktivitas tinggi, terutama bagi mereka yang memasak setiap hari. Untuk itu penataannya sangat penting mempertimbangkan aspek efektif dan efisien.

Menyimpan makanan, memotong sayur, mencuci bahan makan hingga mengolah dan menyajikan, semua dilakukan di dapur. Bisa menghabiskan waktu satu hingga dua jam untuk menyiapkan hidangan hingga membereskan semuanya.

Untuk mempermudah pergerakan di dapur, ada lay out atau penataan ideal yang bisa dijadikan panduan saat mendesain dapur. Bentuk dapur yang ideal adalah L Shaped.

 

Tata Letak Ideal untuk Dapur, Layak Dilirik!
Desain Dapur (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Mengapa harus memiliki dapur berbentuk L?

Dapur dengan bentuk L memiliki aliran pergerakan yang baik. Bisa mengakomodir semua yang dibutuhkan dan lebih efisien. Secara desain, L Shaped sangat ergonomis yang artinya sesuai dengan tubuh manusia dan kemampuan kognitifnya.

Saat diterapkan pada dapur, desain ini berfokus pada menciptakan area yang cukup nyaman, lebih mudah bergerak, serta lingkungan memasak yang paling efisien dan nyaman.

 

3 dari 7 halaman

Tata Letak

Untuk penempatan, kompor dan kabinet utama bisa diposisikan sesuai dengan kondisi fisik pengguna utama di dapur. Taruh penyimpanan alat masak dan yang paling sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau.

Ukuran dapur, baik kecil, sedang atau besar, L Shaped bisa diaplikasikan di semua tingkat luas dapur. Baik yang bertema modern atau tradisional. Bentuknya juga cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan kebutuhan struktural, seperti langit-langit miring atau jendela besar.

Tak ada salahnya untuk mencoba detail lay out dapur dengan L Shaped, jika ingin merombak dapur secara total.

Sumber: Ideal Home

4 dari 7 halaman

Dapur Selalu Kinclong Bebas Minyak, Ikuti 3 Langkahnya

Dream - Kebersihan dapur jadi hal yang tak boleh ditawar-tawar. Hal ini mengingat seluruh makanan anggota keluarga diolah di dapur. Jika kondisi dapur kotor, kesehatan keluarga jadi taruhannya.

Menjaga kondisi dapur selalu bersih harus jadi kebiasaan dan dilakukan secara rutin. Setelah masak, biasanya kita malas membersihkan dapur karena kelelahan. Sebaiknya saat masakan matang, dapur pun sudah dalam keadaan bersih.

Minyak yang terciprat dari panci atau penggorengan tentunya akan memenuhi dinding, meja dapur hingga lantai. Jika tak segera dibersihkan, kondisi dapur akan sangat kotor, lengket bahkan berbau.

Untuk mempermudah dan mempercepat pembersihan dapur, Sahabat Dream bisa melakukan tiga langkah ini.

 

5 dari 7 halaman

Lakukan bersih-bersih sambil menunggu masakan

Saat memasak di dapur, dibutuhkan beberapa menit untuk masakan matang dengan sempurna. Jeda waktu tersebut bisa diisi dengan mencuci perabot kotor atau membersihkan meja dapur.

Manfaatkan waktu yang minim untuk membuat dapur lebih kinclong. Dengan begitu, setelah masakan matang, dapur pun dalam keadaan bersih kembali.

 

6 dari 7 halaman

Sediakan air hangat

Nah, untuk membersihkan noda minyak yang biasanya mengotori, sediakan air hangat, sabun pencuci piring dan spons. Bersihkan meja dapur dan dinding berminyak dengan formula tersebut.

Sabun cuci piring biasanya memiliki formula pengangkat lemak dan minyak. Cukup efektif untuk membersihkan cipratan minyak.

 

7 dari 7 halaman

Tisu dapur yang tebal

Jangan hanya sediakan lap, tapi juga tisu pembersih sekali pakai. Justru lebih praktis karena kita tidak perlu mencucinya. Lagipula, penggunaan lap juga harus disertai pencucian rutin.

Jika lap tak dicuci maka akan menyebabkan aroma tak sedap. Saat dipakai kembali malah akan membuat kotor. Tisu dapur adalah pilihan tepat.

Join Dream.co.id