Taruh Karya Seni di Sudut Kerja, Rasakan Efeknya

Decor | Senin, 29 Maret 2021 10:02
{IMAGE_NORMAL}

Reporter : Mutia Nugraheni

Coba percantik area kerja di rumah dengan karya seni.

Dream – Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan menerapkan work from home (WFH) bagi karyawannya. Hal ini demi mengurangi risiko penularan dari virus yang bisa mematikan tersebut.

Pandemi yang masih belum usai membuat para karyawan yang bekerja dari rumah merasa jenuh. Nah, untuk menyiasatinya bisa dengan mengubah tampilan sudut kerja. Tambahkan dekorasi ruang kerja dengan art work atau karya seni.

Bisa berupa lukisan, kain etnik, anyaman, poster grafis atau mungkin kaligrafi di tembok area kerja. Apa saja manfaatnya?

1. Jadi inspirasi
Seni dapat memberikan inspirasi, misalnya foto atau karya seni dari suatu tempat yang istimewa. Kate Hammer, seorang pakar interior, menyarankan untuk memilih karya seni yang lebih ceria, sebisa mungkin beda dengan kepribadian pemiliknya.

" Untuk melanjutkan karier dan untuk terus menemukan kesuksesan dan kegembiraan di dalamnya, kamu harus mengambil risiko, dan risiko besar itu dalah kreativitas. Aku butuh pengingat itu agar terus terinspirasi,” ujar Hammer.

2. Motivasi kesuksesan
Menurut studi oleh Harvard Business Review, salah satu kualitas dari tempat kerja yang positif adalah menekankan makna perkerjaan yang dilakukan. Selain sebagai inspirasi pribadi, pilihan dekorasi seni yang tepat dapat mencerminkan tujuan dan kesuksesan orang tersebut.

Suatu karya dapat mewakili suatu kenangan atau kejadian yang mengingatkan seorang dengan kerja keras serta orientasi tujuannya, guna membantu pekerjaan lebih cepat diselesaikan.

 

{IMAGE_PAGING}
2 dari 5 halaman

Redakan Stres dan Mata Lelah

3. Mengatasi mata lelah
Saat bekerja di kantor orang cenderung banyak bergerak dan melakukan perpindahan, sedangkan saat bekerja di rumah akan banyak diam dan menatap layar laptop atau gadget. Melihat layar sepanjang hari dapat menyebabkan kelelahan mata yang parah.

Dengan adanya karya seni di ruang kerja akan mendorong mata untuk istirahat sejenak dari layar. Apalagi bila karya tersebut berdekatan dengan layar kerja kamu, seperti foto, lukisan atau benda dekoratif yang ditaruh di meja kerja. Buatlah ruang kerja terlihat semenarik mungkin dengan karya seni yang dipajang atau ditaruh.

4. Redakan stres
Banyak karyawan yang bekerja dari rumah memiliki kondisi emosi yang lebih buruk daripada di tempat kerja. Oleh karenanya menambahkan karya seni ke ruang kerja mungkin dapat memberikan manfaat pengingkatan suasana hati. Dengan melihat seni dapat memicu area otak, termasuk pusat kesenangan serta tempat memproses emosi.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: BHG

3 dari 5 halaman

Furnitur yang Harus Ada Saat Bikin Area Home Office

Dream - Bekerja dari rumah (remote working) kini jadi solusi yang banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sejak merebanyak virus corona (Covid-19). Hanya dengan laptop dan koneksi internet stabil, ada banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Bahkan untuk rapat atau meeting bisa dengan video conference. Bagi Sahabat Dream yang memiliki tipe pekerjaan fleksibel, pertimbangkan untuk membuat area home office di rumah.

Nah, dalam membuat home office, tentunya ada beberapa furnitur penting yang sangat dibutuhkan. David Flack, desainer interior, dari Flack Studio memberitahu trik penting dalam menata ruang kerja di rumah.

" Tampilan ruang kerja dapat memiliki efek mendalam pada produktivitas. Ada beberapa cara agar kita dapat menciptakan ruang kantor yang terorganisir dan membuat kita bekerja dengan nyaman dan luar biasa," kata David, dikutip dari Homes to Love.

 

4 dari 5 halaman

Area Privat

Hal pertama adalah menentukan area yang bakal dibuat menjadi ruang kerja. Usahakan yang privat, tidak dekat dengan lalu lalang banyak orang dan memiliki pencahayaan yang cukup.

Sudut rumah dekat jendela dengan pemandangan taman atau pepohonan bisa jadi pilihan. Pastikan saja privasi tetap terjaga.

Kedua, pilih furnitur yang efisien. Hal ini snagat penting agar ruang kerja terasa nyaman. Meja berukuran lebar tentunya sangat penting, lalu cari kursi yang benar-benar nyaman. 

" Hindari furnitur dengan banyak detail. Lebih baik yang berdesain tegas, sederhana dan untuk mengurangi kekacauan visual. Bisa juga memilih gaya tertentu, seperti industrial, midcentury atau modern dan tema lain sesuai selera," kata David.

 

5 dari 5 halaman

Penyimpanan dan Dekorasi

Ketiga, sediakan penyimpanan tertutup. Bisa berupa lemari penyimpanan, laci ukuran sedang atau wadah ukuran besar yang bisa ditutup. Usahakan hanya ada laptop di atas meja agar tampak rapi dan nyaman. Keempat, tambahkan dekorasi yang bikin tenang.

" Bisa berupa pohon ukurna besar, lukisan di dinding, karpet bermotif seru, foto-foto indah atau mungkin lilin wangi yang juga cantik," ungkap David.

 

Join Dream.co.id