Tanaman Hias Beraroma Harum, Segarkan Rumah dengan Alami

Decor | Rabu, 17 Februari 2021 16:04
Tanaman Hias Beraroma Harum, Segarkan Rumah dengan Alami

Reporter : Mutia Nugraheni

Pertimbangkan untuk menaruhnya dalam rumah.

Dream - Memiliki rumah yang beraroma harum dapat membantu kita merasa lebih nyaman. Aroma yang menyegarkan kerap membuat semangat, sementara yang lembut bisa memunculkan suasana rileks.

Untuk menghadirkan aroma yang memanjakan hidung di rumah, mungkin selama ini Sahabat Dream menggunakan pengharum ruangan. Memang, lebih praktis dan aromanya lebih tahan lama dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebenarnya ada cara lebih alami dan menyegarkan untuk menghadirkan aroma harum dalam rumah. Taruh saja tanaman hias yang memiliki aroma khas menyegarkan. Tampilannya begitu apik dan memiliki aroma yang wangi. Coba letakkan tanaman berikut dalam rumah.

1. Melati

 Melati
© Pixabay

Tidak semua bunga melati memiliki wangi, namun Jasminum polyanthum merupakan jenis yang banyak ditanam di dalam ruangan. Bunga ini mengeluarkan aroma manis pada malam hari. Simpan jenis melati ini di dekat jendela agar mendapat sinar matahari yang cukup.

2. Gardenia

 Gardenia
© MEN

Tanaman gardenia adalah salah satu yang paling harum. Memang, gardenia cenderung tumbuh subur di luar ruangan, tapi juga dapat hidup di dalam ruangan selama diberi perawatan yang tepat. Letakkan di lingkungan yang tepat, dan dapatkan efek aromatiknya.

 

2 dari 4 halaman

Bisa Juga Menaruh Tanaman Ini

3. Geranium beraroma

 Geranium
© Unsplash

Ada beberapa jenis geranium yang dapat dipilih, masing-masing dengan aroma khasnya sendiri. Ada aroma geranium aprikot, apel, lemon, mint, stroberi, atau wewangian lainnya. Pilih geranium yang sesuai dengan kepribadian dan aromanya disukai.

4. Tanaman sitrus

 Citrus plants
© Pixabay

Tanaman jeruk mengeluarkan aroma manis jeruk, lemon, dan jeruk bali. Jenis tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari, penyiraman konstan, dan tanah pot yang dikeringkan dengan baik.

5. Tea Rose Begonia

 Begonia
© Pixabay

Kebanyakan begonia tidak beraroma, tetapi varietas tea rose begonia memiliki wangi yang ringan dan manis. Tanaman cantik ini bekerja dengan baik jika ditaruh di keranjang gantung atau pot di dekat jendela.

Sumber: Simplemost

3 dari 4 halaman

5 Tanaman yang Memproduksi Oksigen Maksimal

Dream - Udara yang segar di rumah jadi hal yang tak bisa ditawar dalam kondisi sekarang. Kita tak bisa keluar rumah dengan bebas untuk sekadar olaharga atau jalan-jalan, karena pandemi Covid-19.

Bila keluar untuk mencari udara segar, harus memastikan dulu tempat tujuan tidak terlalu ramai atau padat. Bagaimana kalau menghadirkan udara yang segar dalam rumah? Pastinya jauh lebih aman.

Caranya adalah dengan menaruh tanaman-tanaman yang bisa memproduksi oksigen dengan maksimal agar kualitas udara dalam rumah sangat baik. Penasaran apa saja tanaman tersebut?

1. Lidah buaya
Tanaman satu ini ternyata bisa menghasilkan oksigen yang cukup banyak. Cobalah untuk menaruhnya di dekat jendela rumah. Kelembaban pada lidah buaya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan airnya.

2. Bambu
Walaupun tidak membutuhkan tanah, bambu harus ditempatkan di tempat rendah, agar cahaya tidak langsung mengenainya. Kamu bisa memasukkan batangnya ke dalam wadah berisi kerikil dan air. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap dua hingga empat minggu sekali. Batasi pertumbuhannya dengan memberikan penghalang.

 

4 dari 4 halaman

Pertimbangkan 3 Tanaman Ini

3. Begonia

 Begonia
© Pixabay

Begonia harus ada pada suhu lembap dan tampaknya kamar mandi adalah salah satu lokasi terbaik untuk meletakkannya. Tanaman ini cocok pada kelembapan kamar mandi dan lebih baik lagi jika diberi pencahayaan dari lampu fluorescent.

4. Boston Fern

 Boston Fern
© Pixabay

Pakis Boston berasal dari hutan hujan sub-tropis dan tropis. Tanaman ini membutuhkan banyak cahaya tidak langsung dan akan bertumbuh dengan baik apabila ditempatkan di tepi jendela. Pastikan bahwa tanah dalam keadaan lembap selama bulan-bulan pertumbuhan, dan pada suhu ruangan antara 55 dan 75 derajat celcius agar tumbuh subur.

5. Cast Iron Plan

 Cast Iron Plan
© Shutterstock


Daunnya yang lebar dan panjang ini sangat cantik bisa ditaruh di dalam ruangan seperti kamar mandi, dan tanaman ini juga bertahan dalam kondisi minim cahaya, panas yang ekstrem, dan tidak perlu sering disiram.

Laporan: Yuni Puspita dewi

Join Dream.co.id