Sumber Bakteri di Ruang Keluarga, Pastikan Bersihkan dengan Rutin

Decor | Kamis, 19 Desember 2019 09:16

Reporter : Mutia Nugraheni

Kondisi ruang keluarga harus dibuat senyaman dan sebersih mungkin

Dream - Ruang keluarga merupakan sumber kehangatan dari rumah. Tempat berkumpul, berbincang dan bercengkrama. Tak jarang kita menghabiskan malam hingga tertidur di ruang keluarga.

Sumber hiburan dan kenyamanan, seperti televisi, video game, sofa empuk dan karpet lembut, biasanya ada di ruangan tersebut. Terkadang kita juga lebih suka melakukan aktivitas bersantai, membaca bahkan makan di ruang keluarga.

Untuk itu, kondisi ruang keluarga harus dibuat senyaman dan sebersih mungkin. Lakukan pembersihan secara rutin. Ruang satu ini kerap dipenuhi dengan bakteri dan virus yang bisa mengancam kesehatan anggota keluarga. Terutama barang-barang berikut yang diketahui jadi yang paling kotor di ruang keluarga.

 

 

Sumber Bakteri di Ruang Keluarga, Pastikan Bersihkan dengan Rutin
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 8 halaman

Remote Control

Benda ini jadi yang paling sering dipegang dalam kondisi jari bersih maupun kotor. Terdapat banyak celah di remote yang membuat debu dan kotoran mudah masuk. Apalagi jika kondisi remote lengket dan lembap.

Tentunya bakteri bakal dengan mudah berkembang biak. Untuk itu selalu bersihkan remote minimal satu kali dalam seminggu. Bisa menggunakan lap microfiber.

 

3 dari 8 halaman

Bantal duduk

Bantal kecil di sofa tentunya membuat kita lebih nyaman. Bisa untuk alas kepala atau sekadar dipeluk saat menonton televisi. Biasanya bantal ini jarang sekali dicuci. Terkadang kondisinya sampai sangat kotor dan mengeluarkan aroma tak sedap.

Bersihkan bantal sofa secara teratur. Terutama setelah banyak tamu datang, karena pastinya akan sangat kotor. Jangan biarkan bantal malah jadi sarang penyakit.

 

4 dari 8 halaman

Kain pelapis

Mebel berlapis terpapar begitu banyak kotoran. Mulai dari tangan yang kotor, kaki, belum lagi remahan makanan dan tumpahan minuman. Kain pelapis ini juga terasa sangat berminyak saat sudah sangat kotor.

Pastikan mencuci kain pelapis yang biasanya melindungi sofa, seprai atau kursi ini. Untuk mengangkat minyaknya, rendam dulu dengan campuran sabun pencuci piring dan air hangat. Setelah direndam 1 jam, cuci dengan bersih.

 

5 dari 8 halaman

Area di bawah sofa

Bagian bawah sofa cenderug sangat jarang dibersihkan. Tumpukan debu di dalamnya padahal sangat banyak. Sesekali geser sofa dan bersihkan area bawahnya. Sapu dan pel hingga bersih.

6 dari 8 halaman

Segera Bersihkan Jamur dan Lumut, Demi Rumah Selalu Sehat

Dream - Perhatikan kondisi ruangan di rumah yang dipenuhi jamur dan lumut. Segera bersihkan, jangan sampai kondisinya malah bertambah banyak. Banyak yang menganggap kalau pertumbuhan jamur dan lumut bukan masalah besar.

Padahal, keduanya bisa memicu masalah pernapasan. Terutama mereka yang memiliki kecenderungan alergi. Tak hanya itu, keduanya juga bisa membuat besi karat hingga memicu keracunan.

" Jika bisa mencium bau jamur, itu mungkin berada di level yang berbahaya, jadi carilah sumbernya dan segera bersihkan," kata Dee Carter, seorang ahli mikrobiologi.

7 dari 8 halaman

Bahaya saat mengeluarkan spora

Jamur menjadi masalah ketika tumbuh di level, sudah mengeluarkan spora dan bahan kimia yang mudah menguap. Hal ini menurut Dee dapat menyebabkan alergi dan penyakit imun lainnya.

Jamur dapat tumbuh di berbagai tempat dan sangat sulit untuk dibersihkan. Untuk mengindetifikasi adanya jamur, biasanya ketika tumbuh akan meninggalkan noda hitam, cokelat, atau hijau.

Sedangkan lumut, adalah spesies dari jamur yang mengeluarkan bau tak sedap. Kebanyakan dari lumut, tumbuh di dalam kamar mandi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh di tempat lain seperti, ventilasi udara dan bagian rumah yang lembab.

8 dari 8 halaman

Jaga kelembapan

Kunci utama untuk mencegah jamur adalah menjaga kelembaban suhu udara. Penting untuk melakukan pemeliharaan rutin, terutama di sutu rumah tempat keluarnya air.

" Perbaiki pipa yang bocor, keran yang menetes, atap bocor atau pondasi yang retak," ujar pembersih jamur profesional, Penny Tralau, seperti dikutip dari Homes to Love.

Jamur sangat menyukai tempat yang lembap, oleh karena itu bak cuci piring dan wastafel harus dibersihkan secara rutin dan dikeringkan. Termasuk plafon, aliran AC, kamar mandi, dapur, kulkas, lemari, dan tempat cuci baju.

Singkirkan dengan Cuka

Sebelumnya, cara ampuh untuk membersihkan jamur adalah menggunakan pemutih. Namun, untuk mengurangi paparan kimia, membersihkan dengan cuka sangat direkomendasikan.

Cuka akan membunuh jamur yang terlihat maupun tidak terlihat. Dee mengungkapkan bahwa cuka memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membunuh jamur. Cuka merupakan bahan yang aman untuk digunakan di mana saja termasuk dapur dan harganya sangat terjangkau.

Sebelum membersihkan jamur, pastikan diri terlindungi. Gunakan masker dan sarung tangan saat membersihkannya. Untuk membersihkan di dalam kamar mandi, Dee merekomendasikan mencampur cuka dan air lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprot area yang berjamur dan biarkan selama 10-20 menit.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

Join Dream.co.id