Sudut di Kulkas yang Harus Dibersihkan Agar Tak Berbau

Decor | Rabu, 16 Oktober 2019 08:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan lupa, berbagai jenis bahan makanan dan minuman tersebut memiliki aromanya sendiri-sendiri.

Dream - Kulkas selalu jadi andalan sebagai tempat penyimpanan makanan baik mentah maupun matang. Suhu dingin dapat mematikan bakteri penyebab bau pada makanan mati sementara sehingga dapat memperpanjang umur makanan.

Berbagai jenis bahan makanan dan minuman dapat diawetkan dalam kulkas, seperti sayuran, daging, soda, kecap, dan lain-lain. Namun jangan lupa, berbagai jenis bahan makanan dan minuman tersebut memiliki aromanya sendiri-sendiri.

Hal tersebut menimbulkan campuran bau yang menyengat di dalam kulkas. Selain itu, kulkas akan menjadi kotor akibat tetesan air yang berasal dari makanan dan minuman di dalamnya.

Penting untuk membersihkan kulkas secara rutin sehingga kesegaran makanan dan minuman tetap terjaga. Dikutip dari RealSimple, berikut sudut di kulkas yang harus rutin dibersihkan

Sudut di Kulkas yang Harus Dibersihkan Agar Tak Berbau
Lemari Es (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Tempat penyimpanan es

Minum soda dengan es batu di siang hari yang panas dapat membuat tenggorokan menjadi segar. Namun Sahabat Dream harus memperhatikan kebersihan tempat penyimpanan es batu agar tetap bersih.

Kosongkan tempat es terlebih dahulu, karena pada dasarnya es batu mampu menyerap bau. Kemudian, cuci tempat penyimpanan es batu dengan air hangat dan sabun yang dicampur dengan scrub.

 

3 dari 6 halaman

Pintu, rak dan karet

Tak jarang kita menemukan kulkas berantakan dan kotor dengan berbagai remahan makanan yang terjatuh di dalam kulkas. Untuk membersihkannya, singkirkan dulu remahan makanan. Kemudian, lap bersih dengan dua sendok makan baking soda yang dicampur ke dalam satu liter air.

 

4 dari 6 halaman

Kulkas bagian luar

Jika sudah membersihkan seluruh bagian dalam kulkas, saatnya untuk membersihkan bagian luar, seperti bagian bawah, ventilasi, dan juga kumparan kulkas. Perhatikan bagian bawah kulkas.

Mungkin tidak sadar ketika membersihkan kulkas bagian bagian dalam terdapat remahan makanan yang jatuh ke bagian bawah kulkas. Kita harus membersihkannya dari debu dan remahan makanan yang jatuh. Jangan lupa bersihkan kumparan dan ventilasi kulkas yang terletak di bagian belakang kulkas.

 

5 dari 6 halaman

Dinding Kulkas

Meski tidak terkena remahan makanan, kebersihan bagian luar kulkas tetap perlu diperhatikan sehingga kulkas bersih sempurna. Bagian luar yang dimaksud adalah dinding bagian luar pada kulkas. Terkadang bagian kulkas terdapat noda atau bercak yang membuat tampilan luar kulkas tidak apik.

Ambil kain basah yang sudah diberi sedikit sabun, kemudian cuci bagian luarnya. Jika kulkas anda terbuat dari stainless steel sebaiknya gunakan sabun dan alat pembersih khusus agar stainless steel kembali mengkilat.

Laporan Vinsensia/ Sumber: Liputan6.com

6 dari 6 halaman

Tips Marie Kondo, Kosongkan Kulkas 30% Demi Penyimpanan Efektif

Dream - Kulkas jadi barang di rumah yang isinya kerap membuat 'sakit kepala'. Berbagai bahan makanan ada di dalamnya, mulai dari telur, susu, daging, nugget, sayur dan masih banyak lagi masuk dalam kulkas.

 Tips Marie Kondo, Kosongkan Kulkas 30% Demi Penyimpanan Efektif
© MEN

Jika tak ditata dengan baik, bahan makanan kerap terlupa lalu membusuk dan terbuang percuma. Belum lagi risiko keamanan makanan. Biasanya, kulkas yang berantakan juga jarang dibersihkan.

Marie Kondo, pakar penataan rumah asal Jepang yang terkenal dengan Konmari Method, punya trik khusus untuk menata kulkas. Salah satunya adalah memastikan ada tiga puluh persen ruang kosong di dalamnya. Cari tahu caranya.

1. Sortir makanan dan minuman

Sediakan waktu selama satu jam untuk menyortir makanan dan minuman yang ada di kulkas. Beberapa makanan, terutama yang ada dalam kemasan seringkali tak kita sadari ternyata sudah kedaluwarsa.

Akan sangat baik jika Sahabat Dream bisa mengeluarkan semuanya. Hal ini untuk melihat secara detail apakah makanan dan minuman di dalamnya masih layak di konsumsi.

2. Bersihkan

Tumpahan kuah, susu, minuman atau gula kerap mengotori alas dan menjadi lengket serta kotor. Penting diketahui, meskipun kulkas selalu dalam keadaan tertutup, tapi pasti banyak kotoran di dalamnya yang terbawa dari makanan.

Terutama berasal dari sayuran atau buah mentah. Untuk itu bersihkan secara teratur menggunakan lap basah. Pastikan alasnya tidak ada bekas noda yang lengket hingga membeku.

3. Kosongkan 30%

Ini juga tak banyak diketahui, jangan memenuhi kulkas dengan terlalu banyak makanan dan minuman. Sisakan juga area sebanyak 30%. Fungsinya adalah untuk menaruh makanan sisa atau minuman.

Sumber: Martha Stewart

Join Dream.co.id