Sofa Warna Marun, Tonjolkan Suasana Elegan

Decor | Jumat, 13 November 2020 08:03
Sofa Warna Marun, Tonjolkan Suasana Elegan

Reporter : Mutia Nugraheni

Sofa warna merah dengan tone lembut bisa membawa suasana berbeda dalam sekejap dalam ruangan.

Dream - Elegan tidak berarti harus berlebihan. Terutama di ruang keluarga di mana sofa jadi furnitur yang paling jadi fokus perhatian. Untuk mendapatkan kesan elegan, bagaimana kalau memilif sofa warna marun?

Mungkin selama ini sofa yang dipilih cenderung berwarna neteral. Seperti hitam, abu-abu, cokelat atau cream, bahkan putih. Sesekali tengoklah sofa dengan warna marun.

Sofa warna merah dengan tone lembut bisa membawa suasana berbeda dalam sekejap dalam ruangan.

Sofa marun, dikutip dari DecorTips memperkaya interior dengan gaya yang lebih halus. Pertimbangannya, ini bukan warna yang mencolok namun secara visual membuat nyaman. Hal ini secara psikologis membuat ruangan jadi lebih nyaman dan berkesan hangat.

 

 

2 dari 6 halaman

Apa yang Harus Dipertimbangkan?

- Ukuran atau format tidak menjadi masalah, hal yang penting adalah pengaruhnya terhadap ruangan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah aspek beludru yang dimiliki. Bahan yang paling tepat untuk warna ini adalah linen, kulit imitasi, dan kulit.

- Kehangatan adalah salah satu kualitas utama. Meski agak gelap dan kusam, sofa membantu membuat suasana lebih damai. Namun, dekorasi di sekitarnya harus bernuansa terang agar menonjol

- Aspek penting lainnya adalah persepsi psikologis yang ditawarkan oleh warna merah marun. Warna ini menghasilkan tingkat ketenangan tertentu dan meningkatkan sofa sebagai barang yang nyaman dan menyenangkan.

3 dari 6 halaman

Perawatan Sofa Hanya 15 Menit, Dijamin Bikin Kinclong

Dream - Sofa jadi salah satu furnitur favorit di rumah. Saat kumpul keluarga, sofa selalu jadi 'sasaran' utama sebagai tempat berkumpul. Untuk itu kebersihannya harus selalu dijaga.

Jangan sampai sofa jadi kotor, terasa lengket dan berbau tak sedap. Demi menjaga kenyamanan dan kebersihan sofa, perawatan dan pembersihan rutin harus dilakukan setiap pekan.

Bukan perawatan yang rumit, tapi pembersihan sederhana yang bisa menjaga sofa selalu nyaman diduduki. Simak saja langkah mudahnya, hanya butuh waktu maksimal 15 menit.

 

4 dari 6 halaman

Isap Debu dengan Vakum

Mulailah dengan membersihkan debu-debu halus dengan vakum. Angkat bantal dan isap debu di sofa. Jika terdapat kain pelapis, buka dulu kainnya. Jangan lupa isap hingga ke lapisan terdalam. Gunakan ujung pengisap yang runcing.

Lakukan pengisapan debu selama sekitar 5 hingga 7 menit. Pastikan debu di seluruh permukaan sofa terangkat dengan maksimal.

 

5 dari 6 halaman

Bersihkan noda

Ada saja noda yang menganggu pada sofa kesayangan. Biasanya tumpahan makanan dan minuman yang berwarna, seperti kopi dan teh. Jika tak segera dilap dan dibersihkan, noda biasanya akan sangat sulit hilang.

Cobalah gunakan formula pembersih sofa. Cari yang sekali semprot dan sediakan lap bersih. Lap hingga noda samar atau menghilang. Setelah itu keringkan lagi menggunakan vakum.

Sesekali, angin-anginkan sofa agar tidak lembap dan berbau. Pastikan jangan menaruhnya di bawah sinar matahari langsung.

6 dari 6 halaman

Pertanda Sofa di Rumah Harus Segera Diganti

Dream - Sofa jadi furnitur wajib dalam rumah. Bukan hanya sebagai tempat untuk bersantai dan bercengkrama anggota keluarga, tapi juga membuat ruangan jadi lebih hangat. Tak heran kalau sofa cenderung jadi spot favorit di ruang keluarga.

Sofa digunakan setiap hari, belum lagi anak sering melompat-lompat di atasnya. Sering juga terkena tumpahan makanan dan minuman. Hal tersebut tentu saja membuat sofa 'umurnya' jadi pendek.

Biasanya sofa bisa digunakan hingga 10 tahun, tapi umurnya bisanya hanya 6 hingga 7 tahun. Ada tanda yang terlihat jelas saat sofa perlu diganti dengan yang baru. Apa saja?

Tak lagi sesuai dengan ruangan

Saat membeli sofa pertama kali biasanya dipilih yang berukuran besar agar semua anggota keluarga bisa mendudukinya di saat bersamaan. Namun ketika anak-anak sudah semakin besar, mereka jarang di rumah atau lebih suka bersantai di atas karpet lantai.

Ganti sofa dengan yang lebih kecil dan rangkanya tak terlalu memakan tempat agar ruang lebih efisien. Bisa juga sofa di rumah ternyata terlalu kecil untuk ruangan yang cukup besar. Bisa menambahkan atau menggantinya dengan yang lebih besar.

 Terdengar bunyi

Saat diduduki muncul suara 'krak', 'nyitnyit' atau seperti ada nyaris patah. Bunyi-bunyian tersebut merupakan tanda kalau struktur sofa sudah mengalami kerusakan. Dalam hitungan bulan bisa saja sofa menjadi jebol. Jadi, sebaiknya segera ganti dengan yang baru atau lakukan perbaikan.

Busa sofa mengempes
Tentunya sangat tak nyaman menduduki sofa dengan busa yang sudah sangat tipis karena mengempas dan dimakan waktu. Apalagi sampai terasa bagian rangka yang keras. Jika sudah demikian, pertanda sofa lama harus segera diganti. Bisa dengan mengganti busa atau mengganti dengan sofa baru.

Sumber: The Spruce

Join Dream.co.id