Siasati Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Biar Tak Pengap

Kamar Mandi (Foto: Shutterstock)
DECOR  |  9 Oktober 2020 08:05

Ada beberapa hal yang bisa jadi solusi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Ventilasi sangat penting di tiap ruangan dalam rumah. Sayangnya, tak semua area di rumah memungkinkan untuk dibuat ventilasi. Kamar mandi misalnya, ada yang letaknya di bawah tangga dekat ruang keluarga.

Tentunya sulit untuk membuat ventilasi. Kamar mandi merupakan area yang setiap hari terpapar air dan sangat lembap. Lalu bagaimana menyiasati kelembapan tanpa ventilasi? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Kamar mandi kering dan basah terpisah
Hal ini bertujuan agar tak semua lantai kamar mandi basah dan menjaga kamar mandi tetap bersih dan minim kelembapan. Bisa memasang tirai pada area shower yang digunakan untuk mandi. Sementara itu, area yang berdekatan dengan kloset dan wastafel dibiarkan tetap kering saja. Cara ini cocok untuk kamar mandi tanpa ventilasi agar selalu nyaman.

2. Pasang exhaust fan
Hal ini bertujuan untuk mengatasi bau yang terjebak di kamar mandi dan menetralkan sirkulasi udara. Exhaust fan akan menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi tetap lancar sehingga menghalangi bau yang terjebak.

Alat ini juga akan membuat kamar mandi tak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Akan lebih efektif lagi jika menggunakan heater atau alat pengering agar kamar mandi tak selalu basah.

 

Selanjutnya : Tanaman dan Penyerap Lembap
Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Atta Halilintar Tersandung Ucapan Soal Suami
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :