Sekat Manis Tak Kaku yang Bisa Diterapkan di Rumah

Decor | Kamis, 12 November 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Ada beberapa alternatif untuk memberi kesan transisi pada ruangan tanpa harus menggunakan sekat solid seperti dinding.

Dream - Sekat berfungsi untuk membagi tiap ruangan. Biasanya untuk membuat sekat dibangun dinding yang kaku dan tegas. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat sekat, tak harus selalu dinding.

Ada beberapa alternatif untuk memberi kesan transisi pada ruangan tanpa harus menggunakan sekat solid seperti dinding. Ruangan jadi tampak hangat, unik dan menarik. Bagi Sahabat Dream yang mencari alternatif sekat, beberapa hal berikut mungkin bisa jadi pilihan.

1. Sekat Transparan
Terdapat beberapa alternatif penerapan saat akan menggunakan sekat transparan ini. Seperti rak buku dengan jarak antar rak yang besar dan dapat diakses dari dua arah, papan menggantung horizontal, atau rak dengan lubang bukaan di dua sisi.

Hal ini tentu akan dapat digunakan untuk dua ruang yang berbatasan, atau dengan pemakaian kaca dengan kusen tipis agar kesan transparansi tetap konsisten. Dengan penggunaan sekat transparan ini cukup menjadi pertanda transisi antar ruang yang jelas.

 

Sekat Manis Tak Kaku yang Bisa Diterapkan di Rumah
Partisi/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

2. Penggunaan Motif dan Tinggi Langit-langit

Ruang yang berada dalam satu level ketinggian dapat menciptakan transisi ruang yang lebih natural. Permainan motif dan perbedaan ketinggian langit-langit menjadi pilihan yang tepat untuk membuat ruang tetap terbuka luas dengan karakter setiap ruang yang berbeda. Penerapan ruang dengan ketinggian langit-langit ini memberikan kesan terbuka dan nyaman jika digunakan oleh banyak orang.

 

3 dari 6 halaman

3. Perbedaan Ketinggian

Mengaplikasikan sistem perbedaan level lantai dapat diterapkan juga. Tentu, hal ini bertujuan untuk untuk memberikan batas ruang tanpa menggunakan pembatas ruang pandang. Tampak sekali, ruang yang berdekatan dapat tetap harmonis dan berhubungan, namun privasi aktivitas antar ruang masih dapat terjaga. Perbedaan level lantai ini tentu tidak didesain ekstrim, satu level perbedaan lantai cukup menggunakan ukuran sekitar 10-15 cm.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 6 halaman

Penataan Ruang Kerja 'Darurat' di Rumah yang Bisa Bangkitkan Kreativitas

Dream - Terkadang, sulit menemukan motivasi untuk mulai bekerja. Terutama selama bekerja di rumah saat pandemi. Kamar tidur, dapur, ruang makan, atau ruang tamu bisa jadi kantor dalam situasi seperti sekarang.

Sayangnya, kreativitas atau produktivitas kerap menurun selama bekerja di rumah. Saat di kantor banyak sekali stimulasi ide seperti bahan bacaan, diskusi dengan teman satu divisi atau hal lain yang membuat kita lebih mudah menelurkan ide-ide.

Saat di rumah, bagaimana kalau menata ruang kerja khusus yang bisa menstimulasi kreativitas. Bagaimana caranya? Yuk cari tahu.

Furnitur mengkilap
Jika memiliki sudut kerja darurat di rumah yang tak terlalu luas, cobalah pilih furnitur yang mengkilap atau berfurnish putih. Efeknya seperti cermin, permukaan mengkilap akan memberikan ilusi ruangan yang lebih besar dan lebih terbuka. Hal ini akan berdampak kesenangan dan semangat. Berikan sentuhan karpet warna-warni agar suasana ruang kerja jadi lebih menyenangkan.

 

5 dari 6 halaman

Hadirkan tumbuhan

Sentuhan alam akan selalu memberikan efek tenang dan bisa menyegarkan pikiran. Pertimbangkan untuk menaruh beberapa tanaman di sudut kerja. Bisa menaruh tanaman besar di ujung ruangan atau tumbuhan mini di meja kerja. Tanaman gantung di dinding juga bisa jadi pilihan.

Warna Berenergi

Memanfaatkan psikologis warna juga bisa dilakukan. Seperti dinding fuchsia yang cerah, biru pastel atau menaruh beberapa poster atau karya senin kontemporer di area kerja. Dekorasi unik penuh warna biasanya cukup membantu membangkitkan kreativitas.

 

 

6 dari 6 halaman

Ubah tata letak

Sudah berbulan-bulan bekerja di rumah selama pandemi, pastinya merasa sangat jenuh. Cobalah rutin mengubah posisi meja agar pemandangan dan suasana jadi berbeda. Bisa juga pindah ke area lain. Pindah area kerja bisa cukup bisa membantu rasa bosan dan menstimulasi kreativitas.

Sumber: House Beautiful

Terkait
Join Dream.co.id