Salah Pakai, Produk Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Beracun

Decor | Rabu, 17 Maret 2021 16:04
Salah Pakai, Produk Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Beracun

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan menggunakan secara tepat dan tak berlebihan agar tak keracunan.

Dream - Berbagai produk untuk kebutuhan rumah kita gunakan sehari-hari. Ternyata tak semua produk aman untuk digunakan. Beberapa produk butuh perlakuan atau penggunaan khusus.

Hal tersebut karena jika salah digunakan malah bisa membahayakan. Sahabat Dream mungkin kerap menggunakan produk-produk berikut. Pastikan menggunakan secara tepat dan tak berlebihan agar tak keracunan

1. Aluminium foil
Barang rumah tangga yang praktis ini mungkin memiliki efek kesehatan yang berbahaya karena partikel aluminium dapat berpindah ke makanan. Menurut sebuah penelitian, terutama saat makan makanan yang dibungkus dengan aluminium foil, kita mungkin mengonsumsi tawas lebih tinggi dari yang direkomendasikan. Efek kesehatan dari makan terlalu banyak tawas dalam makanan berkaitan dengan penyakit Crohn. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya.

2. Wajan antilengket
Peralatan dapur ini praktis dan menghemat banyak waktu kita untuk membersihkan. Ternyata lama-kelamaan penggunaan wajan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Hal ini karena wajan dilapisi dengan bahan kimia polifluoroalkil (PFC), yang dapat melepaskan gas dan bahan kimia beracun saat dipanaskan. Penelitian telah menemukan bahwa PFC dapat masuk ke makanan dari wajan anti lengket, serta dari kemasan makanan.

 

2 dari 4 halaman

Wadah dan Pengharum ruangan

3. Wadah plastik
Wadah penyimpanan plastik berguna untuk membawa makan siang. Sayangnya, wadah tersebut juga dapat melepaskan bahan kimia berbahaya ke dalam makanan jika menggunakan microwave untuk memanaskannya. Bahan kimia ini disebut BPA (bisphenol A).

Memanaskan kotak plastik di microwave bisa jadi membuat makanan lebih banyak terpapar BPA. Bila berlebihan, bisa berdampak padan efek kesehatan yang serius seperti kanker, infertilitas, diabetes, dan obesitas.

4. Pengharum ruangan
Kita semua menyukai penyegar udara yang membuat aroma rumah jadi lebih harum. Setiap hari menghirup penyegar udara kimia tak baik untuk kesehatan. Lebih baik gunakan bahan alami, seperti lemon atau menaruh bunga segar dalam rumah.

3 dari 4 halaman

Cara Simpel Disinfektan Perabot Rumah Tanpa Merusaknya

Dream - Kondisi pandemi membuat kita harus ekstra ketat dalam menjaga kebersihan rumah. Terutama setelah beraktivitas di luar dan kembali rumah, juga jika rumah ada anak kecil, bayi atau lansia yang kesehatannya perlu dijaga.

Disinfektan harus dilakukan secara rutin. Terutama di bagian rumah yang selalu dipegang banyak orang dan berbatasan langsung di area luar. Proses disinfektan tentunya menggunakan cairan khusus agar kuman, virus dan bakteri bisa mati.

Sayangnya, beberapa cairan disinfektan bisa merusak perabot rumah tangga. Seringkali kita melakukan kesalahan saat memilih formula pembersih. Beberapa sangat keras dan merusak permukaan, sementara yang lain tidak menghilangkan kuman dan pada saat yang sama dapat merusak.

Saat memilih produk disinfektan harus kandungan di dalanya. Misalnya, apa yang digunakan untuk disinfektan kayu tidak sama dengan yang digunakan pada material ubin. Masing-masing memiliki beberapa karakteristik yang perlu dipahami untuk menghindari potensi kerusakan.

 

 

4 dari 4 halaman

Formula

Berikut bisa dijadikan panduan untuk memilih disinfektan yang tepat agar perabot tak rusak.

Pemutih 
Merupakan zat yang dianggap terbaik untuk menghancurkan virus, bakteri dan kuman. Gunakan pemutih untuk permukaan yang kedap air seperti keramik, logam, batu, batu bata, dan plastik. Sangat penting menggunakan sarung tangan untuk mencegah kerusakan pada kulit dan tidak mencampurkannya dengan formula lain.

Baking soda
Perabot yang terbuat dari kain seperti tirai, bantal, permadani, perlu dicuci dengan deterjen dan soda kue. Setelah dicuci, jemur di bawah sinar matahari karena sinar ultraviolet memiliki sifat disinfektan. Jangan pernah mencampurnya dengan pemutih atau amonia.

Vinegar
Untuk bagian lantai bisa menggunakan campuran air hangat dan vinegar. Bisa juga pakai pembersih lantai yang mengandung disinfektan. Setelah dipel, tunggu hingga kering.

Sumber: Decor Tips

Join Dream.co.id