Salah Besar, Jangan Singkirkan Debu dengan Lap Kering

Decor | Kamis, 25 Juni 2020 14:02
Salah Besar, Jangan Singkirkan Debu dengan Lap Kering

Reporter : Mutia Nugraheni

Ada cara yang lebih efektif untuk singkirkan debu di rumah.

Dream - Debu yang menumpuk di berbagai perabot rumah memang sangat menyebalkan. Terutama jika rumah Sahabat Dream dekat jalan dan banyak terdapat ventilasi udara. Debu akan mudah menumpuk dan harus sering dibersihkan agar tak memicu masalah kesehatan.

Selama ini bagaimana kamu membersihkan debu? Hindari menggunakan kemoceng atau lap kering. Dua alat ini kerap digunakan padahal sangat tidak efektif membersihkan debu. Saat menggunakannya, hanya memindahkan debu saja dan membuatnya malah menyebar ke penjuru ruangan.

Sebaiknya dihindari menggunakan lap kering. Ada dua alat yang bisa diandalkan untuk membersihkan debu di permukaan secara efektif. Abe Navas, general manager Emily's Maids, sebuah layanan kebersihan yang berbasis di Dallas, memberikan triknya.

 

2 dari 6 halaman

Coba Dua Cara Ini

" Untuk pembersihan debu cepat, dapat menggunakan alat yang mungkin sudah dimiliki di rumah. Selalu stok kain lap microfiber di rumah dan basahi sedikit. Setelah itu lap permukaan yang penuh debu. Bahan microfiber akan mengangkat debu dengan optimal," kata Navas, seperti dikutip dari TheKitchn.

Kamu juga bisa menyemprot kain lap dengan produk dusting polish, semprotan pelapis furnitur ini banyak dijual di pasaran. Bukan hanya mengangkat debu, furnitur pun jadi lebih mengilap. Cocok untuk membersihkan furnitur kayu.

Pekerjaan pun jadi lebih praktis. Segera coba di rumah!

3 dari 6 halaman

4 Trik Bersihkan Rumah Secara Cepat

Dream - Membersihkan rumah identik dengan waktu beres-beres yang lama dan melelahkan. Sebenarnya tak selalu demikian, jika kita menerapkan beberapa trik.

Rumah kita bisa lebih bersih dalam waktu cepat. Sahabat Dream mungkin kerap membersihkan rumah pada akhir pekan saat libur.

Padahal di momen libur harusnya kita beristirahat. Nah, untuk lebih hemat waktu, tak ada salahnya untuk mencoba empat cara ini.

1. Menjaga segala sesuatunya tetap teratur
Lebih mudah untuk membersihkan rumah jika semuanya ada di tempatnya. Untuk melakukan itu, seluruh anggota keluarga harus terbiasa menyimpan barang pada tempatnya setelah menggunakannya. Setelah makan langsung cuci piring, setelah mandi langsung taruh pakaian di tempat cuci dan gantung handuk.

Dengan menempatkan sembua barang pada tempatnya akan menghemat waktu beres-beres. Kita pun tidak membuang waktu hanya untuk membereskan barang yang tidak pada tempatnya.

 

4 dari 6 halaman

2. Bersihkan debu dengan lap basah

Kamu tidak dapat mencegah debu menumpuk di furnitur atau di sudut rumah. Bahkan jika kita bersihkan setiap hari, debu akan selalu ada. Nah untuk membersihkan debu secara cepat, lakukan dengan lap basah. Bisa juga menggunakan lilin pada furnitur untuk mencegah debu dan partikel lainnya menumpuk terlalu banyak.

 

5 dari 6 halaman

3. Bersihkan jendela secara berkala

Meskipun membersihkan jendela kaca dan cermin cukup memakan waktu, tak perlu dibersihkan sesering mungkin. Lakukan saja satu kali dalam seminggu. Jangan sampai membersihkan satu kalai sebulan karena kotoran akan semakin sulit dibersihkan.

Cara terbaik untuk membersihkan jendela adalah pertama-tama menyeka dengan kain dan air sabun yang hangat. Setelah itu, keringkan dengan koran bekas. Jendela pun bersih dalam sekejap.

 

6 dari 6 halaman

4. Fokus pada pembersihan kamar mandi dan dapur

Membersihkan rumah kita bukan pekerjaan yang rumit, tetapi memang membutuhkan tingkat konsentrasi tertentu. Hal ini terutama berlaku untuk area di mana bakteri ada setiap saat. Tentu saja, kamar mandi dan dapur.

Bila tak punya tenaga dan waktu untuk membersihkan seluruh rumah, ada dua area yang harus diprioritaskan yaitu kamar mandi dan dapur. Bersihkan dulu dua ruangan tersebut. Jika masih ada waktu, baru bersihkan lantai seluruh ruangan. Sapu dan pel agar lantai bersih karena efeknya pada seluruh rumah.

Sumber: DecorTips

Join Dream.co.id