Rutin Pindahkan Tanaman ke Pot Baru, Bikin Makin Segar

Merawat tanaman/ Shutterstock
DECOR  |  30 September 2020 14:04

Jangan biarkan tanaman yang sudah besar tetap berada di pot ukuran kecil.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Tanaman hias membutuhkan penanaman kembali (repotting) sesekali. Salah satunya untuk membuat tanaman jadi lebih sehat dan tumbuh dengan optimal. Proses repotting memungkinkan kita memberi tanaman lingkungan pertumbuhan yang lebih sesuai.

Seiring waktu, tanaman akan tumbuh semakin besar. Pot tempat awal cenderung tak mampu lagi menampung tanaman yang terus bertambah besar. Nutrisi yang dibutuhkannya jadi lebih banyak saat tanaman tumbuh.

Bagi Sahabat Dream yang memelihara tanaman, penting untuk rutin menjadwalkan repotting. Mengapa? Berikut penjelasannya.

Peningkatan ruang tumbuh
Alasan umum untuk repotting adalah memberi tanaman ruang tumbuh yang lebih besar. Tanaman hias akhirnya tumbuh lebih besar dari wadahnya, menyebabkan akarnya menjadi padat dan besar.

Tanpa ruang yang cukup untuk akar, tanaman sering mengalami pertumbuhan kerdil dan bisa mati. Tanda-tanda bahwa tanaman telah tumbuh lebih besar dari wadah antara lain akar yang tumbuh melalui lubang drainase atau di atas permukaan tanah, air yang mengalir melalui wadah, daun yang tampak tidak sehat, dan akar yang terlihat padat. Memindahkan tanaman ke wadah berukuran lebih besar memungkinkan akar menyebar sekaligus memungkinkan tanaman tumbuh lebih besar.

 

Selanjutnya : Nutrisi dari tanah baru
BERANI BERUBAH: Mobil Wifi Penyelamat Siswa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sekolah di Mobil WiFi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :