Rumah Unik, Punya 4 Toilet yang Berjejer

Decor | Rabu, 19 Januari 2022 10:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Dibangun pada 1851, bentuk kamar mandinya dipertahankan hingga saat ini.

Dream - Tiap rumah memiliki keunikan sendiri. Mulai dari warna, desain hingga detail. Biasanya hal ini sangat bergantung dari kebutuhan dan kepribadian sang pemillik.

Seperti sebuah rumah yang dikenal dengan sebutan Rumah Hawthorne di Milwaukee, Amerika Serikat. Rumah ini dibangun pada tahun 1851 oleh keluarga Fowle. Kini rumah tersebut dijual lewat situs Zillow Gone Wild seharga US $450.000 atau Rp6,4 miliar.

 Rumah Hawthorne© Zillow

Suasana rumah ini begitu hangat dan memang khas country house. Hal yang membuat unik adalah bagian kamar mandinya. Ternyata desain kamar mandi dibuat sangat luas.

 Rumah Hawthorne© Zillow

Terdapat empat toilet yang dibuat berjejer tanpa pembatas. Begitu pun area wastafel, ada empat buah. Dulunya, rumah ini merupakan asrama Pramuka perempuan, dan kamar mandi dipertahankan demikian hingga saat ini.

 Rumah Hawthorne© Zillow

Untuk kamar tidurnya, terdiri dari enam ruangan. Rumah ini memang sangat luas, dan cocok untuk tempat beristirahat bersama keluarga besar saat akhir pekan.

Sumber: House Beautiful

Rumah Unik, Punya 4 Toilet yang Berjejer
Rumah Hawthorne/ Foto: Zillow
2 dari 5 halaman

Gudang Tua Disulap Jadi Rumah Mini dengan Rooftop

Dream - Gudang atau tempat penyimpanan berbentuk bangunan, kerap dibuat seadanya. Saat barang dikeluarkan dan ruang tak terpakai, sebenarnya bisa dirancang jadi tempat tinggal simpel yang nyaman.

Seperti yang dilakukan tim dari Balara Content Studio yang memanfaatkan bangunan tempat menyimpan kondensor unit AC. Awalnya, bangunan yang berlokasi di QUezon, Filipina tersebut berupa bangunan tua seadanya. Setelah melihat video soal rumah mini, Feliz Lucas sang pemilik, lalu berencana untuk menjadikannya rumah mini.

 Gudang lawas© Feliz Lucas | Balara Content Studio

" Kami memulai dengan membuat sketsa yang dibuat di bagian belakang kertas bekas, merencanakan penempatan listrik, hingga pipa ledeng,” ungkap Feliz, dikutip dari Real Living.

 Rumah mini© Feliz Lucas | Balara Content Studio

Hasilnya, berupa rumah kecil tapi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Ada ruang bersantai lengkap dengan sofa, tempat tidur, tidur, kamar mandi, hingga rooftop untuk bersantai.

 

3 dari 5 halaman

Simpel dan Modern

Konsepnya merupakan open space dengan area tidur yang terletak di dekat jendela. Digunakan tempered glass bekas untuk pintu kaca, hanya saja bingkainya dibuat baru agar lebih kuat.

 Rumah mini© Foto: Feliz Lucas | Balara Content Studio

Bagian tengah berupa sofa besar yang menghadap pintu kaca. Lalu area samping, terdapat pantry yang cukup untuk memasak simpel. Untuk area kamar mandi dibuat bernuansa industrial.

 Rumah mini© Foto: Feliz Lucas | Balara Content Studio

Di area luar terdapat tangga, menuju rooftop. Area ini telah ditaruh dengan kursi rotan dan peneduh, serta dikelilingi pepohonan besar.

 Rooftop© Foto: Feliz Lucas | Balara Content Studio

Jadi tempat yang ideal untuk bersantai melepas penat. Simpel tapi menawan.

4 dari 5 halaman

Tampak Luar Seperti Rumah Desa, Bagian Dalamnya ala Resort

Dream - Dalam membangun rumah pastinya banyak pertimbangan yang dilakukan. Ada yang lebih memilih untuk tinggal dalam huniah megah, dengan detail glamor dan dari luar begitu memukau.

Sebaliknya, beberapa orang lebih memillih tampilan luar rumah yang sederhana. Tengok saja rumah karya Yen Architecture di Hoi An, Quang Nam, Vietnam. Tampak luar, rumah ini seperti rumah sederhana di desa.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Saat masuk ke bagian dalam, hunian ini tampak sangat modern dan bernuansa resort. Sangat cocok untuk tempat bersantai dengan melepas penat. Jendela-jendela besar membuat cahaya alami masuk ke rumah secara maksimal.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Area teras tak terlalu besar, dan saat masuk langsung terdapat dapur fungsional sekaligus ruang makan. Pemandangan ruang ini adalah halaman depan yang asri dan juga pohon besar di tengah rumah.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

 

5 dari 5 halaman

Pohon Besar di Tengah Rumah

Bagian tengah rumah terdapat skylight yang atapnya sengaja dibuat terbuka. Pohon di tengah rumah untuk menonjolkan suasana alam dalam rumah. Hal yang juga sangat diperhatikan pemandangan tiap ruangan.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Pada area kamar tidur, terdapat pintu kaca yang membuat penghuni bisa menikmati indahnya pohon besar dan tanaman di sekelilingnya.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Suasana ini mirip di resort, dan rasanya ingin bersantai seharian. Desain yang menarik, bukan?

Sumber: Yen Architecture

Join Dream.co.id