Rumah Unik Berkonsep YinYang, Ada Area Bertani di Atap

Decor | Rabu, 3 Juni 2020 10:02
Rumah Unik Berkonsep YinYang, Ada Area Bertani di Atap

Reporter : Mutia Nugraheni

Memungkinkan pemilik rumah untuk tetap bisa berkebun di atap rumah.

Dream - Memiliki area tanah penuh dengan tanaman hijau di rumah bagi sebagian orang merupakan barang 'mewah'. Keterbatasan lahan, membuat banyak orang akhirnya memangkas area halaman untuk dijadikan kamar.

Sebuah ide unik dikembangkan dua arsitek yang berbasis berbasis di Beijing dan Austria, Chris Precht dan Dayong Sun of Penda. Mereka sedang membang " Rumah Yin & Yang" di Jerman tengah.

Terinspirasi oleh simbol Yin dan Yang, duo arsitek ini menggunakan dua struktur yang saling terkait untuk menciptakan ruang atap maksimum di area terbatas. Hal ini memungkinkan pemilik rumah untuk tetap bisa berkebun di atap rumah.

Dalam sebuah wawancara dengan Dezeen baru-baru ini, salah satu pendiri Penda mengatakan bahwa desain itu diimpikan untuk sebuah keluarga muda yang ingin hidup di luar pemukiman dan mempertahankan gaya hidup mandiri dengan menanam makanan mereka sendiri.

 

2 dari 4 halaman

Atap Jadi Area Sumber Pangan

Artinya, atap rumah akan jadi sumber pangan dan akan ditanami buah buah, sayur, dan rempah untuk makanan sehari-hari.

" Setiap kali arsitek merancang sebuah bangunan, mereka mengambil area yang dulunya milik alam. Kami mencoba memberikan ruang ini kembali di atap," kata pihak dari Dayong Sun of Penda.

Jadi para arsitek memvisualisasikan desain atap bertingkat terinspirasi oleh bentuk gunung dan lembah. Termasuk area tanam dan rumah kaca untuk memungkinkan keluarga menanam makanan sepanjang tahun.

Atap dibuat sisi miring untuk mengumpulkan dan menarik air hujan ke tangki. Nantinya air tersebut disimpan dan digunakan untuk menyirami tanaman. Ide brilian, bukan?

Sumber: Dezeen

3 dari 4 halaman

Desain Rumah Aneh 'Check' di TikTok Bikin Penasaran

Dream - Hunian memang menggambarkan bagaimana kepribadian pemiliknya. Sebuah rumah dengan desain unik viral di TikTok. Rumah ini milik Arfie Rewah.

Sang anak, Valen Rewah, membuat video 'rumah aneh check' di TikTok yang kemudian viral. Ada hal-hal unik dalam hal desain rumah yang membuat banyak orang sampai terperangah.

Seperti perpaduan cat warna hijau dan oranye, lalu ada akuariuam di lantai, jendela dengan pemandangan beton, hingga kran air menghadap ke atas.

Video 'rumah aneh check' tersebut kemudian membuat banyak orang penasaran, mengapa banyak fitur-fitur nyeleneh di rumahnya.

      View this post on Instagram

Disuruh post :v

A post shared by Val (@valenrewah) on

 

 

4 dari 4 halaman

Lihat Video Penjelasan 'Rumah Aneh' Check

Rupanya, Arfie punya alasan tersendiri. Misalnya, jendela yang menghadap tembok untuk antisipasi jika ada maling masuk bisa jadi jebakan.

Lalu, cat rumah yang warna-warni ternyata karena tergantung stok cat yang ada. Ada cat yang sudah habis, akhirnya dipakai warna lain.

Penasaran lebih jelasnya? Lihat Videonya

      View this post on Instagram

Kreativitas tanpa batas selanjutnya :v Idenya cemerlang dad @arfierewah

A post shared by Val (@valenrewah) on

 

Join Dream.co.id