Rumah di Area Padat dengan Arsitektural Memikat

Decor | Kamis, 20 Januari 2022 14:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Tampak depan cenderung kaku, tapi bagian dalamnya bernuansa asri dengan banyak pencahayaan alami.

Dream - Membangun sebuah rumah asri nan nyaman di area padat penduduk tentunya memiliki banyak tantangan. Bangunan di kanan dan kiri begitu menempel dan lahan pun seadanya, tapi bukan tidak mungkin.

Seperti yang dibuktikan oleh biro arsitektur yang berbasis di Vietnam, SO I Studio Architecture. Berlokasi di kawasan Dong Hoi, Vietnam yang sangat padat, dibangun rumah mungil berdesain modern yang asri.

 Tam House© SO I Studio Architecture

Foto: Facebook SO I Studio Architecture Vietnam

Bagian fasadnya memang cenderung simpel, berupa pagar hitam dengan teras yang di bagian sampingnya dibuat untuk menaruh tanaman. Tampak tanaman hijau berukuran sedang ditanam di sudut tersebut untuk memberi kesan asri.

 Tam House© SO I Studio Architecture Vietnam

Foto: SO I Studio Architecture Vietnam

Sementara dinding pembatasnya dengan area dalam dibuat berupa kaca lebar. Hal ini untuk memberi kesan lapang dengan tipuan visual. Ruang tamu dirancang simpel dengan pemandangan luar dari pembatas kaca.

 

 

 

Rumah di Area Padat dengan Arsitektural Memikat
Tam House/ Foto: SO I Studio Architecture Vietnam
2 dari 5 halaman

Tanpa Sekat

Rumah ini dibuat tanpa sekat dengan plafon yang tinggi. Bagian tengahnya dibuat terbuka sehingga memungkinkan cahaya alami masuk dengan maksimal.

 Tam House© SO I Studio

Area ruang makan dan dapur langsung bersebelahan. Di bagian yang menempel dengan tembok, dipasang kayu yang bisa jadi tempat menaruh barang atau kursi santai.

 Tam House© SO I

3 dari 5 halaman

Pencahayaan Alami Bikin Betah

Pencahayaan alami dengan atap transparan membuat rumah yang tak memiliki jendela ini jadi tetap terang dan nyaman. Ditambah dengan dekorasi berupa tanaman hijau, bikin makin betah.

 Tam House© SO I Studio Architecture

Untuk area dapur dibuat dengan nuansa modern. Terdapat pintu di area samping agar udara tetap mengalir dan asap memasak tak terperangkap.

 Tam House© SO I Studio Architecture

Sumber: SO I Studio Architecture

4 dari 5 halaman

Tampak Luar Seperti Rumah Desa, Bagian Dalamnya ala Resort

Dream - Dalam membangun rumah pastinya banyak pertimbangan yang dilakukan. Ada yang lebih memilih untuk tinggal dalam huniah megah, dengan detail glamor dan dari luar begitu memukau.

Sebaliknya, beberapa orang lebih memillih tampilan luar rumah yang sederhana. Tengok saja rumah karya Yen Architecture di Hoi An, Quang Nam, Vietnam. Tampak luar, rumah ini seperti rumah sederhana di desa.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Saat masuk ke bagian dalam, hunian ini tampak sangat modern dan bernuansa resort. Sangat cocok untuk tempat bersantai dengan melepas penat. Jendela-jendela besar membuat cahaya alami masuk ke rumah secara maksimal.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Area teras tak terlalu besar, dan saat masuk langsung terdapat dapur fungsional sekaligus ruang makan. Pemandangan ruang ini adalah halaman depan yang asri dan juga pohon besar di tengah rumah.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

 

5 dari 5 halaman

Pohon Besar di Tengah Rumah

Bagian tengah rumah terdapat skylight yang atapnya sengaja dibuat terbuka. Pohon di tengah rumah untuk menonjolkan suasana alam dalam rumah. Hal yang juga sangat diperhatikan pemandangan tiap ruangan.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Pada area kamar tidur, terdapat pintu kaca yang membuat penghuni bisa menikmati indahnya pohon besar dan tanaman di sekelilingnya.

 Rumah Vietnam© Nguyen Hoang Son

(Foto: Nguyen Hoang Son)

Suasana ini mirip di resort, dan rasanya ingin bersantai seharian. Desain yang menarik, bukan?

Sumber: Yen Architecture

Terkait
Join Dream.co.id