Renovasi Rumah, Pertimbangkan 3 Ide Ruangan Ini

Decor | Minggu, 26 Juli 2020 10:33
Renovasi Rumah, Pertimbangkan 3 Ide Ruangan Ini

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa membuatnya di rumah agar makin betah.

Dream - Suasana rumah pada masa sekarang jadi hal yang sangat krusial. Kita cenderung akan membuat rumah senyaman mungkin karean merupaka tempat teraman dari virus Covid-19 sekarang ini.

Mungkin banyak yang ingin mendekor ulang rumah atau bahkan melakukan renovasi besar-besaran. Berikut ada beberapa referensi ide ruangan yang trendi dan dapat diaplikasikan pada hunian baru. Pertimbangkan untuk membuatnya di rumah agar makin betah.

Open space

 Open Space
© Shutterstock

Konsep open space biasanya dipilih dalam pengembangan properti baru karena simpel dan tidak memakan banyak biaya. Konsep open space secara sederhana didefinisikan sebagai penggabungan beberapa ruang menjadi sebuah kesatuan. Misalnya saja menggabungkan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, serta area dapur.

Agar berfungsi maksimal ada beberapa faktor yang perlu diperhitungkan seperti pencahayaan, tata letak furnitur, serta akses mobilisasi atau kemudahan bergerak bagi penghuni di area tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Roof terrace

Roof terrace atau rooftop, dikenal sebagai area ekstensi yang ditambahkan pada bagian atap rumah. Rumah akan diatapi oleh area terbuka ini tanpa menggunakan penutup atau genteng. Dalam proses renovasi rumah, hal yang dibutuhkan adalah proses pengecoran atau 'dak' pada area atap yang diinginkan.

Pada dasarnya area ini dapat mengakomodasi beragam aktivitas seperti untuk menjemur pakaian, spot bersantai bersama keluarga dan teman bermain. Tak hanya itu, di area ini kita juga bisa berkebun atau sekadar tempat untuk menikmati lingkungan sekitar.

 

3 dari 3 halaman

Toilet kering

Merenovasi toilet bukan hanya sekadar menambahkan utilitas dan perlengkapan mandi. Bisa jua mengubah konsep toilet secara keseluruhan. Seperti halnya dengan mengaplikasikan konsep toilet kering yang banyak digunakan pada hotel bintang lima atau coffeeshop.

Sederhananya, konsep ini memisahkan area mandi dengan area kloset. Area kloset didesain bernuansa kering dan meminimalkan cipratan air. Konsep toilet yang mengusung model kering ini sangatlah aman buat anak dan lansia.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Join Dream.co.id