Praktis, Rumah Modern Bisa Dibangun Hanya dalam 45 Hari

Decor | Kamis, 16 September 2021 12:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Tanpa perlu menggunakan alat berat untuk membuatnya.

Dream - Membangun rumah tentunya membutuhkan waktu lama, apalagi jika desainnya cukup rumit dan memiliki desain modern. Siapa sangka ada rumah mewah yang bisa dibangun hanya dalam mewaktu 45 hari dan tanpa perlu bantuan mesin rumah.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Rumah ini disebut Pi Home yang dikembangkan oleh biro arsitektur Taller Aragones yang berbasis di Mexico City. Ini merupakan rumah dengan sistem konstruksi modular yang bangunannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Dikutip dari Dwell, rangka dan material sebelumya dikemas dalam kotak datar, untuk kemudian dirakit. Pi Home menggunakan bingkai aluminium extrusion-die yang ditambatkan dengan tulangan ke tanah atau fondasi beton yang dituangkan.

 

Praktis, Rumah Modern Bisa Dibangun Hanya dalam 45 Hari
Foto: Courtesy Of Taller Aragones
2 dari 6 halaman

Bisa Dikirim ke Mana Saja

Seperti satu set Lego, jaringan baja membentang hingga 30 kaki untuk menopang struktur. Kancing aluminium terhubung dengan mulus ke balok, dan kelongsong eksterior dijepitkan ke bingkai.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Ini adalah metode yang pada prinsipnya dapat diperpanjang hingga 45 kaki. Dapat dikirim ke mana saja, sistem ini memiliki potensi untuk rumah keluarga tunggal serta proyek yang lebih besar, seperti perumahan sosial.

 

3 dari 6 halaman

Desain Mewah

" Penting untuk menekankan bahwa ini bukan hanya sistem modular, tetapi sistem konstruksi, sehingga dapat berubah sesuai dengan topografi dan dimensi situs," kata Rafael Aragones, dari Aragones dan rekan di studionya.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Saah satu rumah Pi Home yang cukup mewah adalah varian Bosques de las Lomas. Diklaim, dilengkapi dengan peralatan terbaik dan finishing berkualitas tinggi. Menurut Aragones, bingkai aluminium Pi Home, kecepatan perakitan, dan biaya pengirimannya lebih rendah sekitar sepertiga dari biaya konstruksi biasa.

4 dari 6 halaman

Interior Manis Rumah Apung Bergaya Retro

Dream - Dari luar sebuah rumah apung berwarna hijau muda bertuliskan " Olive" sangat menarik perhatian. Rumah ini baru saja dijual seharga £125 ribu atau sekitar Rp2,4 miliar.

Dibangun pada 2019 dan saat ini berlabuh di Battlebridge Basin di Regents Canal. Meskipun tapaknya kecil, rumah apung ini dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap.

Terdapat area tempat duduk luar ruangan yang menawan. Dilengkapi pintu kaca ganda yang mengarah ke dalam, dengan lantai kayu yang membentang. Di seberang dapur terdapat kamar mandi bermandikan sinar matahari dengan pancuran kuadran, wastafel, dan toilet kompos yang ramah lingkungan.

 Olive© Photo courtesy of Aucoot

Dilengkapi juga tangki air dengan kapasitas 400 liter di bawah dek haluan menyediakan banyak air untuk fasilitas kamar mandi, serta semua peralatan rumah. Lalu di area sofa dan meja makan, terdapat dua tempat duduk.

 

5 dari 6 halaman

Warna Lembut

Dapurnya cukup nyaman dengan material kayu dan peralatan terintegrasi. Ubin putih membentang dan melintasi dinding, membentuk backsplash mencolok yang melengkapi palet netral rumah.

 Olive© Photo courtesy of Aucoot

Photo courtesy of Aucoot

" Kualitas desain luar biasa baik dari perspektif estetika dan praktis. Hasilnya adalah kapal kontemporer dan abadi yang selaras dengan lingkungan," tulis agensi listing Aucoot, yang memasarkan Olive.

 

6 dari 6 halaman

Minimalis

Untuk kamar tidur, lokasinya berada di bagian belakang kapal. Dengan gaya minimalis yang mirip dengan ruang tamu ujung depan, sudut pribadi ini memiliki lemari pakaian built-in dan jendela berlapis kayu ek.

 Olive© Photo courtesy of Aucoot

Photo courtesy of Aucoot

Nuansa interior retro begitu kental. Bukan hanya memanjakan mata, tapi juga penuh gaya. Mau membeli rumah apung Olive, Sahabat Dream?

Terkait
Join Dream.co.id