Pilihan Warna dan Furnitur yang Pas untuk Kamar Tidur Sempit

Decor | Jumat, 15 Oktober 2021 12:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Simak trik mudahnya biar tak tampak sumpek.

Dream - Kamar tidur tentunya jadi tempat yang kita harapkan berada dalam kondisi super nyaman untuk beristirahat. Bila kondisinya terlalu sesak, penuh barang, kenyamanan jadi sulit didapatkan

Penataan kamar tidur yang berukuran kecil seringkali menjadi tantangan karena keterbatasan ruang. Kuncinya adalah dengan menghindari penempatan furnitur di semua sisi ruangan dan pastikan furnitur yang dipilih memenuhi tujuannya dengan baik.

Bagi Sahabat Dream yang memiliki kamar tidur sempit, coba terapkan beberapa trik berikut dari IKEA.

1. Cat dinding berwarna putih atau netral
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cat dinding. Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang seperti putih, creme, atau pastel. Warna-warna tersebut merupakan warna dasar paling aman dan mudah untuk dipadukan dengan warna serta tekstur perabot lain.

Warna terang bersifat memantulkan cahaya secara luas dan rata, sehingga kamar tidur akan terasa lebih luas dan terang. Sebaliknya, hindari hitam atau warna gelap lainnya yang bersifat menyerap cahaya. Warna gelap akan membuat kamar tidur terasa lebih sempit. Selain itu, warna-warna cerah memiliki kesan lembut dan cocok untuk kamu yang tidak berani untuk memberikan banyak warna atau gambar pada dinding rumah.

 

Pilihan Warna dan Furnitur yang Pas untuk Kamar Tidur Sempit
IKEA Indonesia
2 dari 6 halaman

2. Pilih rangka tempat tidur klasik yang hemat ruangan dan berwarna cerah

Kasur merupakan pusat dari kamar tidur, jadi kita perlu pintar untuk memilih jenis rangka tempat tidur hingga linen set yang digunakan. Seperti warna dinding tadi, pilihlah produk-produk berwarna netral dan cerah. Tempatkan juga kasur di salah satu dinding, hal ini akan memberikan ruang lebih dan menjadikan kamar tidur kamu tidak terlihat sumpek.

 Bedroom© ikea indonesia

Rangka tempat tidur dengan gaya klasik dari seri TYSSEDAL bisa menjadi opsi menarik buat kamu yang suka detail kecil seperti tepi yang membulat dan pola interior bergaris sehingga menciptakan kesan klasik dan timeless.

 

3 dari 6 halaman

3. Gunakan lemari multifungsi

Alih-alih menggunakan lemari konvensional, kamu dapat menggunakan lemari serbaguna dengan headboard. Lemari multifungsi umumnya memiliki kabinet tertutup untuk lemari pakaian dan headboard atau rak untuk menyimpan barang-barang yang tidak ingin terlihat atau sebaliknya justru menjadi tempat untuk memajang aksesoris dan dekorasi kamar tidur.

4. Gunakan lampu dinding untuk hadirkan suasana nyaman
Pencahayaan sangat penting untuk menghadirkan suasana kamar tidur yang nyaman. Manfaatkan natural lighting saat siang hari dan lampu yang menempel di atap atau dinding ketika matahari telah terbenam. Lupakan lampu meja atau lampu lantai, jika ingin menambahkan pencahayaan untuk melakukan aktivitas sebelum tidur di kamar tidur yang kecil, kamu bisa mempertimbangkan lampu dinding.

IKEA Indonesia sedang mengadakan promo bertepatan dengan ulang tahunnya yang ketujuh. Kamu bisa melirik koleksi bertema vintage dan ada total 50 produk yang sedang diskon 50 persen mulai tanggal 14 hingga 24 Oktober 2021.

4 dari 6 halaman

Perubahan Simpel yang Bikin Kamar Tidur Ekstra Nyaman

Dream - Pandemi Covid-19 membuat kita harus menjalani banyak aktivitas dari rumah. Sebisa mungkin, kita ingin memaksimalkan suasana nyaman di rumah terutama di kamar tidur.

Kamar tidur yang biasanya hanya menjadi tempat beristirahat, sekarang juga mulai beralih fungsi menjadi tempat lainnya. Bisa juga jadi area bekerja karena keterbatasan tempat.

Membuatnya jadi sedap dipandang pasti akan sangat berdampak pada kenyamanan. Pemilihan warna dinding, furnitur, serta penyimpanan yang rapi akan membuat kamar tidur jadi jauh lebih nyaman.

Dengan dekorasi yang tepat, kamar tidur ternyata bisa jadi estetik. Coba terapkan langkah berikut.

Tambahkan lampu tidur
Pencahayaan sangat penting untuk menghadirkan suasana kamar yang nyaman. Agar lebih estetik, gunakan natural lighting saat siang hari dan malamnya menggunakan lampu kamar tidur.

Pemilihan lampu tidur memiliki peran tersendiri dalam menentukan nuansa kamar. Sahabat Dream dapar meletakan lampu di meja samping tempat tidur untuk mempercantik kamarmu dan memberikan efek cozy serta warm.

 

5 dari 6 halaman

Meja kecil di sisi ranjang

 Meja kecil© IKEA

Letakkan meja di sebelah tempat tidur untuk tempat jam, lilin, dan lain-lain. Untuk menciptakan kamar yang estetik, kalian dapat menggunakan perabotan minimalis dan multifungsi. Dengan meja samping tempat tidur, bisa dijadikan tempat menaruh berbagai barang sehari-hari untuk mempermudah jangkauan.

Tanaman
Jika berbicara mengenai kamar yang estetik, belum lengkap rasanya kalau tidak ada tanaman di dalamnya. Tanaman di dalam kamar dapat memberikan efek segar dan menambah suasana asri dalam ruangan. Sahabat Dream dapat menaruh tanaman hidup atau tanaman plastik.

6 dari 6 halaman

Papan serbaguna

Jika Sahabat Dream sudah sering menonton video make over kamar menjadi estetik, pasti sudah tidak asing lagi dengan papan peg board. Papan ini dapat digunakan untuk menempel catatan penting atau menggantung berbagai barang, seperti perhiasan, tanaman hias, alat tulis, dan sebagainya.

 Peg board© Ikea

IKEA punya koleksi Skadis yang terdiri dari papan berlubang, klip, konektor, hingga wadah-wadah untuk menyimpan barang-barang. Dengan begitu, barang-barang tidak lagi berserakan di meja dan dapat terlihat lebih rapi. 

Terkait
Join Dream.co.id