Pilihan Jenis Cat yang Pas untuk Perbarui Tampilan Furnitur

Decor | Kamis, 26 November 2020 14:03
Pilihan Jenis Cat yang Pas untuk Perbarui Tampilan Furnitur

Reporter : Mutia Nugraheni

Pertimbangkan untuk mengguakan cat-cata berikut pada furnitur kesayangan.

Dream - Furnitur warna putih atau bernuansa pastel, saat ini sedang sangat digemari. Kesan modern, terang dan ceria bisa didapatkan dengan mengganti warna cat furnitur.

Bila Sahabat Dream berencana untuk mengganti warna cat furnitur, bisa memberi kesan berbeda pada ruangan dalam rumah. Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis cat. Tak semua cat cocok untuk menwarnai ulang furnitur.

" Lapisan cat baru dapat memberikan tampilan yang bersih dan segar pada furnitur. Tetapi penting untuk memilih jenis cat yang tepat untuk menghindari hasil akhir yang tidak rata dan cat terkelupas," kata Hunter Macfarlane, seorang pakar interior.

Berikut beberapa cat yang bisa jadi pilihan saat ingin warnai ulang furnitur agar tampak baru dan modern.

Primer
Setelah mengelupas cat furnitur lama dengan mengampelas atau menggunakan sabut baja, bersihkan dulu semua permukaannya. Setelah itu oleskan dengan cat primer. Ini akan mencegah noda dan simpul keluar melalui lapisan cat baru. Cat primer cepat kering, jadi jangan lewatkan langkah ini dan merupakan cat dasar yang sangat penting. Langkah terbaik adalah mencocokkan jenis primer dengan jenis cat yang akan digunakan; misalnya, gunakan primer lateks dengan cat lateks.

 

2 dari 5 halaman

Cat Lateks

Salah satu cat paling populer untuk furnitur adalah cat lateks. Tersedia dalam berbagai warna dan dapat dicampur dengan warna lain untuk menciptakan warna yang khas.

Cat ini juga tersedia dalam berbagai versi seperti flat, low sheen atau satin, semi-gloss acrylic latex, dan oil-based enamel. Kekurangannya, meskipun mudah dibersihkan dengan sabun dan air, namun cat kemungkinan akan pecah jika berulang kali digunakan secara berlebihan.

Cat Berbasis Minyak
Cat furnitur favorit lainnya adalah yang berbahan dasar minyak. Cat ini dikenal karena daya tahannya dan tidak mudah pecah atau tergores. Keluarga dengan anak kecil sangat pas menggunakan cat furnitur ini karena noda dan tumpahan di cat mudah dibersihkan tumpahan dan noda. Kekurangannya adalah bau menyengat yang ditinggalkannya saat mengering. Bisa memakan waktu hingga satu hari atau lebih hingga aromanya benar-benar hilang. Pastikan untuk menaruh furnitur di ruangan dengan ventilasi yang baik hingga mengering.

Cat Kapur/ Chalk Paint
Chalk pain meninggalkan hasil akhir yang halus dan matte. Untuk membersihkannya juga sangat mudah, cukup menggunakan sabun dan air. Pada cat berbahan dasar kapur, kita harus menggunakan lilin penyegel setelah cat mengering, itu akan melindungi hasil akhir sehingga cat tetap menempel.

3 dari 5 halaman

Furnitur Outdoor Tahan Lama, Cari Tahu Cara Merawatnya

Dream - Memilih bahan untuk furnitur luar ruangan akan tergantung pada selera dan tema rumah. Kita juga harus mempertimbangkan mana yang paling tahan suhu dan mana yang paling mudah dirawat.

Banyak yang memilih kayu untuk furnitur di teras, balkon atau area outdoor lainnya. Material kayu jati bisa jadi pilihan sangat keras, tahan air, dan sangat tahan lama.

Perlu diingat bahwa musuh utama kayu jati adalah kelembapan. Untuk itu, sebaiknya jangan taruh furnitur dari kayu kayu di tempat terbuka kecuali jika dirawat.

Umumnya, perawatan kayu sangat mendasar. Biasanya cenderung memudar dari satu musim ke musim lainnya meskipun sudah dirawat. Ingatlah hal ini saat membeli furnitur luar ruangan.

Untuk mengembalikan warnanya, amplas furnitur terlebih dahulu, lalu aplikasikan pernis poliuretan atau sintetis. Hasilnya cukup bagus seperti perabot baru asal dilakukan dengan rutin.

Jika kayu rusak atau tidak dirawat dengan benar, harus dipulihkan dengan mengoleskan minyak biji rami atau primer yang akan menembus dan menutup retakan dan permukaan yang rusak.

 

4 dari 5 halaman

Perabot rotan

Anyaman, rotan, atau bambu sangat dekoratif tetapi pada saat yang sama juga sangat halus. Material ini jika ditaruh luar bisa membusuk dan matahari mengeringkannya.
Untuk membuatnya tahan lebih lama tempatkan di bawah atap atau tenda. Bisa juga di atas permukaan yang stabil dan kokoh tak lembap.

Untuk membersihkan furnitur rotan gunakan kain kering. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan kain yang sedikit lembap pada noda membandel dan menghilangkan kotoran yang ada di sela-sela.

Jika serat memiliki ujung yang longgar, disarankan untuk mengaplikasikan sedikit pernis kayu yang tidak berwarna dengan bantuan kuas. Cara ini akan mempertahankan warna alaminya.

 

5 dari 5 halaman

Furnitur besi atau aluminium

Untuk merawat furnitur aluminium, sebaiknya cucinya dengan air sabun dan mengeringkannya dengan kain kurang lebih sebulan sekali. Sementara pada furnitur besi membutuhkan lebih banyak perawatan demi mencegah karat.

Kebanyakan desain furnitur besi modern memiliki lapisan antioksidan yang akan melindunginya dari korosi. Bagaimanapun, sangat penting untuk membersihkan secara teratur dengan air sabun dan memoles permukaan halus dengan minyak mineral.

Sumber: DecorTips

Terkait
Join Dream.co.id