Pilih Wewangian Sempurna untuk Tiap Ruangan

Decor | Jumat, 7 Februari 2020 08:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Untuk Sahabat Dream yang sedang mencari aroma yang pas untuk ruangan, pilihan berikut mungkin bisa jadi referensi.

Dream - Aroma memiliki efek psikologis yang begitu luar biasa. Banyak orang yang mengingat masa lalu, merasa tenang atau jadi lebih bersemangat saat mencium aroma tertentu.

Wewangian memang bisa mengaktifkan reseptor otak secara lebih cepat dan signifikan dibanding rangsangan dari pancara indera lain. Untuk Sahabat Dream yang sedang mencari aroma yang pas untuk ruangan, pilihan berikut mungkin bisa jadi referensi.

Dapur
Buat pewangi alami khusus untuk menyerap aroma tak sedap di dapur. Caranya sangat mudah. Nyalakan kompor, rRebus air dalam panci kecil dan tambahkan irisan jeruk dan rempah-rempah, seperti lavender atau mint. Aroma rebusannya akan menyeruak dan membuat dapur menjadi memiliki aroma yang segar.

 

 

 

Pilih Wewangian Sempurna untuk Tiap Ruangan
Pengharum Ruangan (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Coba Juga Wewangian Ini

Kamar tidur
Untuk membuat tidur lebih mudah, coba cari wewangian berikut yang beraroma lavender, chamomile, atau cendana. Pilih salah satu, bisa berupa minyak esensial atau aromaterapi. Ketiganya memiliki efek relaksasi. Untuk nuansa yang lebih romantis, pilih bunga seperti ylang ylang, melati, atau mawar.

Kantor
Terasa lelah di kantor saat sore hari? Coba nyalakan wewangian peppermint. Penelitian menunjukkan bahwa aroma yang kuat ini dapat membuat kita lebih konsentrasim waspada dan mengurangi kecemasan.

Sumber: RD

3 dari 6 halaman

Pilih Bunga Cantik Beraroma Khas, Bikin Ruangan Wangi Alami

Dream - Ruangan yang beraroma harum pasti akan membuat betah. Apalagi jika bau harum berasal dari bunga-bungaan yang segar. Saat tertiup angin, aromanya akan menyebar ke seluruh ruangan.

Pertimbangkan untuk menaruh bunga beraroma segar di tiap ruangan dalam rumah. Bukan hanya sebagai pewangi alami, warnanya juga akan mempercantik ruangan. Selain itu, ternyata ada keuntungan lain meletakkan tanaman hias di dalam ruangan.

Antara lain lebih menenangkan secara psikologis, membuat tubuh dan pikiran lebih rileks serta sangat baik bagi kesehatan. Ada beberapa tanaman hias yang memiliki aroma khas, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. Berikut rekomendasinya.

 

4 dari 6 halaman

Sedap Malam

Sedap Malam merupakan jenis tanaman hijau yang bunganya kerap digunakan dalam pembuatan parfum. Tanaman ini memang dikenal memiliki aroma yang segar.

Aroma dari Sedap Malam ini bisa digunakan untuk menghilangkan stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok banget dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

 

5 dari 6 halaman

Gardenia

Gardenia memiliki sebutan kacapiring bagi orang-orang di Indonesia. Bentuk fisik dari tanaman Gardenia ini mirip dengan bunga Melati yang juga berwarna putih. Bunga Gardenia juga memiliki aroma yang menyegarkan, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

Kamu bisa merangkai tanaman hias Gardenia ini untuk dijadikan penghias ruangan sekaligus pengharum ruangan. Selain memberikan aroma wangi pada ruangan, Gardenia juga mampu menghilangkan racun berbahaya seperti aseton, ammonia, etil asetat, dan xilena yang tercemar melalui udara.

Letakkan tanaman hias Gardenia ini di dekat jendela. Gardenia merupakan jenis tanaman hias yang membutuhkan cahaya matahari dan kelembapan yang cukup.

 

6 dari 6 halaman

Lavender

Selain memiliki warna bunga yang cantik, tanaman hias Lavender juga memiliki aroma yang khas. Jadi, selain dijadikan tanaman penghias ruangan, kamu juga memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan alami.

Selain itu, wangi dari Lavender ini juga mampu mengusir nyamuk. Bunga Lavender yang sudah kering juga masih memiliki aroma yang segar. Jadi, kamu bisa memotong beberapa tangkai bunga kemudian letakkan di sudut ruangan.

Laporan Nisa Mutiara Sari/ Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id