Pilih Warna Karpet atau Warna Sofa Dulu?

Decor | Selasa, 11 April 2017 10:02
Pilih Warna Karpet atau Warna Sofa Dulu?
Pilihan Warna Karpet

Reporter : Mutia Nugraheni

Warna karpet bisa langsung memberikan efek dramatis pada suatu ruangan, namun terkadang bisa juga memberikan efek sebaliknya.

Dream - Dalam mendekorasi interior rumah, karpet jadi komponen yang tak boleh disepelekan. Teksturnya harus lembut dan nyaman, serta mudah dibersihkan agar perawatannya praktis. Hal lain yang tak kalah penting adalah pemilihan warna yang pas agar tercipta suasana yang berpadu dengan dekorasi lain.

Warna karpet bisa langsung memberikan efek dramatis pada suatu ruangan, namun terkadang bisa juga memberikan efek sebaliknya. Ruangan jadi lebih gelap dan sempit. Hal ini bisa jadi karena pemilihan warna yang salah. Untuk itu, coba trik berikut dalam memilih warna karpet.

Pilih warna karpet atau sofa lebih dulu?
Untuk ruangan utama seperti ruang tamu atau ruang tengah, pilihlah warna sofa terlebih dahulu. Alasannya karena pemilihan warna bahan dari sofa lebih terbatas dibandingkan karpet atau cat. Jika tidak, akan sulit menemukan sofa yang cocok dengan karpet yang sudah Anda pilih.

Setelah terpilih, barulah pilih warna karpet dan kemudian cat dinding. Gunakanlah aturan yang sama untuk ruangan lainnya seperti kamar tidur. Tapi karena seprai mudah diganti dan banyak varian, Anda bisa mencobanya dengan memilih karpet terlebih dahulu.

Warna netral 
Karpet memiliki dampak yang besar dalam sebuah ruangan, dan warna yang cerah dalam ruangan yang luas dapat memberikan kesan kuat, dan lagi karpet adalah benda yang mahal. Maka dari itu yang terbaik adalah menjaga warna di lantai tetap netral.

Gunakanlah warna-warna yang cerah dan tegas untuk dekorasi yang sedikit lebih murah seperti lukisan, bantal sofa, seprai, dan beberapa benda kecil lainnya. Warna netral tidak berarti membosankan, Anda bisa menyiasatinya dengan potongan karpet yang membuatnya lebih bergaya.

Gaya hidup dan warna karpet
Gaya hidup Anda bisa menjadi pertimbangan yang besar dalam memilih warna karpet. Rumah tangga dengan anak, binatang peliharaan, dan orangtua yang bekerja biasanya tidak menggunakan karpet putih karena saat kotor bisa sangat mencolok. Warna gelap mungkin bisa menyembunyikan noda, tapi akan menunjukkan lebih banyak debu dibandingkan warna lainnya. Pilihlah warna karpet yang tidak terlalu terang atau gelap sebagai pilihan terbaik.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya


Sumber: The Spruce

 

Terkait
Join Dream.co.id