Perubahan Cuaca Ekstrem, Pastikan Tanaman Tetap Sehat

Decor | Rabu, 12 Mei 2021 10:31
Perubahan Cuaca Ekstrem, Pastikan Tanaman Tetap Sehat

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai tanaman mati karena perubahan cuaca.

Dream – Perubahan dari panas ke hujan dan hujan ke panas tentunya sangat mempengaruhi kondisi tanaman. Bagi Sahabat Dream yang memiliki banyak koleksi tanaman harus memperhatikan hal ini. 

Cobalah untuk mengatur suhu ruangan di rumah agar tidak terjadi perubahan suhu secara drastis. Misalnya dari yang awalnya panas lalu tiba-tiba hujan dan menjadi sangat dingin. Bila terjadi perubahan suhu secara drastis akan merusak tumbuhan karena ada yang tidak dapat hidup di suhu terlalu tinggi dan beberapa di suhu terlalu rendah.

Di saat sering hujan dan udara menjadi dingin beberapa orang yang memiliki tumbuhan di rumah akan mencoba menggunakan penghangat ruangan agar tumbuhan tidak mati, namun tumbuhan yang terlalu kering akibat penghangat ruangan juga tidak baik.

Tanaman dapat sangat kering ketika diberikan penghangat ruangan yang berlebih karena udara akan menjadi kering dan kurang kelembapan. Jadi perlu diperhatikan untuk tetap rutin di siram dengan air agar tanaman terhidrasi.

 

2 dari 6 halaman

Jaga Suhu Stabil

Khusus untuk tumbuhan tropis seperti kaktus, akan lebih baik bila suhunya tinggi, jadi memasang pemanas ruangan yang bersuhu tinggi tidak akan masalah. Begitu pula sebaliknya, untuk tanaman berasal dari daerah beriklim sedang tidak akan kuat dengan pemanas ruangan bersuhu tinggi.

Ketika memiliki tanaman dan harus memasang pemanas ruangan di rumah, perlu ketahui jenis tanaman dan spesiesnya. Ini untuk mengetahui berapa suhu yang harus dipasangan pada ruangan, sehingga tanaman tidak mengering dan mati.

Jagalah suhu dalam rumah stabil, sekitar 21 atau 22 derajat celcius. Ini suhu ternyaman dan terbaik untuk tanaman dalam ruangan. Tidak hanya itu, tanaman juga perlu sirkulasi udara, jadi buatlah ventilasi di rumah. Bukalah ventilasi rumah setiap pagi agar udara di ruangan menjadi bersih dan lebih segar.

Satu hal yang paling penting dalam merawat tanaman adalah tetap memberikannya kesegaran, salah satunya dengan rutin menyiramnya dengan air. Jangan sampai tanaman kekeringan atau terlalu lembap. Jaga tanaman dengan baik dengan mengatur kadar air dalam tumbuhan tersebut.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: DecorTips

3 dari 6 halaman

4 Aturan Penting Menyiram Tanaman, Jangan Sampai Layu

Dream - Penyiraman secara teratur sangat penting untuk menjaga tanaman tumbuh sehat dan subur. Penting diingat kalau tiap jenis tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda.

Untuk itu, bila Sahabat Dream memiliki beberapa tanaman berbeda di rumah, harus mengetahui karakteristiknya. Setiap tanaman berbeda, begitu juga ketika ditempat di lingkungan tertentu, kebutuhan airnya akan sangat berbeda.

Tanaman yang sama bisa membutuhkan lebih banyak air jika diletakkan di tempat yang cerah daripada di tempat yang teduh. Tanaman yang lebih tua dan lebih besar akan lebih 'haus' daripada yang lebih kecil, atau tanaman yang lebih baru. Coba ikuti aturan penyiraman tanaman ini dan perhatikan bagaimana tanaman bereaksi agar pertumbuhannya bisa optimal.

- Kebutuhan air sesuai cuaca
Dalam cuaca sedang kita mungkin bisa merencanakan untuk menyiram tanaman pot seminggu sekali. Tanaman akan membutuhkan lebih banyak ai ketika suhu naik di musim panas. Cuaca yang lebih hangat menyebabkan kelembapan menguap sebelum tanaman dapat menggunakannya.

- Sesuaikan menurut ukuran tanaman
Tanaman yang lebih besar membutuhkan lebih banyak air; tanaman yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit air. Selain itu, pot besar berisi tanaman kecil dapat menampung banyak kelembapan, jadi sesuaikan jumlah air yang sesuai. Pot kecil atau tanaman gantung mungkin perlu disiram dua kali sehari, sedangkan pot besar bisa disiram sekali sehari.

 

 

4 dari 6 halaman

Waktu Terbaik dan Secukupnya

- Manfaatkan waktu terbaik untuk menyiram
Jika tanaman memang perlu disiram dua kali sehari, coba lakukan di pagi dan sore hari. Untuk tanaman yang disiram sekali sehari, usahakan melakukannya di pagi atau di sore hari.

- Tambahkan air secukupnya
Tambahkan air ke dalam pot sampai keluar dari lubang drainase di bagian bawah. Pot tanpa lubang drainase harus memiliki semacam perlindungan terhadap busuk akar, entah itu bebatuan atau penangkap kelembapan lain di bagian bawah.

Dengan cara ini, kita akan tahu bahwa tanah dan akar memiliki akses ke kelembapan di seluruh pot. Hindari kejenuhan berlebih dengan menambahkan air secukupnya hingga mengalir keluar dari dasar karena terlalu banyak air dapat merusak tanaman.

Sumber: RealSimple

5 dari 6 halaman

5 Langkah Lindungi Tanaman Hias dari Sinar Matahari Berlebih

Dream - Sama seperti manusia, tumbuhan juga memerlukan sinar matahari. Bedanya, tumbuhan tidak bisa memiliki perlindungan jika terpapar matahari berlebih. Untuk melindungi, Sahabat Dream perlu menaruhnya di tempat yang aman.

Bisa juga mengubah posisi tumbuhan ke tempat yang lebih redup. Hal ini akan membantu tumbuhan terhindar terbakar akibat panas matahari. Beberapa tanaman kadang sudah terbakar tapi sering tak disadari.

Sama seperti kulit manusia, daun pada tanaman hias juga dapat berubah warna jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Tanaman juga akan layu dan menguning bahkan putih. Jika sengatan matahari parah, warnanya bahkan bisa menjadi sedikit cokelat di tepinya.

Hanya dalam beberapa jam setelah terpapar sinar matahari, tamanan bisa terbakar. Ketahui langkah mencegah tanaman hias terbakar matahari.

1. Mengetahui kebutuhan tanaman hias
Setiap tanaman memiliki karakteristik dan kebutuhan perawatan yang berbeda. Seperti tanaman spider plant yang cocok di dalam ruangan. Pastikan ketahui kebutuhan tiap tanaman akan sinar matahari agar kita tahu di mana lokasi terbaik menempatkannya.

 

6 dari 6 halaman

Lakukan Juga Hal Ini

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung
Sebaiknya tanaman ditaruh di teras atau tutup bagian atasnya dengan pelindung paparan matahari. Hal ini tidak berlaku untuk tanaman seperti kaktus yang justru membutuhkan matahari lebih banyak. Tanaman lain seperti lidah mertua tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

3. Lakukan secara bertahap
Jika memiliki tanaman hias yang terbiasa di dalam ruangan, mulailah dengan memindahkannya ke tempat yang teduh dengan sedikit sinar matahari. Setelah beberapa hari, coba atur di bawah sinar matahari pagi hanya selama satu atau dua jam. Secara bertahap tingkatkan jumlah sinar matahari yang didapat tanaman. Tetap sesuaikan kebutuhan sinar matahari tanaman.

4. Lebih baik kurang daripada kelebihan
Saat tanaman sudah layu dan terkena sunburn, warna daun tidak akan kembali normal. Solusi biasanya hanya memotong daun yang rusak dan menjauhkannya dari tempat yang sedikit cahaya.

5. Gunakan tirai untuk mengurangi cahaya
Jika memindahkan tanaman di depan jendela yang cerah, bisa gunakan tirai tipis untuk menyaring cahaya. Dengan cara ini, tanaman hias akan tetap mendapatkan cahaya terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: BHG.com

Join Dream.co.id