Perawatan Penting untuk Meja Makan Kayu Agar Tahan Lama

Decor | Rabu, 22 April 2020 12:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Membiarkan debu dan residu akan membuat goresan pada lapisan kayu.

Dream - Meja dapur atau meja ruang makan terbuat dari kayu? Warna meja kayu sangat khas dan terkadang kita tak menyadari kalau debu sudah sangat menumpuk. Kondisi ini tak boleh dibiarkan terlalu lama.

Membiarkan debu dan residu akan membuat goresan pada lapisan kayu. Belum lagi jika sudah terlalu lama, bakal muncl noda lengket kehitaman pada kayu yang merupakan debu dan jamur.

Jangan sapai perabot kayu rusak karena kita tak merawatnya. Padahal cara membersihkannya sangat mudah. Sahabat Dream hanya membutuhkan alat sederhana berikut:

- 2 kain pembersih microfiber
- Sabun cuci piring cair
- Mangkuk kecil

 

 

Perawatan Penting untuk Meja Makan Kayu Agar Tahan Lama
Meja Kayu (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Lakukan Langkah Ini

Langkah pertama angkat barang-barang di atas meja. Singkirkan debu dengan kain microfiber kering. Setelah debu kasar terangkat, buat larutan air dan sabun. Ambil lap microfiber lainnya lalu basahi.

Gosok dengan lembut permukaan meja. Lakukan di seluruh bagian. Untuk noda membandel bisa menggunakan sedikit cuka tapi larutkan dulu dalam air. Terakhir, keringkan meja sampai benar-benar kering baru kemudian taruh kembali barang di atas.

Hal ini untuk mencegah meja kayu lembap dan tumbuh jamur yang membuatnya menghitam. Silakan dicoba, Sahabat Dream!

3 dari 6 halaman

Singkirkan Barang yang Kerap Bikin Berantakan Meja Dapur

Dream - Kondisi dapur yang berantakan tak dipungkiri membuat kita kadang jadi malas untuk memasak. Mengolah masakan pun jadi tidak nyaman, apalagi jika dapur juga sangat kotor.

Hal ini tak bisa didiamkan. Sahabat Dream harus segera membereskan countertop atau meja dapur. Jangan sampai barang-barang yang tak fungsional membuat penuh dan berantakan.

Meja dapur yang kosong seringkali dijadikan menaruh berbagai macam barang dan tak kunjung dibereskan. Ada tiga barang yang sebaiknya segera disingkirkan agar kondisi meja dapur rapi dan bersih.

© Dream
4 dari 6 halaman

Alat masak/ makan yang jarang dipakai

Mungkin tampilan alat makan atau alat masak tersebut sangat apik dan ingin dijadikan dekorasi. Tapi jika kondisinya jarang dipakai, sebaiknya simpan di lemari. Jangan biarkan memenuhi meja dapur dan membuat berantakan.

 

5 dari 6 halaman

Kertas dan bon

Kertas tagihan, bon, struk atau dokumen lainnya juga seringkali tergeletak di meja dapur. Bahkan surat dari beberapa bulan lalu. Saat kita mencari dokumen, malah menjadi bingung. Untuk itu sediakan kantong khusus untuk menaruh kertas-kertas tersebut. Hindari menaruhnya di atas meja dapur, bukan hanya bikin berantakan tapi bakal hilang dan tercecer.

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Deretan wadah bumbu

Meja dapur butuh area yang kosong untuk menaruh berbagai bahan masakan, tapi bukan untuk deretan wadah bumbu. Saat memasak kita butuh area yang kosong untuk mencampur, memotong masakan dan masih banyak lagi. Lebih baik buat rak khusus di tembok untuk menaruh wadah bumbu. Sehingga meja dapur tetap kosong dan bisa digunaka setiap saat dan lebih mudah dibersihkan.

Sumber: Apartment Theraphy

Join Dream.co.id