Perawatan Penting Biar Meja Dapur Tak Cepat Rusak

Decor | Rabu, 24 November 2021 08:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Ada beberapa hal yang harus dihindari.

Dream - Meja dapur tentunya kita gunakan sehari-hari untuk menaruh beragam perkakas dan bahan makanan. Materialnya cukup beragam, ada yang berupa kayu, granit, stainless steel atau mungkin keramik.

Ada juga yang memadukan beberapa material. Apapun bahan yang digunakan, yang terpenting adalah melakukan perawatan rutin. seperti kita tahu, dapur selalu dipenuhi asap, minyak dan kondisinya cukup lembap.

Meja dapur penting untuk dibersihkan rutin agar tak cepat mengalami kerusakan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga meja dapur selalu dalam kondisi baik dan bersih. Apa saja?

Hindari memotong makanan di meja dapur
Banyak yang malas mengambil telanen untuk memotong buah. Akhirnya memotong langsung di atas meja. Hal ini tentu saja bisa membuat goresan dan permukaan meja yang akan sangat merusak, apalagi jika dilakukan berulang. Belum lagi jika buah yang dipotong bersifat asam, yang juga bisa merusak.

Hindari kontak langsung dengan peralatan panas
Hal lain yang sering merusak meja dapu adalah menempatkan panci dan peralatan panas langsung di atas meja. Karena ini tidak disarankan, hal terbaik yang dapat lakukan adalah menyediakan rak atau alas pelindung panas untuk menaruh panci atau wajan yang panas agar tak langsung ke meja.

 

Perawatan Penting Biar Meja Dapur Tak Cepat Rusak
Meja Dapur
2 dari 6 halaman

Produk Pembersih dan Selalu Keringkan

Hati-hati dengan produk pembersih
Beberapa pembersih memang cukup efektif untuk mengangkat noda membandel, tapi sayangnya bisa juga bersifat abrasif. Untuk itu berhati-hatilah saat menggunakan produk pembersih terutama yang memiliki kandungan klorin. Pemakaian jangka panjang bisa merusak material meja dapur.

Pastikan dalam keadaan kering
Dapur itu sendiri adalah ruang yang lembab, terutama di area dekat bak cuci piring, jadi bakteri atau mikroorganisme biasanya ada. Untuk alasan ini, tidak disarankan untuk meninggalkan genangan air di atas meja karena dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Setelah menggunakan dapur atau membersihkannya, selalu keringkan meja dapur menggunakan kain kering yang lembut.

3 dari 6 halaman

4 Langkah Cegah Aroma Dapur Menyebar ke Sudut Rumah

Dream - Memasak identik dengan asap, terutama jika Sahabat Dream sedang mengolah masakan dengan dibakar. Aroma dan asapnya pasti memenuhi seluruh rumah. Untuk hidangan laut aromanya begitu menyengat.

Kadang kala asap dan aromanya menempel di sofa, bangku atau pakaian. Hal ini tentunya sangat menganggu. Untuk menimalisir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yuk simak.

1. Jendela besar
Penggunaan jendela di sekitar stove atau sink yang menjadi area penting ketika berkegiatan di dapur adalah pilihan yang cermat. Pencahayaan alami dan udara yang saling bertukar ini dapat menghindari bau tak sedap dan dapur yang anti pengap. Bisa juga meletakkan beberapa pengharum ruangan untuk mengurangi bau tak sedap menempel di perabot masak lainnya.

2. Ubah layout dapur di dekat taman
Ide dapur terbuka bisa dicoba tanpa harus menggunakan cooker hood untuk menghilangkan bau tak sedap pas memasak. Lokasi dapur sebaiknya di area dekat taman atau area terbuka dengan menggunakan pintu sliding kaca. Pastikan untuk memberikan penerangan alami, coba aplikasikan satu atap kaca di atas meja dapur untuk berkegiatan yang menyenangkan.

 

4 dari 6 halaman

Pencahayaan dan Filter Udara

3. Portable air filter
Bau tak sedap kala memasak dapat menyebar ke seluruh ruangan, terlebih pada rumah berkonsep minimalis dengan dapur tertutup yang serba terbatas. Coba gunakan saringan udara portable ataupun portable air filter yang dapat mengusir bau tak sedap ketika memasak. Sehingga, meski ukuran dapur di rumah kecil, namun hawa segar pun tetap di rasakan dan kegiatan masak jauh lebih nyaman.

4. Maksimalkan pencahayaan alami pada dapur
Area dapur menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk berkegiatan. Tak heran jika dapur di desain dengan mengutamakan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk menyiasati bau tak sedap saat memasak, maksimalkan pencahayaan alami melalui jendela ruang. Aplikasikan jendela di setiap sudut yang mengikuti bentuk dapur. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir bau tak sedap di dapur.

Selengkapnya baca di Diadona.id

5 dari 6 halaman

Dapur Jadi Sangat Berbeda dengan 4 Perubahan Simpel

Dream - Dapur yang bersih dan tertata apik tentunya membuat kita lebih semangat memasak. Banyak juga orang mendapat inspirasi saat berlama-lama di dapur. Area rumah satu ini memang kerap jadi 'pelarian'.

Bukan hanya untuk mencari makanan nikmat tapi juga meredakan stres dengan memasak atau hanya dengan melihat suasananya yang rapi. Bagi Sahabat Dream yang suka berlama-lama di dapur, mungkin ingin membuat tampilannya jadi berbeda dan lebih segar.

Tak perlu banyak renovasi, coba saja terapkan hal simpel berikut.

- Desain dinding
Coba ubah desain dinding dapur dengan melakukan perpaduan beberapa warna atau wallpaper yang menarik. Pertimbangkan untuk menggunakan cat papan tulis untuk menuliskan resep terbaru di dapur. Semakin banyak lapisan cat yang digunakan, semakin halus dinding papan tulis.

- Ubah tampilan lemari penyimpanan
Cara lainnya ubah tampilan lemari penyimpanan karena mengambil peranan besar dalam suasana dapur secara keseluruhan. Bisa mengubah warna atau tekstur kabinet. Bila ingin cat ylang, selalu gosok permukaan dengan amplas sebelum mengecat.

 

6 dari 6 halaman

Bisa Juga Aplikasikan Trik Ini

- Backsplash
Tambahkan kaca tempered backsplash pada dinding dapur. Hal ini akan membuatnya jadi lebih mudah dibersihkan dan menambah nilai estetika. Sesuaikan saja dengan tema dan kenyamanan.

- Pencahayaan
Hal ini sangat penting untuk membuat suasan dapur jadi lebih terang dan segar. Ada banyak jenis pencahayaan dapur yang unik mulai dari flush-mount hingga globe. Fungsi cahaya pada dapur untuk memudahkan kita memasak. Bisa berikan pencahayaan tambahan agar tampak beda dari biasanya.

Laporan Muhammad Thoifur/ Sumber: Liputan6.com

Terkait
Join Dream.co.id