Perawatan Penting Alat Masak Keramik Agar Tak Cepat Rusak

Decor | Rabu, 20 Mei 2020 16:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai perkakas masak andalan ini rusak.

Dream - Panci dan peralatan masak keramik, banyak dipilih karena membuat masakan jadi tidak lengket. Permukaannya juga sangat mudah dibersihkan dibandingkan dengan stainless, copper atau logam.

Sebenarnya, keramik ini hanya lapisan antilengket. Bagian dalam panci bisa besi cor, aluminium, tembaga, atau stainless steel. Meskipun lapisan antilengket keramik terdengar mudah dirawat, tapi bisa rusak jika terkena suhu tinggi.

Untuk itu Sahabat Dream yang memiliki panci dan alat masak ini harus tahu cara merawatnya. Langkah pertama adalah dengan membersihkan dengan tepat. Panci dan peralatan masak baru harus dicuci dengan tangan dengan air sabun yang hangat, dibilas dengan baik, dan dikeringkan dengan kain lembut.

Ini akan menghilangkan partikel debu dan kotoran keramik yang menempel di permukaan. Peralatan masak keramik harus dicuci setelah setiap kali digunakan untuk menghilangkan partikel makanan. Periksa permukaan peralatan masak secara berkala untuk perubahan warna dan lakukan pembersihan mendalam untuk menghilangkan noda.

 

Perawatan Penting Alat Masak Keramik Agar Tak Cepat Rusak
Ceramic Pans (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Cuci dengan Lembut

Langkah selanjutnya adalah jangan mencuci saat panci masih panas. Perubahan suhu ekstrem akan merusak lapisannya. Tunggu dulu hingga suhunya turun/ tidak panas baru cuci dengan spons lembut dan sabun.

Bila ada sisa makanan yang sangat lengket, rendam dulu dengan air sabun. Bisa juga membersihkannya dengan spons basah dan baking soda. Gosok lembut dan bilas panci hingga bersih.

Hindari juga menggunakan peralatan logam yang bisa menggores permukaan saat memasak. Alat masak plastik, silikon, kayu, atau sendok nilon dan spatula adalah yang terbaik. Lapisan keramik lama kelamaan akan mulai menunjukkan keausan.

Jika terjadi, hindari menggunakan apa pun yang bersifat asam untuk membersihkan panci (lemon, cuka). Kandungan asam tinggi dapat menyebabkan lapisan terkikis lebih cepat.

Sumber: The Spruce

3 dari 5 halaman

3 Kunci Agar Tak Salah Pilih Perabot Dapur

Dream - Dapur jadi salah satu area di rumah yang merupakan sumber kehangatan keluarga. Bukan hanya sekadar tempat memasak, dapur juga bisa jadi tempat berkumpul yang nyaman.

Terutama jika desain dapur dibuat bergabung dengan area makan. Untuk membuat kondisi dapur selalu nyaman dan digunakan secara efektif, penting untuk memilih perabot atau furnitur yang tepat. Tiga hal ini bisa jadi pertimbangan saat memilih perabot dapur.

1. Fungsionalitas
Sebelum memilih perabot dapur, luangkan waktu untuk riset dan menggambar di selembar kertas, sketsa dapur yang ideal. Ini akan sangat tergantung pada ruangan di rumah.

Dengan cara ini, kamu dapat menyesuaikan perabot dengan kebutuhan dan luas ruangan. Ingatlah bahwa kita harus menyesuaikan dapur dengan kebutuhan dan bukan sebaliknya.

 

4 dari 5 halaman

2. Konsisten

Faktor lain yang paling penting dalam memilih furnitur dapur adalah desain yang ingin ditonjolkan pada area dapur. Konsistenlah terhadap pilihan desain tersebut katena akan sangat menentukan furnitur yang dipilih.

Saat ini, dekorasi dapur telah berkembang, yang berarti ada ratusan bentuk dan warna yang tersedia untuk dipilih. Memang, gaya yang paling menonjol dalam variasi besar ini adalah modern, klasik, dan rustic. Pastikan konsisten agar pilihan furnitur di dapur terlihat apik dan estetik.

 

5 dari 5 halaman

3. Praktis dan ukuran yang pas

Meskipun mungkin terlihat kecil pada awalnya, bukaan furnitur adalah salah satu elemen paling penting untuk dipertimbangkan, terutama jika memiliki dapur kecil.
Perabot harus memiliki bukaan praktis dan tidak memenuhi atau menghambat pergerakan.

Untuk tujuan ini, pilihan terbaik adalah menggunakan furnitur dengan pintu geser atau dengan laci. Lakukan juga perhitungan ukuran yang pas. Furnitur customized merupakan pilihan tepat.


Sumber: DecorTips

Join Dream.co.id