Perabot Rumah yang Ternyata Tak Perlu Dibersihkan Tiap Hari

Decor | Senin, 13 September 2021 10:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Untuk membersihkannya hanya perlu dijadwalkan saja.

Dream - Rumah yang bersih tentunya akan lebih nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang. Kebersihan dan kesehatan adalah hal yang selalu jadi prioritas.

Bagi Sahabat Dream yang rutin membersihkan rumah setiap hari, ternyata ada perabot yang tak membutuhkannya. Untuk membersihkannya hanya perlu dijadwalkan saja. Tak perlu setiap hari. Apa saja perabot tersebut?

1. Oven
Alat masak satu ini biasanya digunakan saat memanggang kue atau membuat hidangan lain. Setelah digunakan banyak yang langsung membersihkan. Sebenarnya hal itu tak diperlukan, kecual memang ada bahan yang tumpah dan lengket. Oven cukup dibersihkan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

2. Tirai
Tirai yang dipasang pada jendela rumah biasanya berfungsi untuk menghalangi silau akibat pantulan cahaya matahari. Lantas, mengapa gorden termasuk ke dalam benda yang tidak perlu sering dibersihkan atau dicuci setiap hari? Cahaya matahari yang mengenai gorden ternyata secara langsung bisa mematikan beberapa kuman atau bakteri yang menempel di gorden.

3. Perabot kayu
Selain kayu jati, jenis kayu yang biasa dipakai adalah kayu mahoni, sonokeling, akasia, trembesi, kamper, cedar merah, dan keruing. Perabotan kayu memang perlu dirawat semaksimal mungkin agar tidak memunculkan rayap atau kotoran-kotoran lainnya. Namun, perabotan kayu ternyata juga dapat menjadi salah satu perabotan yang tidak perlu dibersihkan terlalu sering.

Seperti dilansir dari Family Handyman, menyemprotkan perabotan kayu dengan semprotan pembersih dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang justru akan menyebabkan lebih banyak lagi debu. Untuk mengatasinya, cukup gunakan semir setiap sebulan sekali.

Sumber: Liputan6.com

Perabot Rumah yang Ternyata Tak Perlu Dibersihkan Tiap Hari
Ilustrasi
2 dari 6 halaman

Cara Mudah Hilangkan Noda Gores di Perabot Kaca

Dream - Gelas, mug atau piring kaca koleksi di rumah pastinya ingin selalu kita jaga agar tampak kemilau. Sayangnya, saat pemakaian atau pencucian, goresan sulit untuk dihindari.

Bila perabot kaca Sahabat Dream di rumah memiliki noda goresan, ada cara mudah untuk menyingkirkannya. Hanya perlu bahan-bahan yang ada di rumah. Bagaimana caranya? Yuk simak.

Siapkan bahan:
- Cuka
- Air
- Pasta gigi non gel
- Kain mikrofiber

Petunjuk:
- Bersihkan area yang tergores hingga bersih dan oleskan lapisan pasta gigi non-gel. Merek dengan jumlah zat abrasif yang lebih tinggi adalah yang terbaik.

- Gosokkan pasta gigi pada goresan dengan gerakan memutar menggunakan kain mikrofiber selama beberapa menit. Setelah area terasa halus, bilas kelebihannya dengan air dan bersihkan dengan kain mikrofiber lainnya. Ulangi sampai goresan telah digosok.

- Campurkan perbandingan 1: 1 cuka putih suling dan air dalam mangkuk. Gunakan sebagai pembersih kaca dan lap dengan kain mikrofiber bersih untuk hasil akhir yang bebas goresan. Hindari kertas atau handuk kain untuk mempertahankan permukaan yang bebas serat.

Selamat mencoba!

Sumber: House Beautiful

3 dari 6 halaman

Hindari Kesalahan Saat Disinfektan Perabot di Rumah

Dream - Merebaknya virus Covid-19 di Indonesia, membuat kita harus ekstra dalam melakukan bersih-bersih rumah. Bukan hanya sekadar menyingkirkan debu, tapi juga melakukan disinfektan agar virus dan bakteri berbahaya tak berkembang biak di rumah.

Banyak cara untuk melakukan disinfektan yang bisa dilakukan sendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan formula bleaching atau pemutih yang biasa digunakan untuk membersihkan pakaian.

Campur dengan air lalu semprotkan ke perabot yang ingin didisinfektan. Mudah, bukan? Nah, agar pembersihan dengan larutan disinfektan efektif, ada dua hal yang perlu dihindari. Apa saja?

Langsung dilap

Setelah menyemprotkan cairan disinfektan, jangan langsung dilap. Biarkan dulu selama sekitar lima menit agar formula aktifnya bisa membunuh virus dan kuman. Beberapa produk biasanya memiliki petunjuk sendiri.

Jika menggunakan produk tertentu, selalu baca panduan pemakaiannya. Dengan mendiamkannya selama beberapa menit akan membuat proses disinfektan jadi lebih efektif.

 

 

4 dari 6 halaman

Disinfektan seluruh perabot

Sebagian besar disinfektan tidak memberikan perlindungan yang terus menerus. Virus dan kuman bisa datang dari mana saja, bahkan melalui angin yang berhembus ke dalam rumah. Permukaan yang didisinfektan bebas kuman sampai disentuh lagi (baik dengan tangan, terkena cairan kotor atau partikel udara).

Untuk itu sebaiknya lakukan disinfektan pada barang yang sering disentuh saja. Seperti ponsel, gagang pintu, meja dapur, remote televisi, kunci rumah. Pastikan juga rutin cuci tangan pakai sabun setelah memegang sesuatu. Ini akan sangat mengurangi kontaminasi virus dan kuman.

5 dari 6 halaman

3 Produk Pembersih Kuman yang Wajib Ada di Rumah

Dream - Kondisi seperti sekarang, dengan meningkatnya kasus virus corona di Indonesia, mau tak mau membuat kita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan. Terutama kebersihan rumah, tempat berlindung utama.

Sally Bloomfield, profesor London School of Hygiene and Tropical Medicine mengungkap beberapa produk pembersih penting yang harus ada di rumah. Hal ini agar penyebaran kuman bisa diredam dan seluruh anggota keluarga lebih terjaga kesehatannya.

Segera sediakan produk-produk ini di rumah, demi kebersihan hunian dan kesehatan seluruh keluarga. Apa saja produknya?

Sabun cair

Untuk sementara, kurangi atau hindari menggunakan sabun batang. Hal ini karena penggunaan sabun batang dapat dengan mudah membuat kuman berpinah. Lebih baik gunakan sabun cair. Baik untuk mandi maupun cuci tangan.

" Selalu sediakan sabun cuci tangan, di tempat yang mudah diakses. Terutama di dekat kran. Biasakan untuk selalu cuci tangan setelah sampai di rumah dengan air mengalir," ungkap Bloomfield.

 

6 dari 6 halaman

Semprotan atau tisu antibakteri

Untuk permukaan yang kontak langsung dengan makanan seperti meja makan, piring, dan sendok garpu, Bloomfield merekomendasikan untuk menggunakan sabun yang mengandung antimikroba dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

" Bisa juga gunakan semprotan disinfektan yang bisa membunuh kuman. Setelah itu bilas lagi permukaan dengan tisu yang telah dibasahi. Biarkan kering, baru kemudian bisa digunakan," ujar Bloomfield.

Lap tisu sekali pakai

Lap microfiber memang sangat baik untuk membersihkan permukaan berdebu. Jika tujuan utama adalah untuk mencegah penyebaran kuman maka pembersih yang direkomendasikan adalah tisu pembersih sekali pakai.

Biasanya berbentuk rol dengan tekstur lebih tebal. Lebih baik gunakan lap tisu ini ini karena lebih steril. Menggunakan lap yangberkali-kali, terutama jika kondisinya lembap malah akan jadi sarang kuman untuk berkembang biang.

" Ketika membersihkan permukaan dengan lap kain, mikroba pergi ke lap tersebut dan kemudian menyebar ke permukaan berikutnya dibersihkan," kata Bloomfield.

Sumber: Apartment Theraphy

 

Terkait
Join Dream.co.id