Perabot Bahan Tembaga Bisa Kurangi Paparan Virus

Kran tembaga (Foto: Shutterstock)
DECOR  |  21 September 2020 16:04

Kuningan, perunggu, dan tembaga-nikel, telah lama dikenal memiliki manfaat kesehatan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Gagang pintu, kran air dan perabot di rumah yang selalu dipegang kini harus dibersihkan secara teratur. Virus Covid-19 bisa bertahan di permukaan dan mengkontaminasi orang yang menyentuhnya.

Muncul tren perabot dengan bahan tembaga dan kini jadi incaran banyak orang. Mengapa? Rupanya tembaga dan paduan tembaga seperti kuningan, perunggu, dan tembaga-nikel, telah lama dikenal memiliki manfaat kesehatan.

Logam-logam tersebut sebenarnya secara alami bersifat antimikroba. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa tembaga membunuh virus tertentu saat bersentuhan. Artinya tembaga tidak dapat ditransfer ke orang berikutnya yang menyentuh permukaan berbahan tembaga.

Jenis transmisi kontak ini dianggap sebagai salah satu cara penyebaran virus corona baru dengan sangat cepat. " Kami telah melihat virus meledak begitu saja [pada tembaga. Virus mendarat di atas tembaga dan itu akan menurunkan kualitasnya," kata Bill Keevil, profesor perawatan lingkungan di Universitas Southampton, dikutip dari Dwell.

Apakah ini berarti kita semua harus segera mengganti perangkat keras kita dengan kuningan yang sedang tren? Ternyata tak semudah itu.

Selanjutnya : Tetap Harus Dibersihkan Teratur
BERANI BERUBAH: Mobil Wifi Penyelamat Siswa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Solidaritas Era Digital Pesta Rakyat Simpedes 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :