Penggunaan Vakum Efektif, Jangan Lupa 3 Trik Ini

Decor | Sabtu, 11 Juli 2020 10:22

Reporter : Mutia Nugraheni

Seringkali setelah dibersihkan, debu masih tersisa dan malah menyebar ke tempat yang bersih.

Dream - Menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan rumah memang sangat praktis. Debu yang berada di karpet, sofa serta sudut yang sulit dijangkau, bisa dibersihkan dengan mesin isap dan tak makan banyak waktu.

Seringkali setelah dibersihkan, debu masih tersisa dan malah menyebar ke tempat yang bersih. Hal ini mungkin karena Sahabat Dream melakukannya dengan cara yang salah. Ada trik penting dan efektif saat menggunakan vacuum cleaner.

Agar tak salah lagi saat menggunakan vacuum cleaner, pastikan kamu melakukan tiga hal ini.

1. Perlahan
Kunci untuk mendapatkan kebersihan optimal adalah lakukan dengan lambat. Mulai dari ujung karpet atau dorong vakum ke depan dalam garis lurus. Gerakan ini mengangkat serat dari karpet dan membersihkan kotoran halus di dalamnya.
Setelah itu, tarik vakum kembali perlahan ke arah tubuh untuk mengumpulkan semua debu. Berikutnya, lakukan gerak bolak balik dan ulangi prosesnya sampai seluruh permukaan telah dibersihkan.

 

Penggunaan Vakum Efektif, Jangan Lupa 3 Trik Ini
Vacuum Cleaner (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

2. Bersihkan dalam dua arah

Tips lain untuk membersihkan karpet secara ekstra adalah tidak hanya menyedot debu secara naik-turun, tetapi juga memutar 90 derajat vakum dari sisi kanan ke sisi kiri. Sedikit usaha ekstra akan sangat bermanfaat, karena akan membantu mengangkat setiap debu dan kotoran.


3. Bersihkan Mesin
Ruang hampa dalam mesin tetap perlu dibersihkan. Bahkan, mengosongkan tabung secara teratur dapat meningkatkan daya isap, sementara membersihkan sikat dan bulu akan membantu vakum mampu lebih maksimal mengangkat kotoran dan debu.

Bersihkan rambut dan bulu yang menyangkut setiap vacuum setelah dipakai. Untuk tabung, kamu bisa membersihkannya setiap 5 kali penggunaan. Periksa juga filternya sekali dalam sebulan. Perawatan mesin akan membuat kerja vakum lebih optimal.

 

3 dari 4 halaman

Buat Vacuum Cleaner Selalu Beraroma Segar

Dream - Debu-debu di karpet dan sofa tak boleh dibiarkan begitu saja. Bagi anak-anak, bisa menumbulkan masalah pernapasan, seperti sesak, batuk atau pilek. Sangat disarankan untuk menyedot debu secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu.

Seringkali, saat digunakan vacuum cleaner mengeluarkan aroma yang sangat tidak enak. Perpaduan bau debu, lembap dan bikin ruangan jadi berbau tak sedap. Ternyata ada trik unik untuk meredakan bau tersebut.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan pewangi ruangan yang berukuran kecil. Tempelkan saja pewangi tersebut di sisi dalam vacuum cleaner. Nantinya aroma tak sedap yang muncul bisa diredam dan tidak mengganggu kenyamanan udara dalam rumah.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Kerjanya?

Penyegar atau pewangi udara terpasang di bagian belakang penyedot debu tempat ventilasi. Setelah penyedot debu dihidupkan, isapan udara akan memutar aroma pewangi di dalamnya, serta menghilangkan bau tidak sedap.

Cara lainnya adalah menaruh pewangi mobil di bagian filter vacuum. Hal ini bisa membuatnya selalu harum. Cukup mudah bukan, Sahabat Dream?

Sumber: House Beautiful

Join Dream.co.id