Penempatan Furnitur di Kamar Pengaruhi Kualitas Tidur

Decor | Senin, 1 Maret 2021 16:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Coba trik-trik berikut ini.

Dream – Banyak faktor yang dapat membuat kualitas tidur seseorang terpengaruh, seperti faktor cahaya, suhu, stres, kebisingan, dan juga terlalu banyaknya mengkonsumsi kafein. Untuk membantu agar kualitas tidur dapat membaik, dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu mengatur tempat tidur senyaman mungkin.

Bagaimana cara mengaturnya dengan baik? Dilansir dari Better Homes & Garden, desain kamar tidur ikut berperan dalam kepuasan tidur sesorang, terutama memilih seprai yang nyaman dan tirai penggelap ruangan, tetapi tidak hanya itu penataan furnitur tertentu juga sebenarnya membuat tidur lebih nyenyak.

Menurut survei yang dilakukan Sleep Junkie, sebuah situs web yang melaporkan ilmu tentang tidur terhadap lebih dari 1.000 orang ditanyakan tentang tata letak kamar tidur yang berkaitan dengan ketenangan tidur mereka.

Disajikan berbagai penataan fitur dan diminta untuk memilih yang mana paling mewakili desain kamar mereka masing-masing. Sebanyak 75 persen responden, memilih tempat tidur dengan berpusat pada dinding interior, pintu berdekatan dengan sudut kamar di dinding, TV bersebrangan dengan tempat tidur, dan jendela di samping, sebagai tata furnitur tidur paling nyenyak.

 

Penempatan Furnitur di Kamar Pengaruhi Kualitas Tidur
Kamar Tidur (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Cahaya

Dilanjutkan dengan tata furnitur, dengan ranjang berada di sudut kamar, jendela berada di sebelah kasur, TV berada di depan tempat tidur, dan pintu berada di ujung sudut ruangan menjadi presentasi 2 terbanyak yang dipilih responden, sebesar 72 persen.

Menempatkan tempat tidur pada dinding interior, menghadap jauh dari jendela, dan pintu membatasi gangguan cahaya dari luar lorong, kalau dipikir kembali sangat masuk akal menjadi kelebihan dalam segi pencahayaan.

Hanya saja saat di pagi hari akan ada sedikit pencahayaan alami yang terpancar dari jendela samping tempat tidur. Selain pertimbangan furnitur, kebersihan kamar tidur juga perlu diperhatikan, kamar yang bersih menunjang tidur lebih nyenyak dan nyaman.

 

3 dari 6 halaman

Kerapian

“ Kamar yang berantakan menyebabkan stres, di mana akan mengakibatkan tidur tidak nyenyak,” ujar Christine Lawler, seorang konsultan tidur.

Christine juga mengatakan kamar anak yang selalu berantakan, bila di rapikan akan membuatnya merasa lebih tenang, santai dan merasa puas.Pada survei juga ditemukan sebanyak 73 persen responden yang memiliki kamar tidur bersih tingkat kualitas tidurnya lebih baik dan nyenyak, dibandingkan dengan kamar yang berantakan sebanyak 53 responden.

Jadi untuk kalian yang merasa kualitas tidur sering tidak baik atau kekurangan, cobalah untuk menata kembali ruang tidur yang lebih mendukung kenyenyakan tidur kalian.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: BHG

© Dream
4 dari 6 halaman

Lakukan Perubahan Simpel Demi Kamar Tidur Lebih Nyaman

Dream - Setiap hari kita tidur selama 8 jam dan juga istirahat di ranjang. Seringkali kita bersantai dan bisa menghabiskan waktu hingga belasan jam di atas kasur. Kenyamanan tentunya jadi hal yang utama.

Membuat tempat tidur selalu nyaman ditempati jadi kunci kualitas tidur dan waktu istirahat Sahabat Dream. Merasa kalau saat ini kondisi ranjang sangat tidak nyaman? Jika iya, mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya kenyamanannya.

Bukan dengan membeli yang baru, tapi menambahkan beberapa elemen agar suasana kamar tidur secara keseluruhan jadi nyaman maksimal. Simak triknya.

Gunakan alas kasur
Bagian atas kasur yang terbuat dari busa dan kain atau lapisan, penting untuk digunakan. Ini melapisi agar saat kita berbaring terasa lebih lembut dan empuk tak langsung terkena dengan permukaan kasur.

Saat tidur pun jadi lebih nyaman. Alas ini juga menjaga kasur selalu bersih. Jadi pertimbangkan untuk membelinya, harganya cukup terjangkau dan sesuaikan dengan ukuran kasur.

 

 

5 dari 6 halaman

Bantal hingga Karpet

Seprai berkualitas
Untuk kenyamanan maksimal, cobalah seprai berbahan katun atau flanel. Ini akan terasa lembut di kulit dan menambah tekstur pada tampilan tempat tidur. Bahan seprai sangat mempengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur.

Jika menggunakan bahan seprai yang panas saat tidur pun kita akan terasa gatal serta tak nyaman. Jadi pastikan seprai yang digunakan benar-benar nyaman di kulit.

Pilih bantal yang sesuai
Kondisi bantal juga harus diperhatikan. Bila mulai kempes, tak nyaman ditidur, tak mampu menopang kepala dan leher dengan baik, segera cari bantalbaru. Untuk mencari bantal yang pas, perhatikan kebiasaan tidur sehari-hari.

Jika sering tidur miring, pilih bantal yang kokoh. Sementara jika suka tidur telentang pilih bantal sedang. Jika tidur tengkurap, pilih bantal yang empuk. Cuci bantal secara teratur dan jemur jika terasa lembap.

Karpet atau alas lembut
Satu hal yang juga membuat suasana kamar tidur lebih nyaman adalah lantai yang dilapisi karpet lembut. Saat turun dari tempat tidur dan kaki menyentuh bulu lembut akan sangat membangkit mood.

Pertimbangkan membeli karpet untuk di kamar tidur. Tak perlu lebar, cukup taruh di sisi tempat tidur agar terasa lebih hangat dan nyaman. Selamat mencoba!

Sumber: Readers Digest

© Dream
6 dari 6 halaman

Siasati Kamar Tidur Pengap Minim Ventilasi

Dream - Ventilasi sangat dibutuhkan tiap ruangan agar udara bisa berganti dan tak terasa pengap. Ruangan pun jadi lebih lebih nyaman dan sehat. Pada beberapa kondisi, ventilasi yang dibuat hanya bisa sekadarnya.

Tidak maksimal sehingga ruangan jadi terasa pengap. Bagaimana jika hal ini terjadi di kamar tidur? Tentunya ruang tidur jadi lebih lembap, tak segar dan udara kurang mengalir dengan maksimal. Untuk menyiasati kamar tidur yang minim ventilasi, Sahabat Dream bisa melakukan hal-hal berikut.

1. Menggunakan Exhausted Fan
Mengatasi kamar pengap tanpa jendela salah satunya adalah dengan memanfaatkan exhausted fan. Berbeda dengan kipas angin konvensional, exhausted fan berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Kipas angin memungkinkan untuk menyedot udara kotor yang terdapat di dalam kamar tidur dan membuangnya keluar. Kamar pun akan terasa lebih segar.

2. Membuat Lubang Ventilasi
Cara selanjutnya untuk mengatasi kamar pengap tanpa jendela adalah dengan membuat lubang berukuran kecil. Lubang kecil ini merupakan salah satu jenis ventilasi udara yang dapat kamu hadirkan di kamar dengan instalasi yang tidak terlalu sulit.

3. Sering- Sering Membuka Pintu
Ruangan yang pengap tanpa jendela juga dapat diatasi dengan membiasakan selalu membuka pintu kamar. Hal ini bertujuan agar udara segar dari luar dapat memasuki kamar. Moms bisa melakukan hal ini saat kamu sedang tidak beristirahat atau sedang tidak melakukan kegiatan pribadi lainnya.

4. Tanaman Hias
Tanaman hias pembersih udara akan menghirup karbondioksida dan memproduksi oksigen yang baik. Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan di kamar adalah sansiviera. Jangan lupa untuk mengeluarkan tanaman beberapa saat dari kamar setiap pagi dan menyiramnya pada sore hari.


Selengkapnya baca di Diadona.id

Join Dream.co.id