Penataan Tanaman Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental

Decor | Kamis, 13 Januari 2022 08:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Coba lakukan hal-hal berikut.

Dream - Pandemi membuat kita banyak beradaptasi dengan perubahan dengan begitu cepat. Tak dipungkiri hal tersebut memicu stres berkepanjangan. Beberapa orang bahkan mengalami depresi karena kondisi saat ini.

Hanya di rumah saja, dan jika keluar rumah ada risiko tertular Covid-19. Menghadapi hal tersebut memunculkan kekhawatiran yang tak ada hentinya. Untuk itu penting membuat hunian yang nyaman dan bisa menjaga kesehatan mental.

 Ruang makan© Shutterstock

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan unsur alam. Seperti tanaman, bebatuan atau air. Cobalah untuk menaruh tanaman di sudut ruangan yang paling sering kamu gunakan.

" Tanaman sangat penting bagi kondisi psikologis, sering diabaikan padahal juga sebuah kebutuhan. Tanaman bisa meningkatkan suasana hati, membantu mempertajam fokus. Ditambah lagi, sangat memanjakan mata!," ungkap Eliza Blank, seorang pakar tanaman dikutip dari Apartmenttherapy.

 

Penataan Tanaman Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental
Tanaman Di Dalam Rumah/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Manjakan Mata

Untuk memilih tanaman yang akan ditaruh di dalam maupun area luar rumah ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan. Hal pertama adalah pencahayaan.

“ Pertama, pahami berapa banyak cahaya yang dimiliki di rumah, rendah, sedang, atau terang. Pencahayaan akan sangat dibutuhkan tanaman dan juga bisa membantu menjaga kondisi pikiran lebih tenang," kata Blank.

Lalu kedua, pilih yang sesuai kepribadian. Suka dengan tanaman besar atau kecil? Tanaman yang butuh perawatan intensif atau tidak? Hal ini juga penting dipertimbangkan.

Merawat dan melihat tanaman bisa mengurangi level stres. Jika dirasa perawatannnya rumit, sebaiknya pilih jenis yang mudah untuk dirawat.

Ketiga, tempatkan di area rumah yang paling sering kamu gunakan agar mata bisa menikmati setiap saat. Hijau dan asrinya tanaman bisa menularkan energi positif. Terakhir, jemur tanaman secara rutin.

Dengan menjemur tanaman, akan 'memaksa' kita juga berjemur. Berjemur dengan rutin akan membantu menstabilkan emosi dan bisa menurunkan level stres. Hal ini sangat baik untuk kesehatan mental.

3 dari 6 halaman

Ide Seru Green House Mini untuk Koleksi Tanaman

Dream - Mereka yang hobi mengoleksi tanaman dan memiliki banyak pot beragam ukuran dan bentuk, tentu ingin selalu menatanya dengan rapi. Jika ditaruh di halaman, koleksi tanaman mungkin sering rusak karena ulah kucing liar.

Bila ditaruh di dalam, tanaman jadi kurang mendapat asupan cahaya matahari. Bagaimana kalau membuat rumah khusus untuk koleksi tanaman atau green house. Cukup berukuran mini. Seperti yang dilakukan akun Instagram @ind285.

Ia mengunggah green house mini yang di rumahnya yang sangat asri. Sahabat Dream mungkin juga ingin mengadaptasinya di rumah untuk koleksi tanaman di rumah.

 Green house© Instagram @ind285

" Luas nya 3,5m x 3,7m (kecil ya ga luas2 bgt), dibangun menggunakan rangka baja ringan, hebel sabagai dinding depan setinggi 75cm dan selanjutnya dengan pagar tinggi menggunakan material besi berlubang (expanded) yang gunanya agar sirkulasi udara di area ini tetap lancar dan nyaman serta kuat,"  tulisnya.

 

4 dari 6 halaman

Atap Clear Solarr Tuff

Untuk atap green house tersebut ukurannya 50:50 menggunakan besi expanded dan clear solar tuff. Diberikan juga modifikasi dengan potongan dahan kayu jati agar menambah kesan estetik ala cafe.

" Penggunaan clear solar tuff agar tanaman yangg butuh full sinar matahari bisa terpenuhi kebutuhannya ya, dan area tanaman yang tahan kena hujan seperti jenis-jenis caladium serta syngo pun aman karena besi expanded berlubang,"  ungkapnya.

 Green house© Instagram @ind285.

Hal yang juga sangat penting adalah pemasangan paranet. Terutama untuk tanaman yang tak bisa mendapat sinar matahari secara berlebihan.

 Green house© Instagram @ind285

" Aku pakai paranet jenis nylon premium karena lebih halus dan rapat tapi tidak terkesan gelap sehingga simat tetap bisa masuk kurleb 50% ketika panas terik. Dipasang pintu geser yang bisa dibikin pakai gembok kecil jadi aman klo ada yang pnya tanaman sulthan yaa,"  ungkapnya.

Tips yang cukup menarik. Mungkin Sahabat Dream ingin menerapkannya di rumah.

5 dari 6 halaman

Deretan Tanaman Hijau Paling Populer di Instagram

Dream - Pandemi membuat banyak orang mencari kesibukan di rumah dan menemukan hobi bau. Seperti membuat konten video, memasak dan juga jadi tren adalah merawat tanaman hias.

Berapa jenis tanaman harganya bahkan meningkat drastis saat pandemi karena tingginya permintaan. Tampaknya banyak orang yang ingin menyulap huniannya jadi lebih asri karena tak bisa sering-sering keluar untuk sekadar ke taman dan melihat pepohonan

Tanaman hias terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental dan menurut penelitian, ada banyak manfaat kesehatan psikologis dan fisik lainnya yang diperoleh dari menjadi " Mama" tanaman. Antara lain bisa memperbaiki suasana hati, mengurangi lelah, dan penurunan stres dan kecemasan.

Dalam sebuah studi baru, JustServicesGroup.com telah menganalisis hashtag pada media sosial Instagram untuk menemukan tanaman hias paling populer. Penelitian mengamati 50 tanaman hias yang berbeda dan berapa banyak tagar yang dimiliki masing-masing tanaman di Instagram.

 

6 dari 6 halaman

Kaktus

Mereka kemudian memberi peringkat berdasarkan jumlah posting tertinggi. Penasaran tanaman apa saja yang paling populer di Instagram?

Tanaman hias populer pertama yang membutuhkan sedikit perawatan dan tumbuh subur adalah kaktus, yang bahkan dapat hidup hingga dua tahun tanpa air. Berkat daya tahannya dan kemampuannya untuk terlihat fantastis dalam estetika desain apapun, kaktus adalah pilihan yang selalu populer di antara postingan Instagram. Tagar #cactus memiliki lebih dari 18 juta posting.

 Kaktus© Shutterstock

Berada di tempat kedua adalah lidah buaya, dengan 4,4 juta posting. Tidak hanya tanaman lidah buaya terlihat bagus dan hanya membutuhkan sedikit perawatan, tetapi juga menjadi favorit di kalangan yang suka melakukan perawatan kulit DIY. Tanaman hias ini dapat melembapkan, menenangkan kulit terbakar, dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

 

Terkait
Join Dream.co.id