Penataan Jendela Dapur Demi Terlihat Apik dan Fungsional

Decor | Selasa, 30 Maret 2021 12:04
Penataan Jendela Dapur Demi Terlihat Apik dan Fungsional

Reporter : Mutia Nugraheni

Berikut empat hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih desain jendela dapur.

Dream - Jendela di area dapur memiliki fungsi yang sangat krusial. Saat memasak, kompor pastinya mengeluarkan banyak asap. Belum lagi aroma masakan yang bercampur dengan bahan mentah dan sampah bekas bahan makanan.

Membuka jendela dapur lebar-lebar saat memasak harus dilakukan. Tak hanya itu, penataan jendela yang tepat juga bisa membuat tampilan dapur jadi lebih apik dan segar. Penting untuk menerapkan penataan jendela dapur yang sesuai penggunaan sehari-hari. Berikut empat hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih desain jendela dapur.

1. Fungsional dan dekoratif
Jendela memiliki efek yang luar biasa sebagai dekorasi di dapur. Pertimbangkan untuk menggantung panel tirai yang warnanya senada dengan kabinet atau perabot dapur. Pilih tirai yang berbahan ringan dan mudah dicuci.

Seperti kita tahu, tirai di dapur sangat mudah kotor karena terkena cipratan masakan. Untuk penguncian, pastikan mudah dibuka tutup. Model bingkai simpel bisa jadi pilihan.

2. Privasi
Hal yang juga sangat penting saat menempatkan jendela di dapur adalah aspek privasi. Jangan sampai orang luar bisa dengan mudah melihat ke area dapur. Bila memang berbatasan langsung dengan jalanan, taruh tanaman tinggi atau pagar yang menutup dengan sempurna. Privasi bukan hanya demi kenyamanan tapi juga keamanan.

 

2 dari 4 halaman

Pencahayaan dan kebersihan

3. Pencahayaan
Untuk pencahayaan optimal, pilih jendela buram, seperti tirai anti tembus pandang atau tirai yang dilapisi dengan lapisan penghalang cahaya. Saat ditutup, bilah jendela dan kerai (biasanya terbuat dari kayu, vinil, atau logam) juga dapat menghalangi sinar matahari. Untuk perlindungan tambahan, pertimbangkan untuk menambahkan penyaringan sinar matahari ke jendela itu sendiri.

4. Kebersihan yang utama
Menjaga kebersihan jendela dapur adalah suatu keharusan. Apa pun yang ada di dekat kompor atau wastafel akan menyerap cipratan dan bau dari makanan, minyak goreng, air piring, dan lainnya. Pastikan melakukan pembersihan jendela dapur secara rutin.

Sumber: BHG

3 dari 4 halaman

Sulap Tampilan Dapur Jadi Berbeda dengan 4 Cara Simpel

Dream - Saat di rumah kita memang cenderung ingin selalu menata tiap sudut rumah jadi lebih rapi dan tampak beda dari biasanya. Hal ini bisa jadi karena kita butuh penyegaran dan agar tak bosan di rumah.

Dapur jadi salah satu area rumah yang kerap diubah tata letak dan dekorasinya. Untuk membuatnya terlihat beda meskipun tak banyak perubahan yang dilakukan mungkin Sahabat Dream bisa menerapkan beberapa trik beriku.

1. Pemilihan Rak
Jika ingin meningkatkan penyimpanan di dapur, daripada mencari lebih banyak lemari, pilihlah rak. Memilih rak atau rak terbuka tidak akan membuat dapur terlihat sempit dan dapat memamerkan peralatan makan terbaik dengan penuh gaya.

2. Tambahkan Backsplash
Guna menambahkan backsplash di dapur, kita dapat memilih ubin putih atau keramik untuk memberikan tampilan yang mewah dan halus. Tergantung pada ruangan yang dimiliki di dapur.

Bisa juga memilih ubin berpola pada dapur. Dapat pula memilih kulit vinyl dan menempelkan backsplash untuk mengubah ruang.

 Glass backsplash di dinding dapur
© Apartment Theraphy

 

4 dari 4 halaman

Warna Cat dan Pencahayaan

3. Warna cat
Cat kapur adalah cara paling ekonomis dan termudah untuk mengubah dapur Anda dengan cepat. Pilih warna pastel lembut seperti ice blue, marsh green, dan lainnya. Cat lemari untuk mencerahkan tempat itu secara instan.

 Glass backsplash di dinding dapur
© Apartment Theraphy

4. Ubah Pencahayaan
Beli pencahayaan murah seperti lampu gantung atau tempat lilin leher angsa untuk memberi dapur tampilan yang elegan dan canggih. Bisa juga menambahkan lampu di bawah lemari untuk menambahkan sentuhan lembut namun dramatis.

Laporan Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id