Pemicu Masalah Kelembapan yang Bikin Rusak Dinding Rumah

Dinding lembap/ Foto: Shutterstock
DECOR  |  26 Januari 2021 10:02

Mencari tahu sumber kelembapan sangat penting, karena perawatan dinding yang tepat akan sangat tergantung pada penyebabnya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kondisi lembap pada dinding dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Dalam banyak kasus kerusakan atau retakan eksterior adalah penyebabnya, selain itu juga ada masalah lain yang harus diwaspadai.

Mencari tahu sumber kelembapan sangat penting, karena perawatan dinding yang tepat akan sangat tergantung pada penyebabnya. Kelembapan pada awalnya mungkin hanya tampak seperti cat yang terkelupas, jika dibiarkan akan memicu tumbuhnya jamur dan mikroorganisme yang bisa menimbulkan masalah pernapasan.

Salah satu pemicu kelembapan dinding adalah kondensasi, yang sering muncul setelah memasak, mencuci pakaian dan mengeringkannya di dalam ruangan. Saat uap air bersentuhan dengan permukaan dingin, seperti dinding, kelembapan mengembun menjadi tetesan air dan meresap ke dalam struktur.

Akibatnya, jamur dan bau tak sedap muncul. Pemicu lainnya adalah ventilasi yang buruk dalam rumah. Memastikan ventilasi yang baik di setiap ruangan di rumah adalah cara terbaik untuk mencegah pembentukan kondensasi.

Buka pintu dan jendela 5 hingga 10 menit setiap hari. Bisa juga pasang jendela yang memiliki insulasi termal berkualitas atau kaca emisivitas rendah. Pasang juga jendela berventilasi yang bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan.

Bila memang dinding mengelupas hingga menghitam dan berjamur, segera lakukan perbaikan. Jika dibiarkan kerusakan akan meluas dan kesehatan seluruh anggota keluarga jadi taruhannya.

Sumber: DecorTips

Selanjutnya : Hindari 4 Kesalahan Saat Ingin Perbarui Cat Dinding
Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :