Pasang Bak Cuci Piring, Jangan Lupa 3 Hal Ini

Decor | Selasa, 24 September 2019 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa bergerak denga leluasa dan area penyimpanan penting dipertimbangkan.

Dream - Area cuci piring kerap kali dibuat seadanya. Tak memperhatikan mobilitas, kenyamanan dan kebersihan. Padahal tiga aspek tersebut sangat penting. Nah, jangan juga mengabaikan desain dan penataan yang apik.

Dengan penempatan yang baik, disertai desain yang cantik, akan membuat kita dan seluruh anggota di rumah berusaha untuk menjaganya selalu bersih dan rapi.  Seringkali saat digunakan untuk mencuci piring dan perabot, kondisi bak cuci piring sangat tidak nyaman.

Saat memasang bak cuci, agar lebih memudahkan dan tertata rapi, pertimbangkanlah tiga hal ini.

Pasang Bak Cuci Piring, Jangan Lupa 3 Hal Ini
Bak Cuci Piring (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Sudut khusus untuk menaruh sabun dan spons

Sabun cuci dan spons tentunya jadi barang yang wajib ada di bak cuci piring. Seringkali tak ada area untuk menempatkannya, hanya ditaruh di ujung bak cuci yang justru membuatnya jadi mudah jatuh, tercecer dan malah berantakan. Tak ada salahnya untuk membuat tempat sabun dan spons built-in atau area khusus. Tentunya akan lebih rapi dan tertata. Pastikan juga area tersebut mudah dibersihkan

3 dari 6 halaman

Pilih bak cuci sesuai jumlah penghuni

Jika di rumah terdapat banyak orang, lebih baik pilih bak cuci piring yang besar dan mudah dibersihkan. Sebaliknya, tak masalah jika memang ingin memasang bak cuci piring kecil jika tak terlalu banyak penghuni di rumah.

Pilihannya ada double sink atau single sink. Untuk yang double bisa untuk area pengeringan. Sementara jika single sink, pastikan ada rak khusus sebelum perkakas yang basah masuk ke penyimpanan.

 

4 dari 6 halaman

Rak piring atas

Pemasangan rak piring di atas bak cuci juga bisa solusi untuk menghemat tempat. Biasanya berupa kabinet dengan rak yang bagian bawahnya terbuka. Sehingga, sisa-sisa air bisa langsung menetes ke bak cuci. Area tersebut bisa langsung jadi tempat penyimpanan perabot makan. Pastikan saja diangin-anginkan dan dibuka teratur agar tidak lembap.

Sumber: Real Simple

5 dari 6 halaman

Bak Cuci Piring Lebih Mengkilat Berkat Tepung

Dream - Bak cuci piring tak bisa dipungkiri lama-kelamaan jadi terlihat kusam. Sisa sabun serta kotoran yang mengering membuat noda di bak cuci berbahan stainless steel dan cenderung sulit dihilangkan.

Noda tersebut biasanya tak mau terangkat jika hanya dibersihkan dengan air dan sabun. Sebenarnya ada bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat bak cuci piring tampak seperti baru dan mengkilat, yaitu terigu.

Menggunakan tepung terigu untuk membersihkan stainless steel bisa mengembalikan sifat mengkilat dan reflektifnya. Teknik ini dapat digunakan pada permukaan baja tahan karat apa pun.

Caranya sangat mudah. Langkah pertama, bersihkan dulu seluruh piring dan perabot yang ada di bak cuci, termasuk sisa-sisa kotoran yang menempel. Setelah itu semprotkan dengan cairan disinfektan.

6 dari 6 halaman

Jadikan Terigu Sebagai Pengangkat Kotoran

Untuk permbersihkan awal, gunakan pembersih non-abrasif. Gunakan sarung tangan saat membersihkan bak cuci dengan cairan tersebut. Setelah bersih, bilas dengan air hingga kotoran dan busa hilang kemudian keringkan.

Setelah agak kering, tuang seperempat cangkir berisi terigu di bak cuci. Gosokkan dengan menggunakan spons dengan gerakan melingkar. Lakukan sampai ada perubahan warna yang lebih mengkilap.

Setelah seluruh permukaan digosok dengan terigu, bilas lagi hingga bersih. Pastikan tak ada bubuk terigu yang tersisa. Bak cuci pun jadi lebih mengkilap.

Sumber: Apartment Theraphy

Join Dream.co.id