Panel Kayu Bikin Tampilan Dinding Lebih Menarik

Decor | Jumat, 29 April 2022 08:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Biar dinding tak terlihat membosankan.

Dream - Tampilan dinding terasa membosankan tapi malas untuk mengecat ulang? Banyak cara untuk membuat dinding jadi terlihat berbeda. bisa dengan menempel wallpaper atau panel kayu.

Sentuhan panel kayu di dinding bisa memunculkan suasana etnik dan hangat serta natural. Seperti yang diterapkan pada rumah pemilik akun Instagram @ckkhome. Ia menempelkan panel kayu di dinding area bawah.

Berpadu pas dengan dinding dengan unfinished khas industrial. Sang pemilik mengungkap noda di dinding bagian bawah sulit hilang. Hal ini kemudian disiasati dengan menutupnya menggunakan panel kayu.

 Panel kayu© Instagram @ckkhome

Foto: Instagram @ckkhome

Untuk pilihan warna, ia menggunakan warna kayu natural yang harganya cukup terjangkau. Panel cukup ditempel saja, bisa menggunakan sealanta atau lem tertentu.

 Panel kayu© Instagram @ckkhome

Foto: Instagram @ckkhome

Hasilnya juga cukup cantik. Dalam waktu singkat tampilan tempok bisa jadi sangat berbeda. Layak dicoba Sahabat Dream.

 

Panel Kayu Bikin Tampilan Dinding Lebih Menarik
Foto: Instagram @ckkhome
2 dari 4 halaman

Dinding Kusam dan Kotor, Saatnya Bersihkan dengan 3 Langkah

Dream - Area dinding rumah kerap luput dari perhatian. Seringkali kondisinya sangat kotor dan kusam, padahal lantai begitu bersih. Terutama jika di rumah terdapat banyak anak-anak yang suka menempelkan tangan kotor di dinding.

Cetakan tangan, bekas minuman, tumpukan debu bikin dinding jadi tak sedap dipandang. Nah, ada cara membersihkan dinding tanpa harus merusak catnya. Beberapa alat yang perlu disiapkan adalah spons atau kain, cairan pembersih yang ringan dan tidak memengaruhi warna cat dinding (bisa menggunakan sabun cuci piring), air hangat, dan ember.

1. Tuangkan cairan pembersih ke ember
Setelah bahan dan alat terkumpul, mulailah dengan menuangkan dua hingga tiga tetes cairan pembersih ke dalam ember. Isi ember sebanyak tiga perempat bagian dengan air yang hangat. Hati-hati untuk tidak menambahkan air panas karena dapat mengganggu proses pembersihan dan menghilangkan cat.

2. Gunakan spons atau kain bersih
Selanjutnya, celupkan lap bersih, kain atau spons ke dalam air. Pastikan apa pun yang digunakan untuk membersihkan, hindari kotoran yang berpindah ke dinding. Angkat spons dan peras hingga keadaannya menjadi lembap tidak basah. Lalu, seka bagian dinding yang kotor menggunakan spons atau kain

3. Bilas dengan air bersih
Setelah dinding yang kotor diseka, ganti air di dalam ember dengan air yang baru, lalu bilas spons yang kotor setelah digunakan. Seka ulang dinding untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang masih menempel.

Biarkan dinding mengering dengan sendirinya. Jika ingin mempercepat proses pengeringan, letakkan kipas angin di depan dinding. Lakukan pembersihan dinding dengan teratur. Selain bisa membuat rumah tampak bersih, tapi juga membuatnya jadi lebih sehat.

Sumber: Diadona.id

 

 

3 dari 4 halaman

Air Sering Merembes Dinding Saat Musim Hujan, Ternyata Ini Sebabnya

Dream - Air yang merembes di tembok jadi salah satu masalah di rumah yang sangat menyebalkan. Lapisan cat menjadi rusak, ruang lembap dan jamur pun bermunculan. Hal ini tentunya membuat kondisi rumah jadi tak sehat.

Rembesan air tak boleh dibiarkan, terutama di musim hujan seperti sekarang. Sahabat Dream penting untuk mengetahui penyebab utama masalah rembesan ini untuk bisa segera mencari solusinya.

Apa saja pemicu utamanya?

Tembok Saling Berdempetan
Saat rembes terjadi pada salah satu tembok, maka tembok lain juga akan menyerap rembesan. Hal ini bisa terjadi saat kondisi hujan lebat atau banjir. Tembok yang saling berdempetan membuat jumlah ventilasi kurang memadai. Alhasil, tingkat kelembapan meningkat dan menyebabkan tembok rembes akan lebih mudah terjadi.

Ruangan Dekat dengan Area Basah
Tembok rembes bisa terjadi pada ruangan yang dekat dengan area yang selalu basah. Seperti halnya tembok kamar mandi, tembok yang berada di lantai atas, dan lain sebagainya

Air yang terus menerus mengalir akan membuat tembok lembap dan rembes. Penyebab tembok rembes ini bisa diketahui jika ditemui noda rembesan air pada bagian tengah tembok.

 

 

4 dari 4 halaman

Bisa Juga Disebabkan Dua Hal Ini

Ruangan Tidak Cukup Terkena Sinar Matahari dan Udara
Ruangan yang menggunakan AC biasanya lebih sering berada dalam kondisi ventilasi tertutup rapat sepanjang hari. Sehingga sinar matahari kurang menyinari ruangan, dan angin atau udara alami tidak bisa masuk ke ruangan tersebut. Jika dibiarkan, tembok akan makin mudah lembap, dan kualitas lapisannya bisa saja memburuk sehingga terjadilah tembok rembes.

Air Tanah yang Teresap oleh Tembok
Fondasi atau lapisan lantai yang kurang tebal akan membuat air tanah mudah teresap oleh tembok. Hal ini akan membuat munculnya noda resapan air yang ada pada bagian bawah tembok.

Selengkapnya baca di Diadona.id.

Terkait
Join Dream.co.id