Organic House, Desainnya Terinspirasi dari Kulit Kacang

Decor | Rabu, 14 Juli 2021 08:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Bentuknya berkelok-kelok.

Dream - Sebuah rumah di Meksiko memiliki bentuk yang sangat unik. Penuh dengan lekukan dan terinspirasi dari kulit kacang. Rumah ini merupakan karya arsitek ternama Meksiko, Javier Senosiain.

Rumah yang berlokasi di Naucalpan de Juarez tersebut dijuluki Organic House. Rumah memiliki ruang oval yang lapang dengan banyak cahaya.

 Organic House
© Javier Sinosiain

Courtesy Javier Senosiain

" Mengambil kemiripan dari kulit kacang. Ruang oval dihubungkan oleh lorong rendah, sempit, dan remang-remang. Idedidasarkan pada fungsi dasar yang dibutuhkan oleh manusia, tempat tinggal dan koneks dengan orang lain, yang akan mencakup ruang tamu, ruang makan, dan dapur, dan tempat lain untuk tidur, dengan ruang ganti dan kamar mandi," ujar Javier, dikutip dari Amazing Architecture.

 Organic House
© Javier Senosiain

Rumah dirancang agar penghuninya seperti sembunyi di bawah tanah tetapi tanpa kehilangan integrasi dengan pemandangan alam hijau di luar. Dinding dibuat berkelok-kelok mengikuti topografi lahan.

 

Organic House, Desainnya Terinspirasi dari Kulit Kacang
Organic House/ Foto: Javier Senosiain
2 dari 6 halaman

Seperti Terkubur Taman

Rumah ditutupi dengan taman, agar tampak asri. Tanah yang digunakan berfluktuasi antara ketebalan 20 dan 25 sentimeter. Dengan cara itu, rumput akan tumbuh lebih lambat, sehingga mengurangi jasa perawatan dan biaya.

 Organic House
© Javier Sinosiain

Courtesy Javier Senosiain

Bila dilihat, rumah seperti setengah terkubur, sama seperti suhu tubuh, tetap stabil meskipun ada perubahan cuaca di luar. Tanah bertindak seperti kulit – yang mengontrol variasi suhu dengan mencegah efek pendinginan dan pemanasan cuaca dari luar.

 Organic House
© Javier Sinosiain

Courtesy Javier Senosiain

Efeknya adalah ketika musim panas tiba, suhu di dalam menjadi sejuk, dan ketika musim dingin tiba, suhu di dalam tetap hangat. Rumah yang menarik, bukan?

 

3 dari 6 halaman

Rumah Tema 'Beauty and The Beast' Bernuansa Magis Disney

Dream - Penggemar fanatik cerita Disney bukan hanya dari kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa. Mereka yang tumbuh dengan cerita Disney kerap punya impian untuk bisa berada di istana atau kerajaan Disney.

Seperti keluarga Cristie, pemilik akun Instagram @thetravelingred. Ia menyulap kediamannya di Miami, Florida menjadi kastil magis seperti cerita Disney favoritnya, " Beauty and The Beast" .

 Rumah Beauty and The Beast
© Instagram @thetravelingred.

Foto  Instagram @thetravelingred

Rumahnya yang bertema resor, ditata seperti kastil. Perapian dan jendela didekorasi dengan detail kayu dengan penataan klasik. Begitu pun ruang makan, terdapat meja makan kayu dengan bernuansa khas dongeng tersebut.

 Rumah Beauty and The Beast
© Instagram @travelingred

 

4 dari 6 halaman

Negeri Dongeng

Menurut Cristie, rumahnya dirancang memang meniru rumah Belle dan The Beast yang merupakan animasi keluaran 1991. Ia bahkan sengaja membuat tangga spiral dengan ukiran besi yang menyerupai detail di film.

 Rumah Beauty and The Beast
© @thetravelingred

 Foto: Instagram @thetravelingred

Bagian luar rumah pun tak ketinggalan ditata Cristie dengan menawan dan bernuansa magis ala film Disney. Termasuk juga area kamar tidur.

 Rumah Beauty and The Beast
© @thetravelingred

Keluarga ini tampak seperti tinggal di negeri dongeng.

Sumber: Apartment Theraphy

5 dari 6 halaman

Uniknya Rumah Apung Mini, Bisa Karantina Santuy

Dream - The Happy Crabby mungkin jadi hunian paling pas saat ini bagi yang sudah sangat suntuk di rumah karena pandemi. Merupakan rumah apung yang berlokasi di Coastal living, Key Largo, Florida, Amerika Serikat.

 The Happy Crabby
© The Happy Crabby

Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit bisa langsung ditengok dari dari teras. Cocok bagi mereka yang suka menyendiri dan ingin liburan santuy selama pandemi karena tak bertemu banyak orang.

 The Happy Crabby
© The Happy Crabby

Rumah apung ini bisa menampung 2 hingga 3 orang. Di sini, aktivitas memancing, berenang dan duduk-duduk melihat lumba-lumba bisa dilakukan. Bagian dalam rumah juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

 

 

6 dari 6 halaman

Balkon Nyaman

Ada dapur mini, sofa, kompor gas dan kamar tidur. Tiap sudut rumah memiliki jendela besar agar penghuni bisa menikmati pemandangan sekitar yang memanjakan mata. Area yang tak kalah menarik adalah bagian balkon.

 The Happy Crabby
© The Happy Crabby

Terdapat kursi mungil dengan payung untuk tempat bersantai. Bosan di rumah apung? Tenang, ada sampang yang bisa membuat tiga orang jika ingin berputar-putar menikmati keindahan alam sekitar.

Sahabat Dream ingin 'melarikan diri' di rumah ini?

Sumber: walkaboutonline.com

Join Dream.co.id