Optimalkan Area Terbatas dengan 3 Langkah Mudah

Decor | Rabu, 26 Februari 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak ada salahnya untuk melakukan penataan ulang di rumah.

Dream - Sudut dan area dalam rumah memang harus dimaksimalkan penggunaannya. Terutama jika area yang ada sangat terbatas. Dibutuhkan kreativitas dan penggunaan desain yang cerdas.

Sahabat Dream dapat membuat penataan rumah terasa lapang. Cathy Morrissey, pakar interior dari The Renovation College membagikan beberapa trik yang mungkin bisa diterapkan di rumah.

Tak ada salahnya untuk melakukan penataan ulang di rumah untuk mengoptimalkan tiap sudut jadi lebih terkesan luas dan nyaman.

 

Bereskan segala yang ada di lantai
Mengoptimalkan ruang adalah membuat keseimbangan antara menambahkan barang atau menghilangkannya. Buang benda-benda yang tidak lagi sesuai dengan tampilan rumah dan menambah kekacauan visual dan membuat ruang terlihat sempit.

 

Optimalkan Area Terbatas dengan 3 Langkah Mudah
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Penyimpanan multifungsi

Ada barang-barang kecil dan penting yang kerap membuat berantakan. Seperti kunci mobil, remote TV atau kabel charger. Jawabannya adalah sembunyikan barang-barang ini dalam solusi penyimpanan yang pintar.

Kotak kayu atau anyaman untuk bisa jadi pilihan. Bukan hanya bisa jadi penyimpanan yang rapi tapi juga dekorasi natural.



3 dari 6 halaman

Sesuaikan furnitur dengan skala rumah

Perabotan kecil dapat membuat ruangan terlihat tidak menarik, sementara ukuran yang lebih besar akan membuatnya terasa sempit. Caranya adalah menemukan furnitur dengan skala ukuran yang sempurna untuk ruangan. Jadi, benar-benar lakukan perhitungan ukuran sebelum membeli furnitur.

Sumber: Home Beautiful

4 dari 6 halaman

Tumpukan Debu di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Dream - Adanya debu di tiap sudut rumah, tentunya sangat menganggu. Terutama jika sudah cukup tebal dan menganggu pernapasan serta memicu alergi. Pembersihan secara teratur sangat dibutuhkan.

Dianjurkan untuk membersihkan debu setiap hari. Angin dengan mudah membawa debu, apalagi jika rumah dekat dengan jalan. Mulailah membersihkan debu dari permukaan yang paling tinggi baru ke lantai.

Nah, ada sudut-sudut di rumah yang kerap lupa untuk dibersihkan. Padahal biasanya dipenuhi dengan debu. Bagian mana saja?

 

5 dari 6 halaman

Kap lampu

Bagian satu ini seringkali tak disadari kalau kondisinya sudah sangat kotor. Jika letaknya di atas, memang tak langsung terlihat oleh mata. Untuk itu sesekali tengok kap-kap lampu di rumah dan bersihkan debu-debuya.

Gunakan lap yang sedikit basah, kemudian keringkan kap lampu. Setelah itu bersihkan lagi dengan lap mikrofiber.

 

6 dari 6 halaman

Bingkai

Kondisi bingkai foto juga biasanya dipenuhi dengan debu dan sangat kotor sampai menghitam. Cara membersihkannya sangat mudah.

Hanya membutuhkan lap mikrofiber yang sedikit dibasahi. Bagian kacanya bisa dibersihkan dengan formula pembersih jendela. Pasti tampilannya jadi lebih bersinar.

Televisi

Alat elektronik satu ini juga seringkali dalam kondisi kotor. Debu-debu menempel dengan mudahnya di televisi. Tanpa kita sadari, baik bagian atas maupun permukaannya sudah menghitam karena tumpukan debu.

Pastikan membersihkannya dengan lap microfiber yang halus. Singkirkan debu secara perlahan, dan jangan sampai membuat permukaannya tergores.

Join Dream.co.id