Musim Hujan, Segera Lakukan Persiapan di Rumah

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DECOR  |  8 Februari 2021 16:02

Jangan sampai kondisi rumah mengalami kerusakan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Cuaca saat ini terus-menerus hujan, dari pagi hingga malam. Bila kondisi rumah tak baik, maka sangat mungkin terjadi kebocoran, rembes, kerusakan parah atau korsleting listrik.

Hal itu tentu sangat berbahaya. Untuk itu segera lakukan pemeriksaan di seluruh area rumah. Jangan sampai terjadi kerusakan yang lebih parah pada rumah. Perhatikan rembesan air hujan, cipratan tanah dari luar, atau bahkan lembap pada dinding ruangan yang membuat hunian jadi tidak nyaman.

Apa saja yang harus disiapkan atau diperiksa?

Periksa atap dan langit-langit rumah
Menjelang musim hujan, periksa atap dan langit-langit rumah. Jangan sampai rumah bocor sepanjang hari saat musim hujan. Untuk bagian atap, pastikan tidak ada genteng yang pecah atau dalam posisi bergeser.

Sebaiknya berikan lapisan cat anti bocor pada sambungan ubin agar atap tetap aman. Jika terjadi kebocoran atau rembesan air saat musim hujan segera perbaiki plafon. Jika dibiarkan, warna dinding bisa berubah dan jamur akan segera muncul.

Periksa dinding rumah agar tidak berjamur dan lembap
Dinding rumah juga rentan terkelupas dan berjamur saat musim hujan. Ini karena air hujan masuk dari dinding luar dan merembes ke dalam. Rembesan air dari langit-langit yang mengalir melalui dinding juga bisa membuat teksturnya rapuh jika dibiarkan. Hal terbaik adalah melapisi dinding dengan cat anti bocor agar tetap aman selama musim hujan.

 

Selanjutnya : Kelistrikan dan Furnitur
Nagita Positif hamil Anak Kedua
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Nagita Positif hamil Anak Kedua
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :